fbpx
Connect with us

Bacaan Seru

12 Idol Grup yang Debut Dari Acara Survival Show, Banyak yang Bubar!

Published

on

Survival Show Idol Grup, heynoona.com — Menjadi trainee sebelum debut memang sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap idol grup, biasanya masa-masa trainee merupakan masa yang tertutup bahkan mereka tak boleh menyebarkan ke publik bahwa mereka adalah trainee dari suatu perusahaan. Namun bagaimana jika setelah menjalani trainee mereka berkompetisi dan masa-masa traineenya di publikasikan di TV?

Dalam mempromosikan sang artis, biasanya agensi akan membuat reality show atau bahkan survival show sendiri demi memperkenalkan sang artis ke publik. Tak jarang jika mereka yang masih menjadi trainee sudah memiliki banyak fans diluar sana dan rela menunggu sang artis untuk bisa debut bertahun-tahun lamanya.

Berikut ini adalah idol kpop yang berhasil debut dengan perjuangannya di survival show:

Idol Grup Kpop yang Debut Dari Survival Show

1. X1 – Produce X 101

Survival Show Idol Grup a

Meski sudah resmi bubar sebelum waktunya dan kembali ke agensi masing-masing karya dan kebersamaan dari X1 tetaplah terkenang di hati para penggemar. Hampir seluruh anggota X1 sudah kembali beraktivitas ataupun debut sebagai idol grup baru seperti Hyeongjun dan Minhee debut di grup CRAVITY, Hangyul dan Dohyun debut sebagai duo H&D, Seungwoo kembali menjadi leader VICTON, Woodz dan Wooseok mulai bersolo karir.

Untuk mengetahui perjuangan mereka secara individu sebenarnya bisa dengan mengulik grup asalnya, namun jika kamu mencintai mereka saat X1 hadir, bisa dengan cara menonton seluruh episode survival show Produce X 101 yang telah tayang bulan Mei 2019 lalu.

Pada acara tersebut menayangkan perjuangan 101 trainee yang berasal dari agency yang beragam mungkin saat kamu menonton ini tiba-tiba jadi suka sama salah satu partisipan lain di luar X1 karena seluruh peserta juga banyak menarik perhatian loh.

Survival Show Idol Grup b

kalian bisa menonton full episode Produce X 101 melalui VIU.

2. Pentagon – Pentagon Maker

Survival Show Idol Grup c

Acara survival show yang di buat oleh Cube Entertainment pada tahun 2016 ini memiliki 10 peserta trainee yang akan bersaing untuk debut dengan nama grup Pentagon.

Seluruh peserta selama 12 minggu diharuskan untuk menguasai 5 bakat yaitu vocal & rap, dance, talent & mind. Bagi mereka yang bisa menguasai seluruhnya akan debut sebagai pentagon.

Melalui pentagon maker ini kalian akan disuguhkan perjuangan seluruh anggota pentagon yang dibagi menjadi beberapa tim dan penampilan-penampilan mereka. Meskipun ada anggota yang sempat tereliminasi Shinwon, Yan an, dan E’Dawn tetapi saat acara ini berakhir mereka tetap debut bersama dengan ke-7 member lainnya yang berhasil.

Adapun saat ini E’Dawn sudah tidak lagi menjadi bagian dari Pentagon terkait kasus pacarannya dengan Hyunah. Acara ini dapat kalian tonton di youtube melalui channel Mnet Official.

3. Stray Kids – Stray Kids

Survival Show Idol Grup d

Boygrup ini sempat mengikuti ajang survival show buatan agensi mereka sendiri yaitu JYP Entertainment yang di mana sebelumnya team boys dan team girls diadu siapa yang akan berkesempatan untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Ternyata di episode 1 dimenangkan oleh team boys, sehingga mereka lah yang akan di uji dalam episode berikutnya.

Baca Juga: 10 Grup Kpop dengan Dance Paling Sinkron Sepanjang Masa. Ada Favorit Kamu?
5 Idol Korea yang Pernah Jadi Brand Ambassador Produk Indonesia
9 Mantan Anggota Girlgroup yang Sukses Solo Karir
13 MV Kpop Tema Retro yang Buat Kamu Nostalgia

Di sini seluruh peserta team boys akan diadu dengan trainee dari YG, jadi melalui survival show ini kalian pun akan disuguhkan trainee dari grup lain. Dalam perjalanan episode ini 2 orang peserta sempat tereliminasi yaitu Felix dan Lino, namun pada akhir acara mereka kembali lagi dan Stray Kids debut dengan 9 orang seluruh peserta berhasil debut bersama.

Namun ditahun 2019 salah seorang anggotanya Woojin diberitakan telah meninggalkan grupnya dan mulai bersolo karir.

4. Twice – Sixteen

 Survival Show Idol Grup e

Sebelum stray kids, JYP juga pernah membuat survival show khusus bagi trainee mereka yang perempuan yaitu Sixteen ditahun 2015 dengan total peserta 16 orang untuk memperebutkan posisi menjadi member TWICE.

