fbpx
Connect with us

Fandom

Alasan Aku Menjadi EXO-L dan Betapa Bahagianya Ketika Bertemu dengan Mereka

Published

on

Alasan Aku Menjadi EXO-L, heynoona.com – Sebelumnya perkenalkan nama aku Peony, sekarang aku mau menceritakan pengalaman aku sebagai seorang fans dari EXO. Aku menyukai mereka pada saat mereka membawakan lagu “Monster.” 

Awalnya aku hanya penasaran, karena teman-temanku terus membicarakan mereka. Tapi sejak itu aku mulai mengikuti mereka. Aku mencari tahu mereka melalui sosial media. 

Sejak saat itu pula aku mulai mengenal mereka perlahan-lahan dan mulai membeli album, menonton konser dan menghadiri fan meeting. Bagiku mereka bukan hanya seorang idol, tapi mereka adalah orang-orang yang tidak pernah segan untuk mengutarakan cintanya kepada kami (EXO-L). 

Setiap lagu yang mereka bawakan, pasti memiliki makna dan arti tersendiri. Mereka mengajarkanku tentang bagaimana rasanya jatuh cinta, bagaimana rasanya melepaskan, dan bagaimana rasanya menunggu.

Alasan Aku Menjadi EXO-L

EXO OT12

Sebelumnya, aku tahu bahwa EXO-L harus kehilangan tiga member, dan sekarang kami harus rela dan menerima kenyataan bahwa Chen akan hidup bersama cinta sejatinya.

Awalnya semua orang pasti terkejut. Tapi aku yakin bahwa perlahan-lahan semuanya akan menerima, walaupun membutuhkan waktu lama. Karena sejatinya mereka (EXO) adalah manusia yang sama-sama ingin merasakan jatuh cinta. 

Baca Juga: Pengalaman Bertemu NCT Dream #TheDreamShowInJakarta

Aku sadar, bahwa aku hanyalah seorang fans, di mana aku memiliki batasan antara mereka. Mencintai bukan berarti harus memiliki, yakinlah bahwa cinta yang kita berikan untuk mereka pasti akan mereka rasakan.

Saat suatu hari nanti langit malam sudah tak seindah pada saat ini, aku berharap semua cahaya bintang tak akan ikut redup. Aku ingin semua tetap sama, saling mencintai dan bahagia hingga kita menua bersama.

Ingin kuucapkan terimakasih pada EXO. Mereka yang telah menemani masa mudaku, mereka yang telah memberikan cintanya dengan tulus untuk penggemar.

Pesanku untuk mereka adalah mengatakan bahwa mereka sangat luar biasa dan berpengaruh dalam hidupku, mereka berbagi kebahagiaan bersama kami. Dear EXO, jagalah diri kalian baik-baik. Jangan pernah kecewa karena sebuah kekalahan, karena kemenangan sesungguhnya adalah bagaimana proses kalian untuk mencapai satu tujuan.

Aku memang bukanlah penggemar yang selalu ada dimanapun kalian berdiri. Tapi percayalah, aku selalu memberikan cinta, sama seperti yang kalian lakukan. 

Semuanya yang kalian lakukan adalah yang terbaik. Jangan pernah salahkan dirimu jika semua tak mencapai harapanmu, itu adalah satu tantangan dimana kalian menentukan antara “berhenti” atau “terus berjalan.”

Aku ingin kalian tetap bersinar, walaupun mungkin sebagian orang sudah tak peduli. Tapi jika seseorang benar-benar mencintai kalian, aku yakin mereka akan bertahan hingga akhir cerita. Berbahagialah EXO dan EXO-L. 
Thanks to our boys.

“Never End” 

Exo, tidak akan ada habisnya jika aku membicarakan mereka. Semua orang tahu bahwa mereka adalah grup yang sangat berpengaruh.

Bertemu EXO

Pertama kali aku bertemu dengan mereka adalah pada saat musim panas ditahun 2017, yaitu pada saat mereka mengadakan fansign. Aku bertekad untuk bertemu dengan mereka, walaupun orang tuaku tidak memberikan izin.

