in ,

10 Drama Korea tentang Wanita yang Bikin Kamu Terkagum-kagum dengan Perannya

10 Drama Korea tentang Wanita, heynoona.com — Satu atau dua dekade yang lalu, K-Dramaland dipenuhi dengan pemeran utama perempuan berjenis Candy. Mereka jarang memiliki agensi; jalan cerita mereka seputar tentang pemeran utama pria, hanya memberikan reaksi pada apa yang terjadi dengan mereka.

Sebagian besar, mereka ada disana hanya untuk menjadi love interest atau menjadi pemanis. Karakter untuk pemeran kedua wanita memiliki alur cerita yang lebih klise; peran mereka bertujuan untuk balas dendam dan membuat kekacauan, sehingga pemeran utama pria dapat “menyelamatkan” pemeran utama wanita.

Saat karakter ini dapat menghibur untuk ditonton, kita tahu bahwa karakterisasi untuk wanita sangat tidak adil. Wanita lebih kompleks daripada hanya “bubbly but naive” karakter yang sering kamu lihat di drama, dan syukurnya, seiring perkembangan zaman, K-dramaland memberikan kita karakter wanita yang bisa kita dambakan: wanita yang ulet dan kuat, yang cerdas dan unggul dalam bidangnya, yang tidak membatasi diri pada gagasan feminitas yang biasa; wanita yang mendukung wanita lain.

Untuk merayakan Hari Perempuan untuk seluruh wanita yang luar biasa dalam hidup kita, mari kita melihat beberapa karakter wanita mengesankan di K-dramaland yang telah muncul beberapa tahun terakhir ini dan tidak takut menunjukan kepada semua orang siapa yang menjadi bos. Berikut 10 K-Drama yang Menampilkan Wanita Multidimensi yang Kuat.

10 Drama Korea tentang Wanita

1. Doctors (2016)

drama korea tentang wanita
Doctors (2016)

Tidak hanya Yoo Hye Jung (Park Shin Hye) yang memiliki profesi sebagai ahli bedah saraf, tetapi dia juga bisa bela diri. Tumbuh di bawah keadaan yang tidak ideal, tidak heran jika saat remaja ia menjadi nakal.

Namun, ia memutuskan untuk melakukan lebih baik dan membuat sesuatu dari dirinya sendiri. Dia berhasil untuk menjauhkan dirinya dari semua kemarahan dan kekerasan yang ia alami dari masa kecilnya yang sulit dan sebagai gantinya ia menarik dari kekuatan dan kecerdasannya.

Terlepas dari segala rintangan, ia berhasil menjadi ahli bedah saraf yang disegani dan mendapatkan pekerjaan di salah satu rumah sakit paling bergengsi di negaranya. Tetapi dia masih membawa beberapa para bajingan dari masa remajanya. Drama ini merupakan salah satu drama korea tentang wanita yang cocok ditonton maraton!

drama doctors

2. Witch’s Court (2017)

drama korea tentang wanita
Witch’s Court (2017)

Kita tidak melihat banyak jaksa penuntut wanita di K-dramaland, dan jika memang ada, mereka sering menjadi second fiddle. Tetapi pada drama “Witch’s Court” membuktikan kalau hal tersebut salah dengan memberi karakter Ma Yi Deun, yang pintar, jaksa karismatik dengan naluri pembunuh.

Dia tidak takut bermain dengan big boy’s table dan dapat menangani apapun yang mereka lemparkan padanya, dan ia sering kali membalas dengan hal yang sama. Dia mampu mengekstraksi informasi dari lawannya, dan memenangkan kasusnya tidak hanya karena dia pintar, tetapi karena dia cukup percaya diri untuk tidak membiarkan lawannya menghancurkannya. Dia bisa sedikit egois dan pemarah, tetapi itu hanya membuat karakter lebih autentik.

