in

9 Grup Kpop yang Melakukan Penambahan Member Setelah Debut!

Penambahan Member Grup Kpop, heynoona.com — Untuk debut menjadi idol Kpop tentu saja bukanlah perkara yang mudah, bahkan ketika sudah debut pun tidak ada jaminan bakalan sukses. Ada beberapa member yang terpaksa hengkang dari grup dengan berbagai alasan namun ada juga yang menjadi member tambahan di grup tersebut. Selain bakat dan visual yang menjadi bagian penting dari grup, formasi member pun harus lah sempurna agar menjadi grup dengan paket komplit yang bisa meraih kesuksesan ke semua bidang entertainment.

Yang terpenting adalah dengan tambahan member baru di sebuah grup hal ini ditujukan agar setiap member di grup dapat melengkapi satu sama lain dan juga menjadi grup yang paket komplit. Namun ada juga member baru grup yang menjadi tambahan untuk menggantikan member yang keluar dari grup.

Nah, kali ini HeyNoona bakal ngebahas beberapa grup Kpop yang mengalami penambahan member setelah debut. Lalu siapa sajakah mereka? Langsung aja yuk simak deretannya di bawah ini.

9 Grup Kpop yang Melakukan Penambahan Member

1. Red Velvet

Penambahan Member Grup Kpop red velvet

Pertama, ada girlgrup besutan SM yaitu Red Velvet yang debut pada tahun 2014 silam dengan single berjudul Happiness. Pada awal kemunculannya Red Velvet sendiri memiliki 4 member yaitu Irene, Wendy, Seulgi dan Joy. Hingga Akhirnya pada bulan Maret tahun 2015 mereka akhirnya merilis mini album pertama mereka berjudul ‘Ice Cream Cake’ dan juga mengumumkan bertambahnya member baru yaitu Yeri yang kemudian menjadi maknae di grup yaitu kelahiran tahun 1999.

Yeri sendiri sudah mengikuti audisi dan menjadi trainee sejak kelas 5 SD dan menjadi anggota SM Rookies bahkan muncul di opening MV debut Red Velvet ‘Happiness’ yang menariknya adalah ternyata Yeri merupakan salah satu idol SM yang berhasil lolos audisi tersulit yaitu SM Saturday Open Audition.

Meskipun awal kemunculannya menjadi member Red Velvet tuai pro kontra, tetapi kini pun para penggemar bisa mengerti kenapa Yeri berhasil didebutkan karena membuat formasi grup menjadi lebih komplit. Beredar kabar kalau Yeri memang awalnya ingin didebutkan bersama Red Velvet namun saat itu ia masih di bawah umur hingga ditunda satu tahun kemudian.

2. WJSN

Penambahan Member Grup Kpop wjsn

Selanjutnya, ada girlgrup Starship yang juga cukup bingung penggemar dengan jumlah membernya karena memiliki banyak unit dan juga bertambah member. WJSN memiliki 13 member yang terdiri dari 4 sub unit. Setiap unit pun diisi oleh 3 anggota yang antara lain Wonder Unit (Bona, Cheng Xiao, Dayoung) Joy Unit (Xuan Yi, Eunseo, Yeoreum) Sweet unit (Seola, Soobin, EXY) dan Natural unit (Dawon, Luda, Mei Qi) dan juga terdapat tambahan member baru yaitu Yeonjung yang merupakan mantan member I.O.I setiap member diperkenalkan tiap awal bulan sejak 2015 dan barulah akhirnya pada Februari 2016 mereka resmi debut dengan mini album ‘Would You Like?’ dan track andalan “Mo Mo Mo” hingga Yeonjung akhirnya bergabung pada bulan Juli di tahun yang sama.

Pada beberapa comeback, WJSN pernah beberapa kali comeback dengan jumlah member yang tidak lengkap dikarenakan alasan jadwal yang bentrok dan juga kesehatan mental. Saat ini pun beberapa member seperti Cheng Xiao tidak aktif di grup dikarenakan memfokuskan karirnya di Tiongkok.