Pada saat itu, aku benar-benar gugup, karena aku menyadari bahwa orang yang aku kagumi ada di depan mataku. Namun rasa gugupku tak bertahan lama, ketika mereka mulai menyapaku, aku benar-benar mulai merasa tenang.

Banyak hal yang tidak bisa aku lupakan pada saat itu, terlebih lagi itu adalah kenangan pertama bagiku untuk berjumpa dengan mereka.

Baca Juga: Suho EXO Berbicara tentang Konsep Debut Solonya dan Arti Kehadiran Member EXO Serta EXO-L Dihidupnya

Hal pertama yang tak bisa aku lupakan adalah pada saat mereka kesulitan menyebut namaku, karena pada saat itu aku menggunakan nama asliku    Selanjutnya adalah pada saat aku meminta izin untuk melakukan hi five, awalnya memang tak diizinkan, tapi mereka melakukannya. 

Selain acara tersebut, ada benerapa konser yang aku hadiri bersama teman-temanku. Sungguh itu benar-benar membuat masa mudaku berwarna. Seolah aku bisa melupakan masalah yang aku miliki saat itu. 

Kenangan yang aku ingat hingga saat ini, benar-benar membuatku semakin yakin akan cinta yang tulus. Ingin ku sapa mereka seperti dulu. Kini aku hanya bisa bertanya dalam hati tanpa bisa ku ucapkan.

EXO

Sekarang aku tidak tahu, kapan semuanya akan kembali seperti dulu. Kami (EXO-L) harus menunggu mereka dengan sabar hingga semuanya kembali.

Baca Juga: Pengalaman Bertemu Red Velvet (Part 1)

Dear EXO, kalian yang saat ini bersinar diatas langit malam, dan aku sangat bahagia saat menatapmu. Semua perasaan yang menyelimutiku, berubah menjadi satu keajaiban yang dapat membuatku tersenyum bahagia. Aku bahagia saat kalian menggenggam tanganku walau hanya sekejap.    

Aku selalu berharap, bahwa angin lembut, akan menyampaikan rinduku dan bisikan hatiku, walau aku tak tahu kapan semua akan kembali. Saat semuanya kembali, bisakah kita bertemu ditempat yang indah seperti yang kita lakukan dulu?

Pengirim tulisan: 7214n ❣️

Leave your vote

Comments

0 comments

Bacaan Seru

Yuk, Kenalan Antar Grup dan Fandomnya YG Family (Part 2)

Published

on

Fandom Grup YG Family, heynoona.com — Pada part 1 mimin sudah membahas 3 grup yaitu Sechs Kies, Big Bang dan 2NE1. Nah pada part 2 ini grup apa aja yang mimin bahas ya… let’s check it out!

Fandom Grup YG Family

1. WINNER

Fandom Grup YG Family

Para anggotanya digabungkan dalam satu tim bernama TIM A pada tahun 2013 melalui program Survival Mnet WIN: Who Is Next dan terpilih sebagai Tim yang memenangkan final acara. Mereka kemudian debut resmi pada tanggal 17 Agustus 2014 dengan nama WINNER. 

Ketika debut, WINNER dijuluki sebagai ‘Monster Rookies’ oleh The Korea Herald karena kesuksesan yang langsung diraih dinilai sebagai sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk grup baru.

Semula mereka tampil dengan 5 anggota yaitu Jinwoo, Seunghoon, Mino, Seungyoon dan Taehyun. Namun pada November 2016 Taehyun memutuskan untuk keluar karena masalah kesehatan mental dan keadaaanya.

Meskipun sempat hiatus dan kehilangan satu member-nya, WINNER tetap tumbuh menjadi salah satu boygrup yang banyak menorehkan prestasi dan meraih kesuksean di dunia musik Korea Selatan. Hal itu menjadikan WINNER makin dicintai hingga memiliki banyak penggemar setia.

Untuk bisa menjadikan para penggemar setianya sebagai orang terdekat, para member memutuskan untuk menyatukan semua dalam satu fandom yang dinamai ‘Inner Circle’ sebagai nama resmi fandom mereka. Rapper WINNER, Seunghoon menggagas nama “Park Inseo” sebagai nama korea dari Inner Circle. Nama Inseo merupakan singkatan dari Inner Circle dalam bahasa Korea, sementara kata ‘Park” sendiri adalah kata tambahan agar terdengar seperti nama orang. 

