in

16 Idol Kpop dengan Masa Trainee Terpanjang!

Trainee Terpanjang Idol Kpop, heynoona.com — Untuk menjadi idol Kpop tentu saja bukanlah hal yang mudah. Selain itu tak ada jaminan untuk debut walaupun telah diterima di sebuah agensi. Debut bukanlah hal yang instan di industri musik Korea, biasanya para trainee berlatih vokal, dance bahkan sampai akting dan dipersiapkan sematang mungkin untuk debut demi melahirkan musisi yang berkualitas.

Tak jarang, banyak dari para trainee yang menghabiskan masa pelatihan sampai bertahun-tahun. Hal ini karena sistem agensi yang tidak peduli seberapa lama kamu menjalani trainee, tetapi jika ada trainee baru yang lebih handal dan mumpuni maka akan didebutkan terlebih dahulu.

Nah, beberapa idol Kpop ini pantang menyerah meraih impian mereka menjadi idol hingga menjalani trainee bertahun-tahun lamanya. Lalu siapa saja sih mereka? Daripada penasaran langsung aja cus kita intip deretannya di bawah ini.

Trainee Terpanjang Idol Kpop

1. G-Dragon – BIGBANG

Idol Kpop Trainee Terpanjang gd

Siapa yang nggak kenal dengan rapper yang dijuluki “King Of Kpop” ini, popularitasnya pun nggak perlu diragukan lagi deh, comebacknya pun menjadi hal yang dinanti-nanti dan dikabarkan akan comeback tahun 2021 mendatang loh. Dibalik kesuksesan dan keahliannya dalam menciptakan lagu ternyata ia menjalani masa trainee yang cukup panjang yaitu selama 11 tahun. 

Tentu saja bukanlah waktu yang singkat baginya untuk bisa debut. GD awalnya menjalani trainee selama 5 tahun di SM dan bisa saja debut dengan Super Junior, namun ia menyadari kalau SM bukanlah agensi yang tepat baginya mengingat selera musiknya sendiri hip hop dan lebih suka tampil badas. Hingga akhirnya ia diterima di YG dan menjalani trainee selama 6 tahun.

Awalnya ia akan didebutkan sebagai duo dengan Taeyang namun, pada tahun 2005 ia akhirnya debut sebagai leader sekaligus main rapper BIGBANG. Berkat kesabaran dan kerja kerasnya masa trainee yang panjang tersebut terbayarkan dan membuahkan hasil, karena ia tak hanya sukses sebagai grup, tetapi juga sebagai salah satu solois papan atas. Prestasinya pun juga nggak usah ditanyakan lagi ia telah meraih daesang dan banyak penghargaan lainnya.

2. Jihyo – TWICE

Idol Kpop Trainee Terpanjang jihyo

Jihyo menghabiskan waktu masa kecilnya menjadi trainee yaitu sejak ia berusia 8 tahun dan menjalani trainee selama 10 tahun loh, sampai-sampai para idol JYP sudah lama mengenalnya tak jarang  banyak dari mereka yang terkejut  bahwa Jihyo yang dulunya dikenal sebagai bocah yang suka berlarian di ruang latihan kini telah menjadi leader sekaligus main vocal TWICE yang merupakan salah satu girlgroup paling ternama.

Berkat usaha dan juga tekadnya menjadi idol, kini masa traineenya tersebut terbayarkan dengan kesuksesan besar. Tak heran penampilan dan bakatnya pun sangat mumpuni dan juga selalu mengagumkan bak idol profesional.

3. Seulgi – Red Velvet

Idol Kpop Trainee Terpanjang seulgi

Seulgi memulai masa traineenya sejak tahun 2007 saat ia masih kelas 1 SMP dan masih berusia 13 tahun, yang berarti Seulgi menjalani masa trainee selama 7 tahun. Idol kelahiran 1994 ini awalnya akan didebutkan bersama f(x) namun akhirnya ia diperkenalkan lewat SM Rookies dan debut sebagai member Red Velvet di tahun 2014.

