fbpx
Connect with us

Film/TV

4 Daftar Film Dokumenter Korea yang Harus Kamu tonton Sekarang Juga!

Published

on

Daftar Film Dokumenter Korea, heynoona.com K-Pop dan K-Drama membawa lebih banyak perhatian global ke seluruh dunia hiburan Korea. Dengan demikian, hal ini secara alami meningkatkan keingintahuan di antara penggemar global karena mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang negara yang menghasilkan beberapa fenomena global yang paling banyak terjadi saat ini. Berikut 4 film dokumenter Korea yang bisa kamu tonton sekarang untuk mengetahui lebih banyak tentang cinta dan kehidupan di Korea Selatan.

4 Daftar Film Dokumenter Korea

1. My Love, Don’t Cross That River

Daftar Film Dokumenter Korea

Kita mulai dari yang sweet dulu nih. Film dokumenter ini menayangkan tentang cerita pasangan yang sudah sepuh dan bersama selama 76 tahun. Wuah, udah lama banget! Bayangin aja, kamu sama bias kamu nikah, terus saling mencintai selama 76 tahun. Wah, romantis banget ya!  Dokumenter ini bersifat heartwarming dan kayaknya gak mungkin kita gak merasa terenyuh melihat gimana kisah mereka selama puluhan dekade itu. Film ini recommended banget deh! Film ini bisa kamu tonton di Amazon Prime video atau website lainnya.

2. Escape The Corset

1601812260-escape-the-corset.jpg

Kalau yang ini mulai agak serius dikit, Escape the corset sendiri adalah istilah yang digunakan sebagai simbol untuk melawan standar kecantikan masyarakat yang terlalu mengekang. Di era idola dengan kecantikan yang sangat wow ini, wanita “normal” dipandang rendah karena hanya menjadi diri mereka sendiri dan tanpa penyesalan. 

Dalam situasi klaustrofobik di mana seseorang merasa terjebak dalam batasan masyarakat, gerakan ” Escape the Corset” merupakan penentangan keras anti-kemapanan terhadap norma-norma masyarakat dan menggunakan rambut untuk melakukannya. Rambut wanita selalu menjadi sesuatu yang dikatakan oleh masyarakat Korea. 

Dengan demikian, memotong pendek rambut, menjadi simbol untuk melepaskan diri dari penindasan dan pemberontakan terhadap standar sosial feminim. Saksikan bagaimana para wanita ini berhasil menghilangkan standar wanita orang korea yang terlalu kejam bagi para wanita!. Tertarik dengan film yang satu ini?

Baca Juga:
Seru Banget, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Drama Comeback Kim Soo Hyun “It’s Okay To Not Be Okay”
Hal Menarik Seputar Drama Ji Chang Wook Terbaru “Backstreet Rookie” yang Tuai Kontroversi, Worth To Watch?
7 Web Drama Korea yang Diperankan oleh Idol Kpop

3. My Name is KIM Bok-dong

Daftar Film Dokumenter Korea

Kita beralih ke sejarah. Kim Bok Dong dikenal sebagai aktivis dalam isu human slavery zaman penjajahan Jepang. ‘My Name is KIM Bok Dong’ menceritakan Kim Bok Dong, yang pada tahun 1992 melaporkan dirinya pernah mengalami perbudakan seksual di bawah pemerintahan Jepang. 

Dengan kata lain, dia adalah salah satu dari ratusan “wanita penghibur” yang secara brutal dimusuhi dan disiksa secara seksual oleh Tentara Kekaisaran Jepang. Film dokumenter ini berfokus pada perjuangan Kim Bok Dong yang konsisten untuk membuat pemerintah Jepang mengambil tanggung jawab hukum atas para wanita penghibur, mengakui sifat memaksa dan secara resmi meminta maaf secara langsung kepada para korban sejak melaporkan dirinya sebagai korban pada tahun 1992.

Dia bekerja tanpa lelah untuk mendidik orang-orang dan memastikan bahwa generasi mendatang tahu tentang kebenaran mengerikan dari kengerian perang dan mencegah penghapusan perjuangan mereka. Film dokumenter ini pastinya harus kamu tonton sekarang juga. 

4. Ryeohaeng

Daftar Film Dokumenter Korea

Secara harfiah, kata Ryeohaeng  ini punya arti ‘perjalanan’. Tapi diucapkan dengan dialek Korea Utara (sementara kalo versi Korea selatan bacanya ‘yeohaeng’ saja tanpa R). Film dokumenter ini mengisahkan tentang sulitnya warga Korea utara menyeberang ke negara saudaranya, Korea selatan. Film Ryeoheng ini, menceritakan kisah pengungsi perempuan Korea Utara yang melakukan metafora mendaki gunung yang curam. 

Film dokumenter ini melambangkan perjalanan penyeberangan mereka yang berbahaya dan sangat menakutkan dari Utara ke Selatan saat mendaki gunung. Perjalanan mereka penuh dengan tantangan, kematian, dan kelangsungan hidup. Sekitar 30.000 pengungsi Korea Utara saat ini tinggal di Korea Selatan. Sebagian besar dari mereka bekerja dengan gaji rendah dan pekerjaan berbahaya serta mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru di Korea Selatan. 

Film dokumenter ini mengeksplorasi peran seni yang bermanfaat dalam rehabilitasi mereka dan perubahan situasi hubungan Korea Utara- Korea Selatan. Wah, susah banget ya perjalanannya!  Tertarik dengan film yang satu ini?

Nah, dari drama dokumenter korea diatas, mana nih yang ingin kamu tonton duluan?

Artikel ini adalah tulisan yang dikirim oleh: Ddada

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Suka

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.