Bagi WINNER, nama Inner Circle memiliki makna bahwa penggemar adalah orang-orang yang sangat penting dan mereka ingin para penggemar itu berada dilingkaran sebagai orang terdekat yang selalu mendukung aktivitas WINNER.

2. iKON

Fandom Grup YG Family

Para membernya merupakan peserta Tim B dari Survival Mnet WIN: Who Is Next, meskipun harus kalah dari TIM A dan kembali menjadi trainee YG. Pada Juni 2014, TIM B kembali tampil dalam acara realityshow YG kedua berjudul ‘Mix & Match’ sebagai kelanjutan dari acara WIN: Who Is Next. Tujuan dari mengikuti acara ini adalah untuk menentukan formasi akhir dari cikal bakal debut sebagai iKON.

Setelah formasi terbentuk, pada 15 September 2015 7 trainee terpilih yaitu B.I, Bobby, Kim Jin-hwan a.k.a Jay, Ju-ne, Yun Hyeong a.k.a Song, DK a.k.a Donghyuk, dan Chanwoo a.k.a Chan debut resmi dengan nama iKON. Sayangnya ditahun 2019 sang leader berbakat B.I harus mengumumkan kepergiannya dari grup karena tersandung kasus pembelian barang terlarang yaitu mariyuana dan LSD (Lysergic acid diethylamide) ditahun 2016.

Fyi, pada tanggal 2 September 2018, iKON menjadi pengisi acara penutupan 18th Asian Games di Indonesia sebagai salah satu perwakilan dari Korea. iKON tidak hanya terkenal di Korea Selatan saja, tetapi mereka juga terkenal dan memiliki banyak penggemar di Asia sampai Amerika. Tak perlu menunggu waktu lama untuk iKON menyatukan para penggemarnya dalam satu wadah atau fandom dengan nama resmi iKONIC. 

Nah Nootizen, ceritanya ni ketika nama fandom diumumkan melalui video streaming pada Rabu, 30 September 2015, langsung direspon beragam lho oleh para penggemar iKON. Sebagian ada yang setuju karena nama tersebut berkesan unik, namun tak sedikit pula yang ternyata kecewa lantaran nama iKONIC terdengar aneh bahkan ada yang membandingkan dengan nama fandom dari WINNER. Ibarat kata ‘hah cuma gitu doank? Kok enggak kreatif sih? Apa maknanya ya?’… hahahaha.

Meski dinilai nama iKONIC tidak memiliki arti, namun ternyata nama tersebut dimaknai bahwa penggemar menjadi satu dengan iKON dengan harapan selalu menjadi semangat, mengisi ruang diantara iKON dan selalu mendukung mereka. Bagaimana dengan penilaian Nootizen mengenai nama fandom iKON ini?

Baca Juga:
Bisa Mengembalikan Mood, Rekomendasi Lagu K-Pop Buat yang Lagi Writers Block (Part 3)
Yuk Kenalan dengan 2 Idol Kpop yang Resmi Terdaftar Sebagai Pendonor Organ
Sederet Idol K-Pop Ini Pernah Menghabiskan Masa Kecil Tinggal di Luar Negeri, Siapa Saja?

3. BLACKPINK

Fandom Grup YG Family

Girlgroup asuhan YG Entertainment selanjutnya adalah BLACKPINK. Debut sejak 8 Agustus 2016 dengan 4 member yaitu Jisoo, Jennie, Rose,dan Lisa. Kesuksesan komersial BLACKPINK pada lima bulan pertama debut mereka menjadikan grup ini mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dan menancapkan bendera BLACKPINK di kancah indutri hiburan K-Pop. Mereka bahkan dinobatkan  sebagai salah satu grup K-Pop baru terbaik pada tahun 2016.

