fbpx
Connect with us

Drama

Belajar Parenting lewat Drama Sky Castle, Kenapa Nggak?

Published

on

Parenting Drama Sky Castle, heynoona.com — Oke Guys, kali ini MiNa bakal nge-review drama Sky Castle. Yaps, bener banget, ini merupakan drama yang bercerita tentang kehidupan keluarga elit. Awalnya, ada temen MiNa yang merekomendasikan drama ini, tapi waktu itu MiNa belom tertarik karena yang ada dipikran MiNa kata castle di dalam drama ini mungkin bercerita tentang dinasti-dinasti atau kerajaan gitu wkwkw. Ternyata oh ternyata dugaan MiNa SALAH BESAR. 

Kemudian, MiNa mulai penasaran kan sama drama ini karena menjadi banyak perbincangan dan sering seliweran di explore Instagram MiNa, akhirnya MiNa mulai kepo terus search tuh “Pemain Sky Castle” di Google dan ternyata ada Kim Dong Hee, aktor yang MiNa kenal melalui dramanya yang terkenal yaitu Itaewon Class dan Extracurricular. Tanpa pikir panjang lagi akhirnya MiNa memutuskan untuk menonton drama Sky Castle yang berjumlah 20 episode. 

Selama menonton drama ini, baru MiNa sadari meskipun tidak banyak pemain yang MiNa kenal, tapi, drama ini dipenuhi wajah-wajah yang menawan, baik yang masih usia muda maupun yang sudah jadi ahjumma ahjussi wkwkw, jadi bikin betah nonton. Selain itu, pengambilan gambar, latar tempat, alur cerita, permainan karakter, dsb, menurut MiNa bagus-bagus semua, makanya tidak aneh lagi kalau drama ini mendapat rating tinggi juga di setiap episodenya. 

Sky Castle mengangkat tema tentang kehidupan keluarga elit yang berlomba untuk dapat memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, salah satunya yaitu agar bisa masuk ke universitas terbaik dan terkemuka di Korea Selatan, Universitas Negeri Seoul. Setiap orang tua melakukan segala cara yang terbaik menurutnya agar anak-anak mereka mendapat pendidikan yang terbaik. Selain persaingan tentang pendidikan atau prestasi anak, drama ini juga bercerita tentang persaingan profesi hingga asal-usul keluarga, yang akhirnya 3 hal tersebut menjadikan konflik dalam drama ini semakin menarik. 

Drama ini, berfokus pada keluarga elit yang tinggal di lingkungan elit namanya Sky Castle. Tiap keluarga dalam drama ini memiliki cara masing-masing dalam mengurus keluarga dan mendidik anak mereka. Kenalan yuk, sama keluarga elit dan pemain Sky Castle lainnya!

Parenting Di Drama Sky Castle

1. Keluarga Kang Joon Sang 

Kang Joon Sang (Jung Joon-ho) merupakan seorang suami dari Han Seo Jin (Yum Jung-ah) dan seorang ayah dari Kang Yeo Seo (Kim Hye-yoon) dan Kang Ye Bin (Lee Ji Won). Kang Joon Sang berprofesi sebagai seorang dokter ortopedi yang sukses, hal tersebut karena latar belakang keluarga Dr. Kang yang merupakan keturunan keluarga dokter dan istrinya, Han Seo Jin, dalam kehidupannya setelah menikah terlihat memiliki kisah hidup yang sangat sempurna dan mengesankan serta dianggap pasangan yang sempurna bagi Dr. Kang karena latar belakang Seo Jin yang sekolah di luar negeri serta terlahir dari keluarga yang kaya. Namun, siapa sangka, Seo Jin memiliki rahasia besar di balik itu semua, hingga tidak mau rahasia tersebut di ketahui oleh kedua putrinya. 

Kang Yeo Seo dan Kang Ye Bin merupakan kakak adik yang memiliki sifat dan kepribadian yang sangat berbeda. Yeo Seo dianggap anak yang pintar pandai bahkan kerap menjadi juara di kelasnya maupun mendapat nilai tertinggi di kelasnya. Sedangkan, Ye Bin suka dibanding-bandingkan dengan kakanya, Yeo Seo. Beda banget deh, karakter Yeo Seo dan Ye Bin di sini.

Dr. Kang berasal dari keturunan keluarga dokter dan memiliki putri Yeo Seo yag memiliki segudang prestasi, hal ini menjadi umpan baik bagi ibunya untuk dapat menyekolahkan Yeo Seo hingga masuk jurusan kedokteran di Universitas terbaik di Korea. Hal ini dilakukan Seo Jin semata-mata karena ia ingin mendapat pengakuan dari sang mertua, bahwa ia akan mewujudkan mimpinya untuk dapat meneruskan generasi dokter di keluarganya.

