fbpx
Connect with us

Film/TV

Review Film “Kim Jiyoung: 1982” Menceritakan Perempuan dalam Budaya Patriarki

Published

on

Review kim jiyoung1982 a

Review kim jiyoung 1982, heynoona.com — Film yang telah tayang di bioskop bulan Oktober tahun 2019 ini diangkat berdasarkan novel karya Cho Nam Ju menceritakan tentang kehidupan Kim Ji Young (Jung Yu Mi) sebagai seorang perempuan berkelahiran 1982 yang harus mengubur impian karirnya setelah melahirkan satu orang anak.

Meskipun Ji Young telah menikah dengan seorang pria yang ia cintainya, masih ada hal lain yang membuat dirinya merasa berat dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Ia harus menyeimbangi posisinya sebagai seorang istri, anak perempuan, menantu, seorang Ibu dan juga individu.

Film ini sangat mengurai air mata karena jalan ceritanya yang mungkin sangat relate dengan kehidupan para wanita sehari-hari, film ini juga cocok untuk ditonton bersama keluarga ataupun pasangan kamu loh.

Review Film Kim JiYoung 1982

1. Perempuan yang Terjebak dalam Lingkungan Patriarki

Review kim jiyoung 1982 b

Menjadi perempuan dalam kehidupan sosial di Korea tidaklah mudah, nilai patriarki dan seksisme yang melekat pada budaya asia membuat kehidupan kebanyakan perempuan selalu di ikat dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

Kim Jiyoung harus merelakan karirnya sebagai seorang pekerja di sebuah perusahaan setelah ia melahirkan anak perempuannya, meskipun sebelumnya saat ia masih bekerja ia juga tidak bisa mendapatkan jabatan yang ia inginkan dengan alasan atasannya hanya akan memilih laki-laki.

Kehidupan Jiyoung sebagai seorang ibu, istri dan menantu juga tak mudah, meskipun sang suami Daehyun (Gong Yoo) sangat suportif dalam apapun yang dilakukan Jiyoung, namun tidak dengan mertuanya yang mengharapkan Jiyoung selalu menjadi istri bagi anaknya dan ibu bagi cucunya fokus melakukan pekerjaan rumah saja.

Review kim jiyoung 1982 c
Review kim jiyoung 1982 d

Baca Juga:
8 Film & Drama Korea tentang Detektif
5 Pemeran Antagonis Drama, Meskipun Jahat Tetep Jadi Idaman Penonton
7 Web Drama Korea yang Diperankan oleh Idol Kpop

Hubungan Jiyoung sebagai anak perempuan di keluarganya pun tak baik sejak ia masih kecil, ia mengetahui ibunya harus menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Sang ayah pun juga hanya fokus pada anak bungsu nya yang laki-laki, bahkan ia tak tahu apa rasa roti favorit Jiyoung.

2. Pelecehan Seksual

Review kim jiyoung 1982 e

Sebagai perempuan hal yang selalu melekat dalam tatanan sosial adalah kerentanan terhadap kejahatan seksual. Jiyoung di ceritakan semasa SMA ia mengalami pelecehan seksual di dalam angkutan umum dan ia bahkan di ikuti oleh pelaku sampai dengan turun dari bis. Beruntung ada seorang Ibu yang berhasil menyelamatkannya, saat dijemput oleh sang ayah Jiyoung pun disalahkan karena menggunakan pakaian sekolah yang terlalu pendek padahal Jiyoung hanya menggunakan seragam sekolah yang seusai dengan ketentuan.

Tak hanya itu, di kantor lamanya pun terjadi kasus pelecehan seksual dengan adanya oknum yang memasang kamera tersembunyi di toilet wanita, kemudian video tersebut disebarkan melalui internet.

3. Gangguan Depresi

Review kim jiyoung 1982 f

Dengan segala cobaan hidup yang terjadi padanya, di awal film ini sudah di ceritakan bahwa Jiyoung memiliki gangguan kesehatan mental yaitu Postpartum depression yaitu depresi yang terjadi pada wanita pasca melahirkan. Kim Jiyoung seringkali menunjukkan dirinya sebagai sosok orang lain dan setelah sadar ia tak pernah ingat kejadian yang terjadi.

Novel asli dalam film ini sempat menuai kritik pedas dari masyarakat korea yang tidak setuju dengan isu feminisme. Bahkan sampai ada parody yang menceritakan tentang betapa beratnya menjadi laki-laki di Korea.

Baca Juga:
11 Pasangan Kdrama yang Ternyata Cinlok Usai Main Drama Bareng, Song Hye Kyo Paling Sering!
Bikin Emosi, Ini Dia 8 Drama dengan Ending yang Bikin Kamu Nggak Bisa Tidur Nyenyak!
Deretan Drama Korea Bergenre Fantasy Terbaik, yang Seru Banget Buat Ditonton

Namun, apa yang diceritakan dalam film ini adalah suatu realita nyata yang benar terjadi di kehidupan sosial perempuan asia, menjadi perempuan seluruhnya di atur standar sosial yang sangat memberatkan bahkan ketika terjadi kejahatan perempuan lah yang selalu disalahkan dan diwajarkan karena dianggap memancing.

Jika kamu belum menonton film ini kamu harus banget nonton!

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mungkin Kamu Suka

Idol yang cedera akibat ISAC Idol yang cedera akibat ISAC
Bacaan Seru3 days ago

Ini 10 Idol Kpop yang Pernah Cedera Akibat ISAC

Idol Kpop Cedera Akibat ISAC, heynoona.com — Para KPopers pasti tidak asing dengan ISAC atau Idol Star Athletic Championship yang...

Bacaan Seru3 weeks ago

Comeback Hingga Konser, Ini Kabar 6 Boy Group Kontestan Mnet KINGDOM

Kabar Kontestan Kingdom, heynoona.com — Tahun 2021 lalu, salah satu program survival show yang diadakan oleh Mnet yaitu KINGDOM: Legendary...

Bacaan Seru4 weeks ago

3 Hal Seputar THE BOYZ Di Jakarta yang Seru Abis

The Boyz Di Jakarta, heynoona.com – Deobi! bagaimana perasaannya saat ini? degdegan? sedih? seneng? kali ini tim HeyNoona berkesempatan untuk...

Spesial1 month ago

[Spesial] Manusia Jadi Produk di Industri KPop: Lagu Hanya Sebagai Alat?

  Manusia Jadi Produk Industri KPop, heynoona.com — “WTS photocard Taehyung 650k” Pasti tidak asing lagi dengan WTS, WTB, atau...

Bacaan Seru1 month ago

8 Seleb Korea yang Ketagihan Makanan Indonesia

Seleb Korea Makanan Indonesia, heynoona.com — Indonesia terdiri jutaan penggemar KPop yang eksis dengan dukungan kuat sampai Korea. Beli album,...

NCT1 month ago

Potret NCT 127 Sebagai Brand Ambassador Click, K-Oral Care Pertama di Indonesia

NCT 127 Brand Ambassador Click, heynoona.com – Beberapa waktu lalu NCTZen sempat dikejutkan dengan video teaser yang dirilis melalui akun...

Drama2 months ago

Review Drama The Sound of Magic: Dunia Fantasi Nyata

Review Drama The Sound of Magic, heynoona.com — Diadaptasi dari Webtoon yang berjudul “Annarasumanara”, The Sound of Magic mengangkat kisah...

Copyright HeyNoona © 2022. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.