Pada 17 Januari 2017, BLACKPINK mengumumkan nama fandom resmi mereka yaitu “Blink” yang merupakan kombinasi dari kata ‘bl / ack’ dan p / ink’ dengan basis penggemar yang tidak hanya ada di Korea Selatan, tetapi juga di Thailand, Jepang, Indonesia, Amerika dan Eropa. Hmmm… tidak jauh berbeda dengan cara pemilihan nama fandom dari iKON ya guys… hahahaha. 

Ternyata ya Nootizen, ditahun 2019 Indonesia menempati peringkat pertama dari data 10 negara yang paling banyak menonton BLACKPINK melalui YouTube di seluruh dunia. Tercatat BLINK Indonesia menonton biasnya sebanyak 48,6 juta kali penanyangan lho… Wowwww keren deh kalian BLINK Indonesia. 

Treasure

Fandom Grup YG Family

Terobosan YG Entertainment kali ini adalah dengan mendebutkan boygroup melalui ajang survival YG “Treasure Box”. 12 member terpilih yaitu Choi Hyunsuk, Jihoon, Junkyu, Mashiho, Yoshinori, Jaehyuk, Asahi, Yedam, Doyoung, Haruto, Jeongwoo, dan Junghwan debut resmi sebagai boygrup dengan nama Treasure pada 7 Agustus 2020. 

Fyi, Para member merupakan perpaduan trainee yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang lho. Awalnya grup ini memiliki satu member lagi yaitu Ha Yoobin yang akhirnya memutuskan hengkang dari grup pada 31 Desember 2019 karena merasa tujuan dari arah bermusiknya lebih cocok sebagai artis solo daripada kegiatan Tim.

Semula 13 member terpilih masuk dalam grup bernama ‘Treasure 13’. Kemudian dibagi menjadi dua grup unit yaitu ‘Treasure’ dan ‘Magnum’. Mereka berpromosi sebagai dua grup terpisah dan juga sebagai satu grup bersama yaitu ‘Treasure 13’. Namun karena beberapa skandal dan kasus yang dihadapi oleh agensi YG Entertainment, jadwal debut mereka pun tertunda dan akhirnya digabungkan menjadi satu grup dengan nama ‘Treasure’.

Tak butuh waktu lama, YG Entertainment pun mengumumkan nama resmi fandom yaitu ‘Treasure Maker’ atau yang akrab dipanggil ‘Teume’. Nama tersebut sering digunakan saat acara YG Treasure Box berlangsung. Saat tampil didepan penggemar, para anggota selalu mengucapkan salam pembuka atau sapaan yaitu ‘Teuha’ (Teume Hai) dan salam penutup ‘Teuba’ (Teume Bye). Nama Treasure Maker dipilih dengan makna bahwa kesuksesan dan pertumbuhan grup Treasure kedepannya akan dibuat dan ditentukan oleh penggemar mereka.

So Nootizen, fandom manakah kalian dari YG Family? Tulis dikolom komentar yuk…

Penulis: Memey

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Fandom

Berawal dari Fanfiction yang Kini Membawaku Menjadi ARMY Sejati

Published

on

Kisahku Menjadi ARMY, heynoona.com — Perkenalkan, namaku Vicke Alizaranny. Aku biasa disapa dengan nama Vicke dan aku asalnya dari Surabaya. Oh iya, ini untuk pertama kali aku nulis artikel buat konten HeyNoona Media. Tulisan aku di sini tentang diriku yang untuk pertama kalinya mengidolakan public figure dari luar negeri, lebih tepatnya grup asal Korea Selatan yaitu BTS. Iya, aku oleng ke BTS sejak bulan Juli 2020.

Jadi awalnya aku suka banget baca fanfiction BTS di Wattpad yang pemeran utamanya itu V dan Jungkook, bahkan aku juga membuat reading list khusus fanfiction BTS di profil akun Wattpad aku. Niatnya, sih, cuma mau baca fanfiction mereka aja. Tapi lama-kelamaan BTS mulai terbayang di pikiran dan hati aku. Di situlah aku sadar kalau ketujuh oppa itu gantengnya keterlaluan.

fanfiction army

Jadilah sekarang aku jatuh cinta sama BTS. Aku merasa kalau aku beneran jadi Army sejak era Dynamite tahun lalu, soalnya pas aku ngefans BTS untuk pertama kali itu masih di era Stay Gold. Semenjak aku jadi Army, aku punya banyak teman online sesama Army dari berbagai kota. Aku kenal mereka dari Wattpad, Instagram, bahkan bergabung di grup Whatsapp khusus Army. 