Para peserta akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu minor dan major dengan kondisi yang berbeda, kelompok major akan diperlakukan layaknya trainee eksklusif mendapatkan fasilitas lengkap dan mewah seperti artis, sedangkan kelompok minor akan menjadi trainee biasa. Mereka pun ditantang untuk menunjukkan bakat dan diri mereka ynag sebenarnya jika kelak mereka menjadi bintang (artis).

Dalam perjalanannya banyak peserta yang harus terleminasi diantaranya Lee Chaeyeon yang merupakan kakak dari Chaeryong, sepasang adik-kakak yang saling berkompetisi diacara ini. Dan akhirnya acara tersebut berhasil mendebutkan 9 orang dalam satu grup yang saat ini dikenal sebagai TWICE.

5. Winner & iKon – WIN: Who is Next

Survival Show Idol Grup f
WINNER
Survival Show Idol Grup f
iKon

Acara survival show yang dibuat oleh YG entertainment pada tahun 2013 ini, dibuat dengan membagi para peserta kedalam 2 tim yaitu Team A dan Team B yang dibagi berdasarkan usia Team A memiliki rata-rata usia 20 tahun sedangkan Team B 17 tahun. Kedua tim ini lah nantinya akan bertanding secara tim bukan individual.

Pada akhir acara Team A lah yang menjadi pememnang dan debut dengan nama Winner, namun di tahun 2015 YG mengumumkan para peserta team b juga akan debut sebagai grup iKon.

6. IZ*ONE – Produce 48

Survival Show Idol Grup g

Lagi-lagi berasal dari rangkaian acara bentukan Mnet yang sangat terkenal yaitu Produce 48, yang dimana para trainee korea berkompetisi melawan para idol dari AKB48 beserta sister grupnya. Berbeda dengan rangkaian produce lainnya peserta dalam acara ini hanya terdapat 96 orang, dengan 48 trainee korea dan 48 idol jepang.

Survival Show Idol Grup h

Dan akhirnya acara ini pun mendebutkan 12 orang dengan perolehan voting tertinggi yang di terdiri dari 9 trainee korea dan 3 orang idol jepang.

7. I.O.I – Produce 101

Survival Show Idol Grup i

Menjadi angkatan pertama dari rangkaian Produce 101 dan acara ini langsung meraih rating tinggi dengan segala kontroversial didalamnya. Acara ini berisikan 1010 trainee perempuan yang berasal dari agency berbeda, berkompetisi untuk debut sebagai anggota dari girlgrup I.O.I

Survival Show Idol Grup j

Memiliki kontrak yang cukup singkat yaitu kurang dari 1 tahun membuat I.O.I resmi dinyatakan bubar diawal tahun 2017 dan kini beberapa mantan anggotanya kembali ke agency masing-masing dan menjalani aktivitas mereka yang baru.

Baca Juga: Dibilang Gak Bisa Nyanyi, Idol Ini Tunjukkan Bakat Lain
7 Lagu Hits yang Ditulis Idol untuk Idol Lain
Terkenal Banget, Ini Dia 20 Koreografi Dance Kpop Terbaik Karya Kyle Hanagami

8. Wanna One – Produce 101 Season 2

Survival Show Idol Grup k

Melanjutkan rangkaian produce 101 dari season pertama Mnet pun merilis season keduanya ditahun 2017, dengan peserta laki-laki. memiliki konsep yang sama dengan misi di acara sebelumnya mereka yang berhasil meraih 11 posisi terteinggi akan didebutkan menjadi Wanna One.

Survival Show Idol Grup l

Dapat dikatakan bahwa Wanna One merupakan idol tersukses pada masanya karena berhasil mengalahkan EXO dan BTS sebagai Grup Pria Terbaik di ajang penghargaan MAMA 2018. Tak sampai situ, mereka pun juga menggelar fanmeeting tour serta konser world tour sehingga kontrak mereka pun diperpanjang. Mereka pun resmi dinyatakan bubar di tahun 2019 dan seluruh anggota kembali ke agency masing-masing.

9. Treasure 13 – YG Treasure Box

Survival Show Idol Grup m

YG lagi-lagi membuat survival show untuk membentuk boygroup, setelah sbelumnya mixnine gagal kini mereka membuat lagi dengan nama YG Treasure Box di tahun 2018. Para peserta di acara ini dibagi menjadi 4 tim yaitu A, B, C, dan J yang memiliki total peserta sebanyak 29 orang namun di awal episode salah seorang peserta yaitu Lee Midam mengundurkan diri sehingga acara ini dilanjutkan dengan 28 orang.

Sebelumnya YG belum menentukan akan ada berapa orang yang akan didebutkan dalam grup ini YG sempat mengatakan ada 5 orang, namun penonton ada yang menginginkan 7 orang bahkan 9 orang sehingga YG pun mengadakan voting untuk menentukan formasi grup yang akan debut.

Namun secara tiba-tiba YG mengumumkan bahwa akan ada 13 orang yang akan debut sehingga nama grup tersebut menjadi “Treasure 13” sempat tak diberi kepastian debut sejak Yang Hyunsuk mengundurkan diri dan saat ini Treasure 13 akan debut pada bulan Juli mendatang.

