in

Deretan Idol Kpop yang Debut Ulang di Grup yang Berbeda

Idol Kpop Debut, heynoona.com – Debut adalah penampilan pertama artis didepan publik atau secara resmi sudah menjadi seorang artis. Debut merupakan hal yang sangat berarti bagi idol, karena debut merupakan titik awal karir mereka sebagai artis yang berarti mereka akan resmi lepas dari masa-masa trainee.

Walaupun sudah debut, beberapa idol ini debut ulang dengan grup yang berbeda dengan berbagai alasan. Berikut deretan idol Kpop yang debut ulang di grup berbeda dengan keadaan dan konsep yang berbeda dari grup sebelumnya.

Deretan Idol Kpop Debut Ulang

1. Somin – KARD

Jeon Somin memulai karirnya pada tahun 2012 dengan debut di grup Puretty, namun grup ini bubar setelah 2 tahun. Kemudia Somin debut menjadi leader di grup APRIL pada tahun 2015, namun 3 bulan kemudian ia memutuskan untuk keluar dari grup. Akhirnya Somin menemukan musik yang cocok untuknya dan bergabung dengan KARD tahun 2016 dan resmi debut tahun 2017.

2. JB & Jinyoung – GOT7

Sebelum debut dengan GOT7, JB dan Jinyoung debut sebagai duo dengan nama JJ Project yang debut tahun 2012 dengan merilis single “Bounce”. Keduanya juga pernah membintangi drama “Dream High 2”. Tidak lama, keduanya dikabarkan akan debut ulang di GOT7 pada tahun 2014. Sejak debut dengan GOT7, duo JJ Project ini berubah menjadi sub unit.

3. Solji – EXID

Solji mengawali karirnya sebagai duo 2NB dan merilis 23 single sejak tahun 2006. Pada tahun 2008, ia merilis lagu single solo. Sejak 2015, Solji merupakan guru vokal untuk member EXID sebelum ia bergabung dan debut sebagai member EXID.

4. Mino – WINNER

Sebelum debut dengan WINNER, ternyata Mino memulai karirnya dengan debut sebagai rapper di boy group B.oM (Blooming of Our Music) tahun 2011 silam, namun grup tersebut resmi bubar tahun 2013. Tak lama kemudian Mino mengikuti audisi YG Entertainment dan berpartisipasi dalam survival show “WIN: Who Is Next”. Mino resmi debut dengan WINNER tahun 2014. Ia juga debut solo dan tergabung sebagai duo bersama dengan Bobby iKON.

5. HyunA

Image

HyunA mengawali karirnya tahun 2007 dengan debut bersama Wonder Girls sebagai rapper utama, lalu ia meninggalkan grup karena masalah kesehatan. Kemudia ia debut dengan 4Minute tahun 2009, ia juga tergabung dengan grup duo Trouble Maker bersama dengan Jang Hyunseung. Setelah 4minute resmi bubar tahun 2016, ia sempat bersolo karir. Tahun 2017, ia tergabung dengan sub unit Triple H bersama dengan Hui dan E’Dawn namun berakhir tahun 2018.

Baca juga:

Inilah Alasan Kenapa 6 Group Kpop Ini Bubar Tahun 2020

Pantang Menyerah, 5 Idol Kpop Wanita Ini Debut Setelah Lebih dari 7 Tahun Trainee

6. Jang Dae Hyeon, Kim Dong Han, Kim Yo Han, Yoo Yongha, Kim Jun Seo – WEi

WEi merupakan grup baru yang akan segera debut dibawah naungan OUI Entertainment. Beberapa waktu lalu, WEi mengumumkan lineup debut untuk boy group baru mereka yaitu, Jang Dae Hyeon, Kim Dong Han, Kim Yo Han, Yoo Yongha, Kim Jun Seo dan Kang Seok Hwa. Ternyata 5 dari 6 member WEi sudah pernah debut sebelumnya, Jan Dae Hyeon pernah debut dengan Rainz dan debut sebagai solois, Kim Dong Han pernah debut dengan jbj dan solois, Kim Yo Han pernah debut dengan X1, sedangkan Yoo Yongha dan Kim Jun Seo pernah debut dengan 1THE9.

7. Chaekyung – APRIL

Sebelum bergabung dengan APRIL, ternyata Chaekyung mengawali karirnya bergabung dengan bergabung grup Pruetty. Ia juga pernah bergabung dengan grup proyek C.I.V.A dengan konstetan lain dari Produce 101 tahun 2016 lalu dan bergabung dalam grup proyek lainnya I.B.I bersama member C.I.V.A lainnya. Akhirnya ia bergabung dengan APRIL hingga sekarang. Uniknya Chaekyung bergabung dengan ketiga grup tersebut di tahun yang sama yaitu 2016.

8. Lee Hangyul – HnD

Nama Hangyul mulai dikenal saat ia debut dengan X1. Ternyata sebelum dengan X1, Hangyul sudah debut dengan IM tahun 2017. Lalu tahun 2019 Hangyul debut bersama X1, namun grup tersebut bubar. Tahun 2020 Hangyul kembali debut sebagai duo dengan Dohyon. Beberapa bulan lalu dikabarkan Hangyul akan debut ulang dengan grup baru MBK.

9. JiU, SuA, Siyeon, Yoohyeon, dan Dami – DreamCatcher

Sebelum debut dengan nama DreamCatcher, member Jiyoo, Sua, Siyeon, Yoohyeon, dan Dami debut sebagai MINX pada tahun 2014 silam. Lima member tersebut resmi debut ulang bersama dua member baru yaitu Handong dan Gahyeon dengan nama Dreamcatcher tahun 2017.

10. Baekhyun, Kai, Taemin, Taeyong, Mark, Ten, dan Lucas – SuperM

SuperM merupakan boy grup dengan konsep tak biasa di bawah naungan SM Entertainment. Grup ini terdiri dari 4 grup berbeda yang memiliki 7 member. Konsep ini sudah pasti belum pernah ada, grup ini bukanlah grup project ataupun kolaborasi, namun mereka debut dan promosi sebagai grup. SuperM terdiri dari 7 member, yaitu Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT, serta Ten dan Lucas WayV. Baru-baru ini SM mengumumkan SuperM akan merilis album fisik pertama mereka, sebelumnya SuperM sudah sukses menggelar konser di beberapa negara.

Baca juga:

Ingin Tampil Cantik Seperti Member Red Velvet? Kamu Bisa Pakai Produk Make-up Ini

Deretan 8 Idol Kpop yang Punya Saudara Kembar

19 Idol Kpop Tampil Menyegarkan dengan Rambut Hijau

Nah, itu dia deretan idol Kpop yang debut ulang di grup yang berbeda. Gimana menurut kamu?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0