Berawal Dari Fanfiction Inilah Kisahku Menjadi ARMY

Fun fact, ada salah satu Army yang kolaborasi sama aku di Wattpad. Kami berdua menulis fanfiction berjudul “What Makes You Beautiful”. Di fanfiction itu aku merangkap sebagai penulis dan pemeran utama. Kalau kalian mau baca, kalian search username Wattpad aku @dazzlingvee dan di situ nanti kalian menemukan fanfiction kolaborasi yang judulnya aku sebutkan di atas.

Semenjak itu juga galeri handphone aku penuh dengan foto-foto BTS. Nggak cuma itu, galeri handphone aku juga dipenuhi foto dari sebagian anggota EXO dan NCT. Nggak lupa juga aku download beberapa lagunya BTS, mulai dari Boy With Luv, Make It Right, Mikrokosmos, Spring Day, ON, Black Swan, Dynamite, sampai Life Goes On. 

Lagu-lagunya BTS itu asyik juga di telinga, apalagi dari dulu aku suka banget dengerin lagu apapun, seperti lagunya Raisa, Yura Yunita, Isyana Sarasvati, dan lain-lain. Biasanya playlist aku didominasi lagunya Raisa, tapi sekarang playlist aku juga didominasi lagunya BTS. Meskipun sekarang aku suka K-Pop, aku tetap menyukai karya dari musisi Indonesia karena aku lahir dan tinggal di Indonesia.

Selama aku jadi fans K-Pop—khususnya Army—itu banyak suka dan dukanya. Sukanya, bisa menambah teman baru sesama fans BTS. Dukanya, rebutan bias. Hehe. Ada juga satu hal yang bikin aku nggak terima. Saat itu aku repost foto Jin dan V ke Instagram Stories. Eh tiba-tiba Instagram Stories aku dikomentarin salah satu teman lamaku dan dia menganggap aku sebagai fans K-Pop musiman.

Siapa yang mau terima digituin? Aku sadar kalau aku memang belum lama menjadi Army dan masih noob banget dalam hal seputar K-Pop, tetapi bukan berarti dia bisa seenaknya mengatakan bahwa aku ini fans musiman. Menurut aku, mau jadi fans sejati atau musiman, itu adalah pilihan masing-masing.

By the way aku juga udah punya beberapa merchandise yang berbau BTS, mulai dari novel, masker untuk pandemi Covid-19, kipas tangan, photocard bonus beli kopi di salah satu coffee shop, hand sanitizer, sampai handphone case yang ada logo BTS. Emang, sih, merchandise BTS yang aku punya masih belum seberapa, tapi setidaknya merchandise tersebut berguna untuk sehari-hari.

Instagram punyaku yang semula cuma jadi akun pribadi sekarang juga merangkap sebagai akun fangirling, loh. Bisa dibilang setiap hari aku repost foto/video yang berkaitan dengan BTS di Instagram Stories, sedangkan di Instagram Feeds aku ada beberapa foto halu antara aku dan biasku, yaitu Jin. Di sini aku juga mau kasih rekomendasi.

Buat kalian yang pengen fotonya di edit jadi foto halu with bias, kalian bisa kunjungi akun Instagram @haluw_ord karena hasil editannya mulus banget. Harga untuk satu foto yang di edit murah banget, yaitu 10 ribu rupiah. Aku udah bolak-balik edit foto di sana karena hasilnya emang sesuai sama yang aku mau. Aku jamin kalian pasti nggak akan menyesal, deh.

BTS itu moodbooster buat semua orang, termasuk aku. Disaat kita lagi galau, jenuh, capek, ataupun overthinking, kita bisa menghibur diri dengan cara nonton video BTS,puterin lagunya BTS, stalking BTS di sosmed, bahkan ketawa karena melihat meme lucu BTS. Yang aku tahu, BTS juga mengajarkan kita supaya senantiasa mencintai diri sendiri dan juga perjuangan dalam meraih cita-cita. Itu yang bikin aku merasa tidak salah dalam memilih public figure yang pantas untuk menjadi idola. 