Tentu saja tidak mudah baginya untuk debut, pada awalnya ia di audisi untuk vokal namun karena merasa vokalnya kurang ia pun beralih berlatih dance dengan sangat keras, siapa sangka kini ia menjadi salah satu dancer wanita terbaik baik di SM dan juga diantara dancer girlgroup lainnya.

Berkat masa trainee yang panjang tersebut, ia pun mempunyai bakat yang sangat mengagumkan alias paket lengkap banget deh! Tak hanya jago dance ia pun mempunyai vokal yang mumpuni dan tentu saja visual serta penampilannya saat diatas panggung sukses bikin pangling dan outstanding abis. 

4. Johnny – NCT

Idol Kpop Trainee Terpanjang johnny

Johnny bukan hanya idol dengan periode trainee terlama dari lineup NCT saat ini, tetapi juga dalam seluruh sejarah SM Entertainment! Johnny yang berasal dari Chicago dan kelahiran tahun 1995 ini, masuk SM Entertainment pada tahun 2008, tahun yang sama dengan SHINee debut. Berlatih bersama beberapa anggota EXO dan hampir didebutkan menjadi member EXO.

Namun Johnny memilih untuk tidak debut pada 2012 karena merasa belum siap. Setelah 9 tahun sejak pertama kali bergabung dengan perusahaan tersebut, Johnny akhirnya melakukan debut resminya sebagai anggota NCT 127 pada tahun 2017.

Tak heran para penggemar kala itu sangat menantikan debut Johnny bahkan sempat memprotes kepada SM yang tak juga kunjung mendebutkan Johnny padahal  saat itu SM sudah mendebutkan NCT U 7th Sense di tahun 2016. Kini pun Johnny berhasil debut sebagai member NCT yang termasuk boygroup papan atas saat ini.

5. S.Coups – SEVENTEEN

Idol Kpop Trainee Terpanjang scoups

S.Coups berlatih selama enam tahun, dan menjadi yang terlama dari semua member SEVENTEEN. Fakta menariknya adalah Idol kelahiran 1995 ini merupakan salah satu trainee pria pertama di Pledis Entertainment loh, bahkan ia pun seharusnya debut dengan NU’EST.

Sebagai idola dengan periode trainee terlama, Siapa sangka ia meraih kesuksesan yang lebih cepat daripada boygroup sebelumnya yang hampir debut dengannya. S.Coups bisa saja saat itu meneruskan karirnya sebagai atlet, namun berkat kesabaran dan tekad kuatnya ia pun menjadi leader SEVENTEEN yang kharismatik dan penampilannya diatas panggung pun juga sangat mempesona.

6. JR – NU’EST

Idol Kpop Trainee Terpanjang jr

Bersamaan dengan S.Coups, JR bukan hanya member yang berlatih paling lama di NU’EST. Ia pun juga sebenarnya adalah trainee pria pertama dari Pledis Entertainment bersama dengan S.Coups. Meskipun dia menghabiskan beberapa waktu sebagai satu-satunya trainee pria di agensi tersebut, namun ia akhirnya bergabung dengan empat anggota NU’EST lainnya dan debut di tahun 2012.

Seperti halnya grup lain, setelah debut tidak ada jaminan bisa langsung sekejap meraih kesuksesan, hal inilah yang dialaminya selama hampir 5 tahun grupnya tak juga dikenali dan diperhatikan publik. Namun, berkat usaha dan kerja kerasnya ia pun tak ragu mengikuti Produce 101 yang tentu saja merupakan keputusan yang sangat sulit. Namun siapa sangka setelah mengikuti program survival tersebut,  JR tuai perhatian publik dan grupnya pun kini meraih kesuksesan dan mempunyai banyak penggemar. Wah salut banget deh!

6. Jennie – BLACKPINK

Idol Kpop Trainee Terpanjang jennie

Jennie pertama kali memulai pelatihan di YG Entertainment pada tahun 2010, dan merupakan trainee paling senior di antara member BLACKPINK. Pada tahun 2012, Jennie mendapatkan banyak perhatian ketika dia diperkenalkan sebagai anggota girlgroup kedua YG Entertainment yang sudah lama dinantikan. Jennie sebelum debut sempat berduet  berpartisipasi di album G-Dragon juga loh.

