fbpx
Annyeong!
  • All
    • Acara
    • Artikel Spesial
    • Bacaan Seru
    • Fandom
    • Film/TV
    • KDrama
    • Kpop
    • Lirik
    • PUAS
    • Racun Korea
    • Review Drama
    • Video

6 Konsep Comeback Idol Kpop yang Terinspirasi dari Mitologi Yunani

Konsep Kpop Mitologi Yunani, heynoona.com – Greek Mythology atau Mitologi Yunani adalah kumpulan mitos atau legenda yang berasal dari Yunani kuno. Biasanya berisi kisah-kisah mengenai Dewa dan Pahlawan yang dipercayai oleh orang Yunani. Mitologi Yunani juga berisi asal usul serta makna dari ritual dan kebudayaan orang Yunani Kuno.

Industri musik Kpop dikenal dengan konsep mereka yang beragam. Konsep yang dibuat untuk suatu grup Kpop akan meninggalkan kesan spesial untuk grup dan penggemar. Mulai dari konsep fantasy, fairy tale, hingga konsep mitologi Yunani. Tidak sedikit idol Kpop yang memakai konsep mitologi Yunani. Konsep ini dikemas menjadi suatu hal yang sangat menarik. Berikut beberapa Idol Kpop yang memiliki konsep comeback terinspirasi dari Greek Mythology atau Mitologi Yunani.

6 Konsep Idol Kpop yang Terinspirasi dari Greek Mythology

1. BTS

BTS memiliki banyak konsep menarik. BTS dikenal dengan salah satu grup yang sering memakai konsep yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Konsep ini membuat banyak penggemar yang menulis teori-teori mengenai hubungan antara MV dan mitologi Yunani. Mulai dari “Blood Sweets & Tears” hingga “Dionysus”.

Lagu “Dionysus” memiliki konsep paling jelas terinspirasi dari mitologi Yunani. Dalam mitologi Yunani, Dionysus adalah dewa anggur (arak) dan perayaan yang menandakan kebebasan dari semua hal yang mengikat.

BTS masih punya banyak konsep yang terinspirasi dari mitologi Yunani. ARMY, kamu paling suka yang mana?

2. SHINee

Boy grup naungan SM entertainment ini juga pernah mempunyai konsep comeback yang terinspirasi dari mitologi Yunani. SHINee memiliki 2 mitologi Yunani yang berbeda, yaitu Medusa dan Selene. SHINee bahkan mempunyai 2 lagu yang terinspirasi dari dewi Medusa.

Lagu “Medusa I” berfokus pada mitos Medusa merupakan makhluk yang berwujud wanita cantik dengan rambut penuh ular. Dia memiliki kemampuan, siapapun yang menatapnya langsung makan ia akan berubah menjadi batu. Sedangkan “Dangerous (Medusa II)”, menggunakan mitos untuk cara membandingkan dengan wanita yang mereka sukai tapi berbahaya.

Lagu ke 3 yang terinspirasi dari Greek Mythology adalah lagu “Selene.623”. Selene merupakan dewi bulan Yunani, SHINee menggunakan ini sebagai referensi untuk menggambarkan mereka dengan penggemar internasional yang tidak bisa mereka lihat sesering mungkin dan jauh seperti bulan. Angka 623 merupakan tanggal supermoon terjadi pada 6 Juni 2013.

3. GFriend

GFriend dikenal dengan konsep comeback yang menarik dan ringan. Pada comeback mereka Februari 2020 dengan album Labyrinth yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Judul lagunya yaitu “Crossroad”.

Baca juga: 13 MV Kpop Tema Retro yang Buat Kamu Nostalgia

15 Musik Video K-Pop dengan Konsep Fairy Tale

Sangat Berbakat, 9 Kpop Grup Ini Produksi Musik Mereka Sendiri

Baru-baru ini, GFriend kembali melanjutkan konsep yang terinspirasi dari mitologi Yunani dengan lagu “Apple”. Konsep ini sudah sepenuhnya direformasi.

4. SF9

Boy grup asal FNC ini pernah merilis album yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Pada 2019, SF9 merilis mini album ke 6 Narcissus dengan tittle track “Enough”. Comeback ini terinspirasi dari kisah Narcissus, seorang pria yang memiliki wajah rupawan namun angkuh hingga ia mencemooh siapapun yang jatuh cinta padanya, dan akhirnya ia dihukum untuk jatuh cinta dengan bayangnya sendiri.

Namun, lagu SF9 “Enough” mengambil konsep dengan pandangan positif dengan pesan kalau kita harus belajar self-love atau mencintai diri sendiri.

5. VIXX

Pada 2016, VIXX merilis 3 album trilogy yang terinspirasi dari Greek Mythology atau Metologi Yunani, yaitu Zelos, Hades dan Kratos. Album Zelos memiliki tittle track “Dynamite” yang terinspirasi dari dewa Yunani Zelos mempersonifikasikan dedikasi, kecemburuan dan semangat. Dia adalah putra Pallas dan Stiks. Menampilkan dark konsep.

Kedua, album Hades dengan tittle track “Fantasy” yang terinspirasi dari dewa Hades yaitu dewa Underworld. Ia merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea. Konsep lagu ini lebih dark dibandingkan dengan “Dynamite”.

Terakhir, album Kratos dengan tittle track “The Closer”. Terinspirasi dari dewa Kratos yang personifikasi kekuatan dan otoritas.

6. Sunmi

Sunmi merilis mini album ke 2 Warning pada 2018 dengan tittle track “Siren”. Comeback kali ini terinspirasi dari mitologi Yunani dan sirene “Peringatan”. Dalam MV ini menampilkan Sunmi sebagai mermaid. Adegan ini terinspirasi dari Siren. Menurut mitologi Yunani, Siren adalah makhluk berwujud setengah wanita dan setengah burung yang kemudian diwakili dalam art sebagai mermaid.

Baca juga: 11 Cameo Kdrama yang Paling Tak Terlupakan, Mana Favorit Kamu?

Segera Debut, Boy Grup Baru YG, “Treasure” Menjadi Perhatian Publik

13 Fakta Mengejutkan Seventeen yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Itu dia deretan konsep comeback idol Kpop yang terinspirasi dari mitologi Yunani, gimana menurut kamu? Mana yang jadi favorit kamu?

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    A mininum rating of 0 is required.
    Please give a rating.
    Thanks for submitting your rating!

    Thanks for submitting your comment!