Aku berharap banget suatu saat nanti aku diberi kesempatan untuk datang ke konsernya BTS kalau mereka adain konser di Jakarta, walaupun mungkin rasanya cukup mustahil karena kendalanya ada di jarak dan biaya. Tapi aku nggak terlalu berharap akan hal itu, kok, karena masih banyak cara untuk fangirling time.

Buat kalian para Army atau fandom lain yang mau mutualan sama aku, kalian bisa follow Instagram aku @vickealizaranny_ dan juga buat fans K-Pop yang juga merangkap sebagai penulis bisa follow akun Wattpad aku yang username-nya sudah aku sebutkan di atas. Tenang aja, nanti aku followback, kok. 

Baca Juga:
4 Tahun Berlalu, Throwback “Project Every Day6” dari DAY6 di Tahun 2017
Resmi Keluar dari JYP, Inilah Kegiatan Solo Masing-Masing Member GOT7 (Part 2)
Bukan Idol Biasa, 5 Idol Kpop Ini Ternyata Juga CEO Agensi Lho!

Cukup sampai di sini dulu cerita dari aku tentang diriku jadi fans BTS. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan di dalamnya karena ini untuk pertama kali aku nulis artikel untuk konten media luas seperti HeyNoona. Semoga di artikel yang akan datang tulisanku bisa lebih baik lagi. Stay healthy and stay safe, everyone! Borahae. 💜

Penulis: Vicke Alizaranny

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Bacaan Seru

Kamu SM Stan? Yuk Kenalan Sama Setiap Fandom dari Grup Asuhan SM Entertainment

Published

on

Fandom Grup SM Entertainment, heynoona.com — Kali ini, aku mau bahas mengenai nama fandom dari girlband dan boyband salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea yaitu SM Entertainment yang didirikan oleh Lee Soo Man pada 14 Februari 1989 dengan nama SM Studio. Pada Februari 1995 berubah menjadi S.M. Entertainment. Label ini merupakan rumah dari beberapa girlband dan boyband yang masih eksis hingga sekarang.

Fandom atau Fanbase merupakan kelompok penggemar yang mempunyai pengaruh sangat besar bagi idol dan artisnya. Untuk menghargai para penggemar setia, maka dipilihlah nama yang unik dan bermakna untuk fandomnya. Girlband dan boyband apa aja ya yang bersinar di bawah naungan SM Entertainment dan apa namanya fanbase atau fandom –nya?, So let’s check… 

Fandom dari Grup Asuhan SM Entertainment

1. S.E.S – Friend

Fandom Grup SM Entertainment s.e.s

Generasi pertama dari gilrband K-Pop yang sangat sukses. Aktif dari tahun 1997 hingga 2002, S.E.S beranggotakan Sea, Eugene, dan Shoo. Selama perjalanannya hingga bubar di akhir tahun 2002 mereka tidak kehilangan fanbase setia mereka yang diberi nama #Friend yang berarti teman.

2. TVXQ – Cassiopeia

Fandom Grup SM Entertainment tvxq

Tong Vfang Xien Qi adalah boygroup duo asal Korea yang terdiri dari U-Know (Yunho) dan Max (Changmin). Di Jepang mereka dikenal dengan nama Tohoshinki dan juga sering dipanggil DBSK a.k.a DongBangShinKi. Sebelumnya mereka adalah boyband yang beranggotakan 5 orang ditambah Hero (Jaejong), Micky (Yoochun) , dan Xiah (Junsu).

Memiliki lebih dari 800.000 anggota resmi, sebutan untuk fandom mereka adalah Cassiopeia yang terdaftar dalam Guinness Book Of Record sebagai Klub Penggemar Resmi Terbesar di dunia. Dibentuk pada 23 April 2006, inspirasi penamaan fandom #Cassiopeia adalah saat penulisan nama TVXQ menggunakan keyboard komputer akan membentuk rasi bintang Cassiopeia.