Tahun 2020 lalu WJSN baru saja comeback dengan sub unit baru yaitu CHOCOME yang terdiri dari 4 member yaitu Dayoung, Yeoreum, Soobin dan Luda. Mereka comeback dengan lagu andalan yaitu ‘Hmph!’

3. CLC

Penambahan Member Grup Kpop clc

CLC merupakan salah satu girlgrup besutan Cube yang debut di tahun 2015 lalu dan terus mengalami perubahan formasi member selama 4 tahun. CLC sendiri merupakan singkatan dari “Crystal Clear” yang awal formasinya memiliki 5 member yaitu Seungyeon, Seunghee, Yujin, Sorn dan Yeeun. Mereka debut dengan merilis mini album ‘First Love’ dan single andalan ‘Pepe’ dengan konsep yang cute dan ceria. Formasi grup mengalami perubahan di tahun 2016 dengan bertambahnya dua orang member yaitu Elkie dan Eunbin.

Eunbin sendiri merupakan mantan kontestan Produce 101 yang cukup populer sedangkan Elkie merupakan aktris yang juga sering membintangi drama Tiongkok. Anggota mereka pun menjadi 7 orang dan resmi tampil dengan 7 member lewat lagu ‘High Heels’  setelah sebelumnya selalu tampil dengan konsep yang cute, barulah di tahun berikutnya CLC bertransformasi menampilkan konsep girl crush dan juga seksi.

Hingga akhirnya di tahun 2020 lalu member tambahan CLC yang berasal dari Tiongkok yaitu Elkie resmi meninggalkan CLC sekaligus Cube Entertainment.

4. APRIL

Penambahan Member Grup Kpop april

APRIL yang merupakan girlgrup besutan DSP Media ini juga nggak kalah sering mengalami perubahan member hingga terdapat member yang mundur dari grup. Awal terbentuknya APRIL sendiri yaitu pada tahun 2014 lalu DSP media membuat program audisi “KARA Project” untuk mencari member tambahan KARA yang saat itu mencari member tambahan untuk grup tersebut karena sudah habis kontrak.

Dari 7 member yang mengikuti program tersebut hanya 1 saja yang lolos dan 6 diantaranya akhirnya setelah beberapa bulan berikutnya diseleksi untuk debut bersama APRIL yang hasilnya hanya 2 member saja yang lolos yaitu Somin dan Chaewon.

Akhirnya pada bulan Agustus tahun 2015 APRIL pun debut dengan 6 member yaitu Naeun, Chaewon, Yena, Hyunjoo dan kedua member tersebut dengan lagu andalan “Dreaming Candy” dua bulan setelahnya sang leader Somin mengundurkan diri dari grup dan ia pun debut menjadi anggota K.A.R.D beberapa tahun setelahnya.

APRIL pun tetap melakukan comeback dengan jumlah 5 member namun ditengah promosi Hyunjoo hiatus dari grup selama 7 bulan hingga akhirnya hengkang dari grup. Setelah tinggal 4 member barulah DSP menambahkan 2 anggota baru yaitu Chaekyung dan Rachel.

5. DIA

Penambahan Member Grup Kpop DIA

Nggak tanggung-tanggung, DIA sudah berganti member sampai 6 kali loh! DIA merupakan girlgrup besutan MBK Entertainment yang debut tahun 2015 lalu dan setiap tahunnya berganti member. Mereka debut dengan 7 anggota lewat lagu ‘Somehow’ member awalnya sendiri adalah Eunice, Huihyeon, Jenny, Yebin, Eunjin, Chaeyeon dan juga member tambahan Seunghee.

