in ,

Yuk, Kenalan Antar Grup Dan Fandomnya YG Family (Part 2)

Fandom Grup YG Family, heynoona.com — Pada part 1 mimin sudah membahas 3 grup yaitu Sechs Kies, Big Bang dan 2NE1. Nah pada part 2 ini grup apa aja yang mimin bahas ya… let’s check it out!

Fandom Grup YG Family

1. WINNER

Fandom Grup YG Family

Para anggotanya digabungkan dalam satu tim bernama TIM A pada tahun 2013 melalui program Survival Mnet WIN: Who Is Next dan terpilih sebagai Tim yang memenangkan final acara. Mereka kemudian debut resmi pada tanggal 17 Agustus 2014 dengan nama WINNER. 

Ketika debut, WINNER dijuluki sebagai ‘Monster Rookies’ oleh The Korea Herald karena kesuksesan yang langsung diraih dinilai sebagai sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk grup baru.

Semula mereka tampil dengan 5 anggota yaitu Jinwoo, Seunghoon, Mino, Seungyoon dan Taehyun. Namun pada November 2016 Taehyun memutuskan untuk keluar karena masalah kesehatan mental dan keadaaanya.

Meskipun sempat hiatus dan kehilangan satu member-nya, WINNER tetap tumbuh menjadi salah satu boygrup yang banyak menorehkan prestasi dan meraih kesuksean di dunia musik Korea Selatan. Hal itu menjadikan WINNER makin dicintai hingga memiliki banyak penggemar setia.

Untuk bisa menjadikan para penggemar setianya sebagai orang terdekat, para member memutuskan untuk menyatukan semua dalam satu fandom yang dinamai ‘Inner Circle’ sebagai nama resmi fandom mereka. Rapper WINNER, Seunghoon menggagas nama “Park Inseo” sebagai nama korea dari Inner Circle. Nama Inseo merupakan singkatan dari Inner Circle dalam bahasa Korea, sementara kata ‘Park” sendiri adalah kata tambahan agar terdengar seperti nama orang. 

Bagi WINNER, nama Inner Circle memiliki makna bahwa penggemar adalah orang-orang yang sangat penting dan mereka ingin para penggemar itu berada dilingkaran sebagai orang terdekat yang selalu mendukung aktivitas WINNER.

2. iKON

Fandom Grup YG Family

Para membernya merupakan peserta Tim B dari Survival Mnet WIN: Who Is Next, meskipun harus kalah dari TIM A dan kembali menjadi trainee YG. Pada Juni 2014, TIM B kembali tampil dalam acara realityshow YG kedua berjudul ‘Mix & Match’ sebagai kelanjutan dari acara WIN: Who Is Next. Tujuan dari mengikuti acara ini adalah untuk menentukan formasi akhir dari cikal bakal debut sebagai iKON.

Setelah formasi terbentuk, pada 15 September 2015 7 trainee terpilih yaitu B.I, Bobby, Kim Jin-hwan a.k.a Jay, Ju-ne, Yun Hyeong a.k.a Song, DK a.k.a Donghyuk, dan Chanwoo a.k.a Chan debut resmi dengan nama iKON. Sayangnya ditahun 2019 sang leader berbakat B.I harus mengumumkan kepergiannya dari grup karena tersandung kasus pembelian barang terlarang yaitu mariyuana dan LSD (Lysergic acid diethylamide) ditahun 2016.

Fyi, pada tanggal 2 September 2018, iKON menjadi pengisi acara penutupan 18th Asian Games di Indonesia sebagai salah satu perwakilan dari Korea. iKON tidak hanya terkenal di Korea Selatan saja, tetapi mereka juga terkenal dan memiliki banyak penggemar di Asia sampai Amerika. Tak perlu menunggu waktu lama untuk iKON menyatukan para penggemarnya dalam satu wadah atau fandom dengan nama resmi iKONIC. 

Nah Nootizen, ceritanya ni ketika nama fandom diumumkan melalui video streaming pada Rabu, 30 September 2015, langsung direspon beragam lho oleh para penggemar iKON. Sebagian ada yang setuju karena nama tersebut berkesan unik, namun tak sedikit pula yang ternyata kecewa lantaran nama iKONIC terdengar aneh bahkan ada yang membandingkan dengan nama fandom dari WINNER. Ibarat kata ‘hah cuma gitu doank? Kok enggak kreatif sih? Apa maknanya ya?’… hahahaha.