Arti dari rasi bintang ‘W’ ini adalah permaisuri Dewa Zeus dan merupakan bintang yang dapat terlihat dengan mata telanjang dan yang paling terang di galaksi.

3. TRAXX – Traxian 

Fandom Grup SM Entertainment traxx

Digawangi oleh Jay, Jungmo, dan DJ Ginjo, TRAXX aktif sebagai grup musik rock Korea di tahun 2004 sampai dengan 2012. Nama fanbase mereka adalah Traxian.

4. Super Junior – E.L.F 

Fandom Grup SM Entertainment seventeen

SUJU Dibentuk tahun 2005 dan dijuluki sebagai “King of Hallyu Wave” karena kontribusi penting mereka dalam Korean Wave di mancanegara.  E.L.F adalah nama dari fandom boyband yang beranggotakan Leeteuk Heechul Yesung Sungmin Shindong Eunhyuk Siwon Donghae Ryeowook Kyuhyun.

Nama E.L.F diresmikan sejak tahun 2005 yang merupakan singkatan dari ‘Everlasting Friend’. Maknanya bahwa SUJU menganggap para penggemarnya adalah teman selamanya yang akan selalu bersama apa pun yang terjadi.

5. SNSD – SONE

Fandom Grup SM Entertainment snsd

SNSD a.k.a Girls Generation merupakan girlband generasi kedua yang dibentuk tahun 2007. Fandom dari grup ini dikenal dengan nama #SONE. Dalam pengucapan bahasa korea #SONE adalah So Won yang berarti harapan. Selain itu SONE juga diucapkan sebagai So One yang berarti satu untuk selamanya.

Nama fandom ini bermakna bahwa para member SNSD dan penggemarnya adalah satu untuk selamanya dan merupakan harapan mereka untuk bisa mewujudkan impian para penggemar dengan kekuatannya.

6. SHINee – Shawol 

Fandom Grup SM Entertainment shinee

Grup yang beranggota awal 5 orang yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho, Taemin tampil perdana dalam program musik SBS Inkigayo pada 25 Mei 2008. Pelantun lagu ‘Replay’ ini menamakan fandomnya Shawol. Shawol merupakan gabungan dua kata SHINee dan World yang merupakan nama dari album dan konser pertama mereka. Shawol memiliki makna bahwa fandom tersebut adalah dunia bagi mereka.

Baca Juga:
Top 5 Cover Lagu dari Member NCT yang Banyak Ditonton Oleh Penggemar!
12 Idol Korea Pria Ini Tampil Keren Pakai Nail Art, Bisa Jadi Inspirasi Buat Kamu!
Fakta Mengejutkan Member aespa, Ternyata Ada yang Direkrut Hanya Via DM Instagram!

7. f(x) – MeU

Fandom Grup SM Entertainment f(x)

F merupakan singkatan dari Flower dan X adalah kromosom X. Kelima anggota f(x) dijuluki “Functions Girl” yang bermakna bahwa grup ini dapat berubah dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Meskipun debut sejak 1 September 2009 dan memiliki banyak fanbase, barulah tujuh tahun kemudian mereka memberikan nama resmi untuk fandom-nya yaitu MeU. Secara harfiah berarti Me and You yang bermakna cinta f(x) untuk para penggemar dan sebaliknya. 

8. EXO – EXO L

Fandom Grup SM Entertainment shinee

Saat awal debut, #EXO dibagi menjadi 2 sub unit yaitu EXO-K dan EXO-M. Hal tersebut memunculkan inspirasi #Suho, sang Leader untuk memilih nama #EXO-L sebagai nama fandom mereka. Diumumkan pada 5 Agustus 2014, huruf L diartikan Love merupakan huruf yang berada di antara K dan M.

Selain itu panggilan sayang lain untuk penggemar EXO adalah Aeri yang dalam bahasa Korea bermakna pelindung. Makna keseluruhan dari penamaan fandom EXO-LOVE adalah bahwa semua penggemarnya berada ditengah-tengah mereka dan harus mereka lindungi dan mereka cintai.