Untuk menonton fullnya kalian bisa klik disini yaa

10. Fromis_9 – Idol School

Sedikit berbeda dari survival show Mnet yang lain, Idol School merupakan ajang kompetisi yang memiliki 41 peserta perempuan dan tidak terikat dengan agensi manapun alias mereka adalah individual trainee bahkan mantan trainee loh.

Konsepnya pun juga sangat feminim yang dimana mereka seperti murid di sekolah khusus perempuan dengan dorm dan kelas yang didominasi warna ungu dan pink. Mereka harus menjalankan misi secara grup namun mendapatkan voting secara individual.

Di akhir episode akan ada 9 orang dengan total voting tertinggi yang akan debut sebagai Fromis_9 yaitu Hayoung, Jisun, Saerom, Chaeyoung, Jiwon, Nakyung, Seoyeon, Jiheon, dan Gyuri.

11. UNB & UNI.T – The Unit

UNB
UNI.T

Tak hanya Mnet, KBS TV pun juga memiliki survival show yang terbilang cukup unik. The Unit mengusung konsep survival show Idol Rebooting yang berarti mendebutkan kembali para idol yang sebelumnya telah debut. Di awal episode The Unit belum mengumumkan idol siapa yang akan mengikuti acara ini karena mereka harus melalui tahap audisi terlebih dahulu yang akan di pilih dengan cara voting penonton dan penilaian dari para senior.

Konsep The Unit pun juga dibuka untuk idol laki-laki dan perempuan dan mereka akan berkompetisi sesuai dengan jenis kelaminnya, yang nantinya akan mendebutkan dua grup sekaligus yaitu boygroup (UNB) dan girlgroup (UNI.T) yang debut di tahun 2018.

Namun kontrak dari UNB tak begitu lama, UNB sudah resmi bubar di tahun 2019 sedangkan UNI.T masih dinyatakan aktif hingga sekarang.

Baca Juga: Memiliki Kasta Tertinggi di Bali, Inilah Fakta Lain Dita ‘Secret Number’
Keren Banget! 10 Idol Ini Kpop Dilamar Agensinya
11 Grup Kpop yang Sudah Bubar, Padahal Lagunya Enak-enak!
Nggak Nyangka, 10 Idol Kpop Ini Awalnya Berasal dari Keluarga Miskin

12. 1THE9 – UNDER 19

Tak ketinggalan, MBC pun juga turut membuat survival show yang dibuat khusus remaja laki-laki berusia dibawah 19 tahun loh! Maka dari itu nama dari acaranya adalah UNDER NINETEEN. Acara ini memiliki 57 peserta dan para peserta akan di grupkan berdasakan vokal, rapp dan performance.

Memiliki total 14 episode, UNDER NINETEEN pun mendebutkan 9 orang dengan perolehan voting tertinggi akan menjadi bagian dari 1THE9.

Dari survival show idol grup di atas, grup mana yang paling kamu suka?

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mungkin Kamu Suka

Idol yang cedera akibat ISAC Idol yang cedera akibat ISAC
Bacaan Seru3 days ago

Ini 10 Idol Kpop yang Pernah Cedera Akibat ISAC

Idol Kpop Cedera Akibat ISAC, heynoona.com — Para KPopers pasti tidak asing dengan ISAC atau Idol Star Athletic Championship yang...

Bacaan Seru3 weeks ago

Comeback Hingga Konser, Ini Kabar 6 Boy Group Kontestan Mnet KINGDOM

Kabar Kontestan Kingdom, heynoona.com — Tahun 2021 lalu, salah satu program survival show yang diadakan oleh Mnet yaitu KINGDOM: Legendary...

Bacaan Seru4 weeks ago

3 Hal Seputar THE BOYZ Di Jakarta yang Seru Abis

The Boyz Di Jakarta, heynoona.com – Deobi! bagaimana perasaannya saat ini? degdegan? sedih? seneng? kali ini tim HeyNoona berkesempatan untuk...

Spesial1 month ago

[Spesial] Manusia Jadi Produk di Industri KPop: Lagu Hanya Sebagai Alat?

  Manusia Jadi Produk Industri KPop, heynoona.com — “WTS photocard Taehyung 650k” Pasti tidak asing lagi dengan WTS, WTB, atau...

Bacaan Seru1 month ago

8 Seleb Korea yang Ketagihan Makanan Indonesia

Seleb Korea Makanan Indonesia, heynoona.com — Indonesia terdiri jutaan penggemar KPop yang eksis dengan dukungan kuat sampai Korea. Beli album,...

NCT1 month ago

Potret NCT 127 Sebagai Brand Ambassador Click, K-Oral Care Pertama di Indonesia

NCT 127 Brand Ambassador Click, heynoona.com – Beberapa waktu lalu NCTZen sempat dikejutkan dengan video teaser yang dirilis melalui akun...

Drama2 months ago

Review Drama The Sound of Magic: Dunia Fantasi Nyata

Review Drama The Sound of Magic, heynoona.com — Diadaptasi dari Webtoon yang berjudul “Annarasumanara”, The Sound of Magic mengangkat kisah...

Copyright HeyNoona © 2022. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.