Girl-crush yang lebih berharga dari Ma Yi Deum adalah aktris itu sendiri, Jung Ryeo Won. Saat dia menerima penghargaan ‘Top Excellence Award’ pada KBS Drama Awards 2017, didepan publik dia angkat bicara menentang kekerasan seksual. Preach!

drama witch court

3. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2017)

drama korea tentang wanita

Berbicara tentang kelangkaan di K-dramaland, ini benar-benar suatu hal yang langka seperti unicorn — seorang atlet angka besi wanita. Angkat besi menjadi suatu profesi atau olahraga tardisional yang membangkitkan kesan maskulinitas, dan saat melihat Kim Bok Joo yang diperankan oleh Lee Sung Kyung, awalnya berjuang dengan ide tentang mencintai olahraga ini (yang menekankan kekuatan dan fisik yang besar) atau mengikuti standar kecantikan.

Baca juga: Super Ngakak! 10 Drama Korea ini Bakal Bikin Mood Kamu Balik Lagi!

Sepanjang drama, Kim Bok Joo menyadari bahwa ia dapat unggul dalam angkat besi serta menunjukan feminitasnya yang cantik. Semua konsep maskulinitas vs feminitas, ia menerima dirinya sendiri dan dia tidak perlu mengubah dirinya untuk dicintai orang lain. Mendapatkan pacar yang lucu merupakan pencapaian dari perjalananya tentang penemuan, penerimaan, dan cinta.

drama kim bok joo

4. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

drama korea tentang wanita

Bagaimana bisa kita tidak menyebutkan Do Bong Soon yang diperankan oleh Park Bo Young saat membahas tentang wanita yang kuat? Terlahir dengan kekuatan super, Do Bong Soon dapat mengangkat sebuah bus dan mengalahkan kumpulan preman, semua dilakukannya tanpa berkeringat.

Semua kejadian epik itu dikemas dengan tampilan yang menggemaskan. Wanita ini tidak bisa diselamatkan. Faktanya, dia bisa saja yang menyelamatkan mu dari bahaya!

5. Fight My Way (2017)

drama korea tentang wanita
Fight My Way (2017)

Tidak seperti wanita dalam list ini yang memiliki karir atau skill yang unik, Choi Ae Ra yang diperankan oleh Kim Ji Won dapat dikategorikan sebagai wanita biasa. Saat ini ia sedang bekerja di departement store, ia berjuang untuk mewujudkan mimpinya menjadi penyiar siaran.

drama fight my way

Walaupun sistem yang membebani Choi Ae Ra, dia tetap memaksakan dirinya dengan keuletan dan ketabahan, tidak membiarkan keadaan luar menahannya untuk mencapai mimpinya.

Dia juga sangat bersemangat, mempunyai karakter berlapis-lapis; dia bisa lancang namun imut, culun namun luar biasa, dan jika ada yang mencoba mengacaukannya, dia bisa mengalahkan mereka sendirian. Dan itulah mengapa, sebagai “rata-rata” seperti yang terlihat, dia benar-benar sangat top-notch dan ketahanannya merupakan sesuatu yang bisa contoh.

drama fight my way

6. Mother (2018)

drama korea tentang wanita
Mother (2018)

Karena kita membahas tentang wanita yang mengesankan, kita pasti harus membicarakan tentang wanita yang mengagumkan setiap hari — ibu. Saat ia hamil berbulan-bulan dan melahirkan merupakan hal yang mengesankan, tetapi membesarkan anak, mengasihi, serta mengasih anak membutuhkan kekuatan dan kesabaran yang luar biasa.

Dalam drama “Mother”, yang merupakan remake dari drama Jepang yang berjudul sama, gagasan menjadi ibu dieksplorasi lebih jauh melampaui ikana biologis. Sementara alur cerita utama dimulai dengan fokus pada guru pengganti (Lee Bo Young) yang menyelamatkan dan kemudian menjadi ibu bagi seorang siswa yang dilecehkan di rumah.

Drama ini sendiri mengeksplorasi hubungan antara ibu dan anak, biologis atau lainnya. Drama ini berpusat pada wanita dan kisah lain di sekitar mereka. Mereka semua memiliki cerita yang layak diceritakan dan didengarkan. Terkadang mengharukan, tetapi selalu memiliki keyakinan.