9. Red Velvet – Reveluv

Fandom Grup SM Entertainment red velvet

Reveluv adalah nama resmi fandom yang diumumkan sendiri oleh RedVelvet pada 26 April 2017 pada akun instagram mereka. Dipilih atas masukan dari penggemar dan member, Reveluv merupakan kombinasi dari kata ‘Red Velvet’ dan ‘Love’. Para member mengatakan kalau nama tersebut mewakili rasa cinta mereka kepada para penggemar dan berharap dapat saling mencintai dalam waktu yang lama.

Dalam bahasa Perancis, kata “Reve” berarti “mimpi”, memberikan makna bahwa mereka berterima kasih pada para penggemar yang telah membantu mewujudkan mimpi mereka. Semua member dan penggemar juga menggunakan panggilan sayang lain yaitu Reveluv atau Luvi.

10. NCT – NCTzen

Fandom Grup SM Entertainment nct

Berdasarkan pemilihan suara oleh penggemar, nama fandom dari boyband Neo Culture Technology a.k.a NCT adalah NCTzen yang dilafalkan dengan kata ‘Ncitizen’. Nama yang diumumkan pada 12 Juni 2017 melalui siaran langsung V Live ini diambil dari kombinasi kata NCT dan Citizen.

Makna dibalik kata NCT adalah dunia yang baru dan NCitizen adalah penduduk atau warga negara NCT. Untuk panggilan sayang kepada para penggemar mereka memilih Seasony (sijeuni) atas dasar pemikiran bahwa para fans sangat berharga seperti empat musim.

11. aespa – MY

Fandom Grup SM Entertainment aespa

Pihak agensi mengkonfirmasi bahwa nama fandom aespa akan dipanggil dengan “MY”. Nama tersebut diumumkan bertepatan dengan hari debut mereka pada 17 November 2020. Penyebutan kata “MY” dalam bahasa inggris adalah ma-i yang dimaknai sebagai my precious friend atau temanku yang berharga.

So Nootizen, apa nama fandom-mu yuk tulis di kolom komentar ya!

Penulis: Memey

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Mungkin Kamu Suka

Drama1 month ago

10 Drama dan Film Lee Min Ho yang Wajib Kamu Tonton

Drama Lee Min Ho, heynoona.com — Annyeong, sobat K-Popers! Kali ini saya membawa artikel yang bertajuk “Drama-drama keren aktor Lee...

Bacaan Seru1 month ago

Deretan Boygrup Kpop yang 3 Orang Membernya Dijuluki ‘Bermuda Triangle’ atau ‘Bermuda Line’

Bermuda Line Boygroup Kpop, heynoona.com — Di sebuah grup Kpop setiap membernya memang mempunyai peran dan posisi masing-masing seperti leader, main...

Drama1 month ago

Review Drama Vincenzo: Geumga Plaza Vs Babel Grup

Review Drama Vicenzo, heynoona.com — Kalau mendengar kata “Consigliere” kalian ingat apa, Guys ?? Corn Saladeu ??? Ddaeng!! Yaps, tidak...

Bacaan Seru1 month ago

7 Lagu KPop di KDrama yang Bikin Heboh pada Masanya

Lagu Kpop di KDrama, heynoona.com — Salah satu kelebihan dari drama Korea adalah punya Original Sound Track yang bagus-bagus dimana...

Drama1 month ago

10 Drama Serta Film Park Shin Hye yang Wajib Kamu Tonton

Drama Park Shin Hye, heynoona.com — Annyeong, sobat K-Popers! Pasti nggak asing lagi dengan aktris cantik kelahiran 18 Februari 1990...

Drama1 month ago

Drama dan Film Aktor Gong Yoo yang Wajib Kamu Tonton

Drama Gong Yoo, heynoona.com — Annyeong sobat K-Popers! Siapa, sih, yang nggak kenal dengan aktor yang membintangi drama Goblin ini?...

Drama1 month ago

7 Drakor Lama yang Bertabur Idol Buat Isi Waktu Luangmu!

Drakor Lama Idol, heynoona.com — Drakor favoritmu habis? Bosen, gak tau mau nonton apa? Atau udah kehabisan stok drakor? Tenang...

Trending

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Skip to toolbar