Hingga akhirnya ia memulai debut pada tahun 2016, setelah berlatih selama enam tahun. Jennie yang saat itu tinggal di Selandia Baru awalnya berencana menempuh pendidikan di Amerika, namun ia menyadari keinginannya untuk menjadi penyanyi dan kembali ke Korea hingga diterima di YG. Jennie pun mengatakan kalau ia merasa masa trainee yang ia habiskan sangat worth it.

Hal ini tentu saja saat ini ia meraih kesuksesan sebagai grup ataupun solois. BLACKPINK pun kini menjadi girlgroup terbesar yang paling populer di dunia, begitu pula dengan Jennie yang tak hanya aktif sebagai grup, tapi karir solonya pun sangat melejit.

7. RM – BTS

Idol Kpop Trainee Terpanjang rm

RM berlatih selama empat tahun di Big Hit Entertainment, dan merupakan yang terlama dari semua anggota BTS. RM sebenarnya seharusnya menjadi duo dengan rapper Iron sebelum diputuskan bahwa BTS akan menjadi grup. Setelah semua perubahan lineup dan kesulitan ia pun debut sebagai leader sekaligus main rapper BTS di tahun 2013.

Setelah debut pun ia juga mengalami kesulitan, mengingat  saat itu grupnya berasal dari agensi kecil dan tidak terlalu mencuri perhatian.  Namun kini bagaikan mimpi, BTS yang awalnya dipandang sebelah mata kini menjadi boygroup tersukses dengan berbagai rekor mereka yang mengagumkan.

Berkat kerja keras dan kesabarannya kini ia meraih kesuksesan yang bahkan ia pun merasa kesuksesan yang diraihnya tidak nyata. Tak hanya membanggakan grup, tetapi BTS saat ini juga menjadi kebanggaan Korea karena belum lama ini BTS masuk kedalam nominasi Grammy dan menempati posisi #1 di chart Billboard. 

8. Miyeon – (G)I-DLE

Idol Kpop Trainee Terpanjang miyeon

Miyeon bergabung dengan YG Entertainment pada tahun yang sama dengan Jennie, dan berlatih di YG selama lima tahun. Meskipun awalnya akan didebutkan menjadi anggota BLACKPINK, namun ia pun hengkang dari YG pada tahun 2015 dan akhirnya bergabung dengan Cube Entertainment dan debut bersama member (G)I-DLE di tahun 2018.

Ia pun kini berposisi sebagai main vokalis dan juga merintis karir sebagai aktris. Tentu saja bukanlah hal yang mudah baginya untuk bisa debut kembali, namun ia tidak patah semangat mengejar karirnya menjadi idol. Sampai saat ini pun masih menjadi tanda tanya kenapa Miyeon dikeluarkan dari YG padahal debutnya hanya tinggal selangkah lagi. Meski begitu paras cantik dan suaranya yang merdu mampu mencuri perhatian yang pastinya makin mempesona.

Baca Juga:
5 Hal yang Menyebabkan Trainee Idol Kpop Dikeluarkan dari Agensi
Pantang Menyerah, 5 Idol Kpop Wanita Ini Debut Setelah Lebih dari 7 Tahun Trainee
Beginilah Mereka Sekarang Para Mantan Trainee SM Rookies

9. JB dan Jinyoung – GOT7

Idol Kpop Trainee Terpanjang jj project

Kalian sebelumnya pasti pernah dengar kan dengan JJ Project? Yap, ini merupakan unit JB dan Jinyoung yang ternyata mereka awalnya disebutkan pertama kali karena keduanya menjadi member GOT7 dengan masa trainee terlama. Fakta uniknya adalah keduanya pertama kali bertemu setelah berhasil lolos audisi JYP Open yang diikuti sampai dengan 10.000 peserta.