7. Hotel Del Luna (2019)

drama korea tentang wanita
Hotel Del Luna (2019)

Drama ini bercerita tentang seorang wanita yang tidak membuthkan sorang pria untuk merawatnya. Jang Man Wol yang diperankan oleh IU menjadi jati dirinya karena pengkhianatan dari seorang pria, tetapi selama bertahun-tahun sejak itu, dia menjadi pemilik hotel dengan berpakaian indah yang tahu bagaimana menjaga dirinya sendiri dan kepengtingnya sendiri.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Drama Hotel Del Luna

Bahkan ketika Goo Chan Sung yang diperankan oleh Yeo Jin Goo muncul, dia tidak mengubah dirinya untuk pria itu dan tetap mempertahankan kepribadiannya yang lancang sarkastik, bahkan kurang ajar. Dengan semua kekuatan gaib yang dimiliki Man Wol, dialah yang dapat menyelamatkan semuanya.

drama hotel del luna

Kekuatannya juga terletak pada kemampuannya untuk menerima sisi kelemahannya, untuk mengucapkan selamat tinggal ke masa lalu dan untuk melepaskannya, karena dia mengerti bahwa satu-satunya cara baginya untuk menyambut masa depan yang lebih baik. Dan saat itulah dia benar-benar merekah.

8. Search: WWW (2019)

drama korea tentang wanita
Search: WWW (2019)

Empowered women saling mendukung dan bukannya saling menjatuhkan, dan itulah yang kamu dpatkan di drama “Search: WWW.”

Baca juga: Suka Film Parasite? 7 K-Drama ini Juga Cocok untuk Kamu Tonton

Dengan tiga wanita terkemuka yang bekerja di dua perusahaan IT yang bersaing, dan di posisi yang tinggi, dapat dipahami jika ada banyak pengkhianatan dan sabotase yang terjadi di sekitar.

drama search www

Namun sebaliknya, squad dari Bae Ta Mi (Im Soo Jung), Cha Hyeon (Lee Da Hee), dan Song Ga Kyung (Jeon Hye Jin) hanya membantu dan mendukung satu sama lain baik dalam hubungan maupun karier. Tidak ada penokohan stereotip di sini, dan sebagai gantinya, drama ini memiliki karakter yang lengkap, berlapis-lapis yang mengisahkan persahabatan dan cinta.
 

9. Graceful Family (2019)

drama korea tentang wanita
Graceful Family (2019)

Jangan tertipu dengan judulnya. Nyaris tidak ada yang anggung dalam drama ini. Di tengah-tengah suguhan yang candu ini ada Mo Suk Hee (Im So Hyang). Diasingkan ke Amerika 15 tahun lalu, pewaris kekayaan kembali ke Korea, bertekad untuk mencari tahu siapa yang membunuh ibunya dan untuk melarikan diri dari cengkeraman tim manajemen yang sangat kuat.

drama graceful family

Dia berani, cerdas, dan pantang menyerah. Yang membuatnya lebih menarik adalah kepribadiannya yang bisa kurang ajar, tetapi dia memiliki semuanya seperti boss.

10. Tell Me What You Saw (2020)

drama korea tentang wanita
Tell Me What You Saw (2020)

Drama OCN yang saat ini sedang tayang adalah film yang menegangkan tentang tiga orang yang sedang memburu seorang pembunuh berantai. Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) merupakan seorang profiler jenius yang eksentrik, Cha Soo Young (Girl’s Generation Sooyoung) sebagai seorang detektif pemula dengan memori fotografi, dan Hwang Ha Young (Jin Seo Yeon)sebagai pemimpin yang karismatik dari Divisi Detektif Khusus Provinsi.

Dalam drama kriminal, peran pemimpin biasanya dipegang oleh laki-laki, jadi menyegarkan untuk melihat seorang wanita yang mampu memerankan peran ini.

drama tell me what you saw

Dari 10 drama Korea tentang wanita, mana yang paling kamu suka?

Sumber: Soompi

Editor: Anita

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0