Huihyeon dan Chaeyeon menjalani sempat menjalani hiatus tak lama setelah debut hingga di tahun berikutnya 2016 Seunghee meninggalkan grup. Di tahun 2017 APRIL pun mengalami penambahan 2 member yaitu Jooeun dan Somyi di tahun  2018 pun salah satu member yaitu Eunjin hengkang dari grup. Tak sampai disitu tahun berikutnya pun yaitu 2019 Jenny pun meninggalkan grup karena masalah kesehatan.

Baca Juga:
Yuk Kenalan dengan 2 Idol Kpop yang Resmi Terdaftar Sebagai Pendonor Organ
4 Tahun Berlalu, Throwback “Project Every Day6” dari DAY6 di Tahun 2017
Sederet Idol K-Pop Ini Pernah Menghabiskan Masa Kecil Tinggal di Luar Negeri, Siapa Saja?

Hingga akhirnya sampai sekarang beberapa member DIA pun berjumlah 5 orang, Namun di awal tahun 2020 lalu pun DIA juga mengejutkan penggemar karena hanya tampil dengan 5 anggota sedangkan anggota lainnya Chaeyeon dan Somyi absen dari comeback tersebut. Para member pun membeberkan kalau di comeback kali ini setiap member diberi kebebasan mau ikut berpartisipasi atau tidak dan mengambil bagian dengan sukarela. 

6. MOMOLAND

Penambahan Member Grup Kpop momoland

 Momoland merupakan girlgrup yang dibentuk lewat program audisi Mnet ‘Finding Momoland’ kontestan pemenang program ini di debutkan pada tahun 2016 lewat mini album ‘Welcome To Momoland’ dengan 7 member yang beranggotakan Hyebin, Jane, Nayun, Daisy, JooE, Ahin dan Nancy. Pada comeback pertama mereka tahun 2017 lalu, Momoland bertambah  2 member yaitu Daisy dan Taeha.

Tahun 2018 mereka pun berhasil menorehkan prestasi dan melahirkan lagu hits yang berjudul ‘Boom Boom’.  Hingga akhirnya di tahun berikutnya kabar mengejutkan datang dari kedua membernya yaitu Yeonwoo yang menjadi member populer di grup hengkang dikarenakan ingin berfokus berkarir di dunia akting. Lalu disusul dengan Taeha yang juga meninggalkan grup sedangkan Daisy awalnya sedang dalam masa diskusi dengan masa depannya dengan grup hingga akhirnya ia resmi meninggalkan grup tahun 2020 lalu.

Keluarnya Daisy pun meninggalkan banyak ekor permasalahan, ia membeberkan banyak hal tentang agensinya yang membuat dirinya dan ibunya dituntut ke jalur hukum oleh MLD Entertainment. Setelah sempat hiatus dari aktivitas grup, bulan oktober tahun lalu MOMOLAND akhirnya comeback dengan 6 anggota. Berawal debut dari 7 member hingga bertambah 2 member yaitu Daisy dan Taeha kini keduanya pun hengkang dari grup.

7. Dreamcatcher

Penambahan Member Grup Kpop dreamcatcher

 Selanjutnya ada Dreamcatcher yang merupakan girlgrup bentukan HappyFace entertainment yang terdiri dari 7 anggota yaitu JiU, SiA, Siyeon, Handong, Yoohyeon, Dami dan Gahyeon. Mereka resmi debut tahun 2017 lewat single ‘Nightmare’ . Sebelum bernama Dreamcatcher, awalnya grup ini sendiri awalnya bernama Minx dan mempunyai 5 anggota dan debut tahun 2014 lalu.

Hingga akhirnya pihak agensi akan mendebutkan kembali Minx dengan grup dan anggota baru seperti yang kita kenal sekarang. Anggota tambahannya sendiri yaitu Handong dan Gahyeon. Tak hanya itu beberapa anggotanya pun sempat mengikuti MIXNINE namun keluar dari program tersebut karena jadwal yang bentrok hingga kini pun nama mereka semakin populer dan sudah menggelar World Tour.