JB dan Jinyoung pun menempati posisi pertama dan menjalani pelatihan di hari yang sama. Di tahun 2012 JB dan Jinyoung diperkenalkan dengan debut pertama kali sebagai duo dan barulah tahun 2014 mereka kembali debut sebagai grup bersama GOT7 dengan member lainnya. Kini keduanya termasuk kedalam line vocal di grup.

JB dikenal dengan kemampuan dancenya yang sangat keren dan handal dalam urusan B-boy sedangkan Jinyoung telah membintangi banyak drama sebagai pemeran utama. Meski begitu, pertemanan di antara keduanya dan para member lain pun sangatlah solid. Belum lama ini GOT7 melangsungkan comeback, kamu sudah nonton MV nya belum?

10. Yeonjun – TXT

Idol Kpop Trainee Terpanjang yeonjun

Yeonjun menjadi trainee paling lama di Bighit diantara member TXT lainnya. Ia menjalani pelatihan di Bighit kurang lebih selama 4 tahun berlatih dengan keras dan mempunyai tekad yang kuat. Ia pun sangat populer diantara para trainee Bighit karena selalu menjadi urutan pertama dalam hal dance, rap dan juga vokal.

Yeonjun menjadi member tertua di TXT yaitu kelahiran 1999 dan juga merupakan anggota pertama TXT yang diungkapkan ke publik. Kini, tak hanya makin mempesona, ia juga handal dalam segala bidang dan berposisi sebagai main dancer sekaligus rapper. Penampilannya diatas panggung emang selalu bikin pangling deh, siap-siap nantinya Yeonjun bisa merusak list bias kamu loh! 

11. Chaeryeong – ITZY

Idol Kpop Trainee Terpanjang chaeryeong

Chaeryeong yang merupakan adik dari Chaeyeon IZ*ONE ini, awalnya mereka mengikuti Kpop Star dan kemudian menjadi trainee JYP serta mengikuti SIXTEEN untuk membentuk TWICE. Namun, Chaeryeong yang dianggap masih muda saat itu yaitu kelahiran 2001, langkahnya harus terhenti pada episode final.

Namun, ia pun tak pantang menyerah dengan kembali menjadi trainee di JYP, hingga akhirnya ia debut di tahun 2019 kemarin bersama ITZY berposisi sebagai main dancer. Kemampuan dancenya emang bikin terpukau deh, karena ia sendiri sudah menari sejak ia masih kecil. Penantian debutnya pun kini terbayarkan karena kini ITZY yang cukup sukses dan menjadi grup besar penerus gen 4. 

12. Nancy – MOMOLAND

Idol Kpop Trainee Terpanjang nancy

Siapa sangka Nancy yang mempunyai visual menawan dan vokalnya yang merdu ini juga mengalami kesulitan dengan masa traineenya yang cukup panjang. Bahkan ia pun sempat berpindah agensi karena tidak ada harapan untuk debut. Sebelum ia bergabung dengan MLD Entertaiment, ia dulunya menjalani masa pelatihan selama 6 tahun di Naga Network.

Meskipun begitu ia berlatih dengan giat selama masa trainee tersebut, hingga ia menempati posisi pertama saat mengikuti survival show ‘Finding Momoland’ dan berposisi sebagai visual center di MOMOLAND. Nancy pun kini tak hanya sukses sebagai grup, tetapi juga karir solonya pun juga makin melejit dan ia pun mulai merintis karir sebagai aktris. Visualnya yang menawan membuat siapa saja terpikat dengan pesonanya.

13. Jinho – PENTAGON

Idol Kpop Trainee Terpanjang jinho

Jinho melalui masa-masa yang sulit untuk bisa debut hingga akhirnya ia debut bersama PENTAGON di tahun 2016. Ia menjalani masa trainee selama 8 tahun loh! Idol kelahiran 1992 ini, awalnya merupakan trainee SM dan memenangkan kontes SM Everysing tahun 2008 lalu bersama Xiumin EXO.