Meski dinilai nama iKONIC tidak memiliki arti, namun ternyata nama tersebut dimaknai bahwa penggemar menjadi satu dengan iKON dengan harapan selalu menjadi semangat, mengisi ruang diantara iKON dan selalu mendukung mereka. Bagaimana dengan penilaian Nootizen mengenai nama fandom iKON ini?

Baca Juga:
Bisa Mengembalikan Mood, Rekomendasi Lagu K-Pop Buat yang Lagi Writers Block (Part 3)
Yuk Kenalan dengan 2 Idol Kpop yang Resmi Terdaftar Sebagai Pendonor Organ
Sederet Idol K-Pop Ini Pernah Menghabiskan Masa Kecil Tinggal di Luar Negeri, Siapa Saja?

3. BLACKPINK

Fandom Grup YG Family

Girlgroup asuhan YG Entertainment selanjutnya adalah BLACKPINK. Debut sejak 8 Agustus 2016 dengan 4 member yaitu Jisoo, Jennie, Rose,dan Lisa. Kesuksesan komersial BLACKPINK pada lima bulan pertama debut mereka menjadikan grup ini mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dan menancapkan bendera BLACKPINK di kancah indutri hiburan K-Pop. Mereka bahkan dinobatkan  sebagai salah satu grup K-Pop baru terbaik pada tahun 2016.

Pada 17 Januari 2017, BLACKPINK mengumumkan nama fandom resmi mereka yaitu “Blink” yang merupakan kombinasi dari kata ‘bl / ack’ dan p / ink’ dengan basis penggemar yang tidak hanya ada di Korea Selatan, tetapi juga di Thailand, Jepang, Indonesia, Amerika dan Eropa. Hmmm… tidak jauh berbeda dengan cara pemilihan nama fandom dari iKON ya guys… hahahaha. 

Ternyata ya Nootizen, ditahun 2019 Indonesia menempati peringkat pertama dari data 10 negara yang paling banyak menonton BLACKPINK melalui YouTube di seluruh dunia. Tercatat BLINK Indonesia menonton biasnya sebanyak 48,6 juta kali penanyangan lho… Wowwww keren deh kalian BLINK Indonesia. 

Treasure

Fandom Grup YG Family

Terobosan YG Entertainment kali ini adalah dengan mendebutkan boygroup melalui ajang survival YG “Treasure Box”. 12 member terpilih yaitu Choi Hyunsuk, Jihoon, Junkyu, Mashiho, Yoshinori, Jaehyuk, Asahi, Yedam, Doyoung, Haruto, Jeongwoo, dan Junghwan debut resmi sebagai boygrup dengan nama Treasure pada 7 Agustus 2020. 

Fyi, Para member merupakan perpaduan trainee yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang lho. Awalnya grup ini memiliki satu member lagi yaitu Ha Yoobin yang akhirnya memutuskan hengkang dari grup pada 31 Desember 2019 karena merasa tujuan dari arah bermusiknya lebih cocok sebagai artis solo daripada kegiatan Tim.

Semula 13 member terpilih masuk dalam grup bernama ‘Treasure 13’. Kemudian dibagi menjadi dua grup unit yaitu ‘Treasure’ dan ‘Magnum’. Mereka berpromosi sebagai dua grup terpisah dan juga sebagai satu grup bersama yaitu ‘Treasure 13’. Namun karena beberapa skandal dan kasus yang dihadapi oleh agensi YG Entertainment, jadwal debut mereka pun tertunda dan akhirnya digabungkan menjadi satu grup dengan nama ‘Treasure’.

Tak butuh waktu lama, YG Entertainment pun mengumumkan nama resmi fandom yaitu ‘Treasure Maker’ atau yang akrab dipanggil ‘Teume’. Nama tersebut sering digunakan saat acara YG Treasure Box berlangsung. Saat tampil didepan penggemar, para anggota selalu mengucapkan salam pembuka atau sapaan yaitu ‘Teuha’ (Teume Hai) dan salam penutup ‘Teuba’ (Teume Bye). Nama Treasure Maker dipilih dengan makna bahwa kesuksesan dan pertumbuhan grup Treasure kedepannya akan dibuat dan ditentukan oleh penggemar mereka.

So Nootizen, fandom manakah kalian dari YG Family? Tulis dikolom komentar yuk…

Penulis: Memey

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0