8. NCT

Penambahan Member Grup Kpop nct

 Kalau berbicara soal NCT pasti kamu yang non fans langsung dibikin bingung dengan para member terutama unitnya yang begitu banyak. Termasuk buat kamu yang baru menjadi nctzen ataupun yang sudah mengikuti sejak debut awalnya pasti sulit mengikuti sistem grup NCT. NCT sendiri kepanjangan dari Neo Culture Technology yang menjadi grup pertama dengan sistem tak terbatas yang berarti grup ini memiliki unit dan jumlah member yang tak terbatas.

Sebelum debut pun Lee Sooman selaku CEO SM Entertainment pertama kali tahun 2015 memperkenalkan sistem mereka yang awalnya disambut dengan sangat antusias namun juga sangat membingungkan. Bahkan siapa sangka dengan sistemnya yang rumit tersebut kini NCT termasuk grup yang kian hari makin populer dan juga meraih kesuksesan.

Sistem seperti pun justru membuat para fans bisa melihat sisi baru dan juga kombinasi yang menarik diantara para membernya . NCT sendiri saat ini memiliki 23 member dan terdiri dari unit NCT Dream, NCT 127, WayV dan NCT U yang bisa saja berubah membernya.

NCT pertama kali debut tahun 2016 dengan Unit NCT U disusul dengan unit NCT Dream dan tahun berikutnya NCT 127 debut dengan tambahan member baru. Tahun 2018 pun dengan jumlah member 18 orang dan 2 member tambahan SM meluncurkan project NCT 2018.

Tak sampai disitu tahun 2018 SM kembali mendebutkan unit NCT yaitu WayV yang merupakan unit NCT yang berfokus promosi di Tiongkok. Hingga akhirnya tahun lalu SM kembali membuat project bergabungnya semua member kedalam project NCT 2020 dengan 2 member tambahan yaitu Sungchan dan Shotaro.

Kini pun SM dirumorkan akan kembali mendebutkan unit NCT yang berfokus di Jepang. Sedangkan unit dan member NCT sampai saat ini tak terbatas dan bisa saja suatu saat ini memiliki unit NCT Indonesia.

Meskipun sejak awal dengan sistem mereka yang rumit NCT disebut tak bakal sukses namun kini mereka berhasil membuktikan bahwa prediksi tersebut tak benar. 

9. Super Junior

Penambahan Member Grup Kpop super junior

 Boygrup legendaris besutan SM Entertainment yang satu ini sudah debut sejak 15 tahun yang lalu yaitu tahun 2004 dan saat ini pun masih aktif hingga akan melangsungkan comeback dalam waktu dekat. Super Junior sendiri awalnya memiliki 12 member dan menjadi grup Kpop pertama yang memiliki banyak member dan juga grup Kpop pertama yang mempunyai sub unit.

Setelah tahun 2004 silam debut, di tahun 2006 Kyuhyun menjadi member tambahan di Super Junior dan berposisi sebagai main vokal, bahkan Kyuhyun hanya menjalani trainee selama 3 bulan sebelum akhirnya didebutkan bersama Super Junior.

Kini, eksistensi Super Junior di dunia Kpop tak perlu diragukan apalagi sangat jarang grup Kpop dari generasi tersebut yang masih aktif hingga sekarang karena persaingan, perbedaan generasi dan sebagainya. Namun, Super Junior masih aktif hingga kini walaupun terdapat member yang juga hengkang dari grup.

Itu dia guys beberapa idol Kpop yang mengalami penambahan member setelah debut, hal ini bisa saja terjadi untuk membuat grup menjadi lebih berwarna dan mengisi formasi grup untuk menjadi lebih lengkap dan bervariasi.

Sebenarnya ada beberapa grup lain yang juga bertambah member namun dari daftar diatas merupakan grup yang masih aktif hingga sekarang. Kira-kira siapa lagi nih grup yang masih aktif namun sempat bertambah member setelah debut? Jangan lupa komen di bawah ya!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0