Selanjutnya ia berpartisipasi dalam project SM The Ballad di tahun 2010 yang saat itu dirinya tuai perhatian berkat vokalnya yang sangat mengagumkan. Namun, karena harapan debut semakin menipis, ia pun meninggalkan SM dan bergabung dengan Cube hingga ia di audisi selama 8 minggu dan barulah ia resmi menjadi anggota PENTAGON berposisi sebagai main vokalis.

Tentu saja vokalnya emang nggak main-main deh ia pun sudah membintangi drama musikal dan juga mengisi OST drama.

14. Suho – EXO

Idol Kpop Trainee Terpanjang suho

Leader EXO yang sedang menjalani wajib militer ini merupakan kelahiran 1991 dan menjalani masa trainee selama 7 tahun di SM hingga saat itu ia menghabiskan banyak waktu bersama member SHINee. Namun ia baru debut di tahun 2012 sebagai member EXO yang ternyata berkat kesabaran dan kerja kerasnya pun membuahkan hasil yang sangat mengagumkan.

EXO meraih kesuksesan yang sangat besar seperti menjadi million seller dan berhasil memborong banyak penghargaan Daesang. Tak hanya itu karirnya sebagai solois pun juga berjalan sukses yang tak hanya debut solo dengan merilis album, tetapi ia juga membintangi beberapa drama dan juga film.

Suho dikenal mempunyai sifat yang hangat dan juga memiliki jiwa leadership yang tinggi, tentu saja comeback EXO dengan full member menjadi hal yang dinanti-nanti para penggemar.

15. Jooheon – Monsta X

Idol Kpop Trainee Terpanjang jooheon

Jooheon merupakan member Monsta X yang saat ini berposisi sebagai main rapper di grup. Sebelum bersama Monsta X, ia awalnya didebutkan terlebih dahulu menjadi member Project Starship yaitu Nu Boyz di tahun 2014. Barulah di tahun berikutnya ia mengikuti survival show Starship “No Mercy” yang akhirnya membentuk Monsta X.

Ia pun resmi debut di tahun 2015 setelah menjalani masa trainee selama 7 tahun.  Setelah debut ia pernah mengikuti “Show Me The Money” dan juga mengisi OST Drama. Bakat rapnya emang keren abis deh, tak hanya selalu tampil manly dan kharismatik saat diatas panggung, tetapi tone suaranya yang deep menjadi pesona keunikan tersendiri.

16. Ningning – aespa

Idol Kpop Trainee Terpanjang ningning

Ningning pertama kali di rekrut oleh SM saat ia kerap tampil di berbagai kontes bernyanyi di Tiongkok saat usianya masih muda. Maknae aespa kelahiran tahun 2002 ini diperkenalkan lewat SM Rookies dan menjadi member aespa terlama menjalani masa pelatihan yaitu dalam kurun waktu 5 tahun.

Tentu saja debutnya menjadi hal yang paling diantisipasi. Setelah banyak member SM Rookies lain yang tiba-tiba keluar dari SM, Ningning berhasil bertahan dan debut setelah melalui seleksi ketat pemilihan line up aespa.

Ia pun berposisi sebagai main vocal yang saat ini selalu tampil mempesona dengan vokalnya yang mumpuni. Para penggemar pun kagum melihatnya masih bisa bertahan mengingat banyak trainee senior lain yang belum didebutkan ataupun keluar dari SM.

Baca Juga:
9 Idol Kpop Penuh Pesona Bermarga ‘Im’ yang Jadi Favorit Netizen!
Penuh Visual, Inilah 18 Idol Kpop Kelahiran 1991 yang Banyak Berposisi Sebagai Leader!
Sering Dibilang Mirip Kucing, 7 Idol Kpop Cowok Ini Dijuluki Sebagai ‘Cat Boy’

Itu dia guys beberapa idol KPop yang ternyata dibalik kesuksesan mereka saat ini, ternyata para idol Kpop diatas menjalani masa trainee yang sangat waktu yang panjang dan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya.

Berkat kerja keras dan semangat pantang menyerah mereka pun dapat debut dan meraih kesuksesan. Hal ini tentu saja bisa menjadi motivasi untuk para penggemar untuk tetap semangat meraih impian karena semuanya butuh proses.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0