Oleh karena itu, dia melakukan segala cara agar Yeo Seo bisa masuk kuliah jurusan Kedokteran di Universitas terbaik di Korea. Berbeda pandangan dengan sang suami, Dr. Kang justru cuek terhadap pendidikan anak mereka, karena Dr. Kang menginginkan anak-anak mereka dapat belajar dengan santai tanpa harus ada tekanan. 

Salah satu usaha yang dilakukan Seo Jin untuk dapat meloloskan putri kesayangannya, Yeo Seo, menjadi seorang dokter yaitu berani membayar harga berapapun untuk pelatih yang melatih Yeo Seo. Meskipun sempat ada pertentangan mengenai tutor tersebut, namun, Seo Jin tetap tidak memedulikan saran dari orang-orang terdekatnya, hingga akhirnya dia menyesal belakangan. 

2. Keluarga Professor Cha

Parenting Drama Sky Castle

Gelar Professor yang dimiliki Cha Min Yuk (Kim Byung-chul) menjadikan dirinya sebagai ayah yang begitu berambisi untuk dapat menjadikan anak-anaknya bisa seperti dirinya. Mengingat, latar belakang keluarga Prof Min Yuk berasal dari keluarga yang tidak berada, namun berkat kegigihannya dalam belajar dapat menjadikan dia meraih gelar Professor sehingga dia sangat disegani dan dihormati di kalangan keluarga Sky Castle.

Prof Cha merupakan dosen hukum serta menjadi ketua sebuah klub baca yang anggotanya dari lingkungan Sky Castle dan orang-orang terpilih saja. Klub baca ini di ikuti dari anak-anak hingga orang tua. Pendapat-pendapat yang dimiliki Prof Cha Min Yuk bisa dibilang selalu dibutuhkan dan dianggap penting bagi beberapa orang tua. Namun, tidak bagi anggota anak-anak, yang justru merasa bahwa klub baca tersebut terlalu memaksakan kemampuan anak. 

Baca Juga:
Bosen Nonton Drama Romantis? 6 Drama Korea Tema Hukum Ini Wajib Kamu Tonton!
Seru Banget, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Drama Comeback Kim Soo Hyun “It’s Okay To Not Be Okay”
Tipe-Tipe Penonton Drakor, Kamu Tim yang Mana?

Oh iya, sebenarnya Prof Cha ini memiliki cita-cita bisa menjadi presiden yaa, tapi ternyata gagal. Nah, karena gagal menjadi presiden, Prof Cha berharap agar anak-anaknya bisa menggantikan menggapai mimpinya yang gagal, oleh karena itu, dia mendidik anak-anaknya dengan begitu keras dengan harapan bisa menjadikan anak-anaknya sesuai dengan harapannya. Padahal, secara batin anak-anaknya merasa tertekan.

Bahkan, Prof Cha memaksakan anak-anaknya untuk belajar sesuai dengan cara atau gayanya. Hal paling ikonik dari cara mendidik Prof Min Yuk yaitu mengajarkan anak-anaknya tentang filosofi piramida, yang berarti anak-anak nya harus dapat mencapai puncak atau titik tertinggi di piramida tersebut. Bahkan, dia sampai beli besi piramida yang buesar banget, biar anak-anak selalu ingat untuk dapat mencapai titik tertinggi di piramida, kocak banget sih ini wkwkw.

Meskipun kelakuan sang suami begitu berlebihan dalam mendidik anak, namun, istrinya, No Seung Hye (Yoon Se-ah)  tidak bisa melakukan banyak hal untuk sang anak, demi menjaga martabat sang suami (duh, istri idaman banget gasih wkwkw) sampai pada akhirnya Seung Hye merasa muak dengan cara mendidik sang suami terhadap anak-anaknya dan dia berencana untuk memberi pelajaran kepada sang suami karena merasa kasihan kepada anak-anaknya serta ingin memberi kenyamanan dan kebebasan pada sang anak agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai kemampuannya. 

Cha Min Yuk dan Noo Seung Hye memiliki 1 anak perempuan, Cha Se Ri (Park Yoo-na) dan 2 anak laki-laki kembar yaitu Cha Ki Joon (Jong Byung-gyu) dan Cha Sseo Joon (Kim Dong Hee). Cha Se Ri, anak perempuan yang selalu dibangga-banggakan Cha Min Yuk karena masuk sekolah Harvard. Namun, siapa sangka, hal tersebut justru membuat Cha Min Yuk malu dan marah besar. Sedangkan si kembar, selalu dibanding-bandingkan oleh ayahnya dengan Yeo Seo. Karena Se Ri tinggal di LN, maka si kembar ini sering banget mendapat didikan ayahnya, huhuhu kasihan banget ya si kembar, peluk sayang buat si kembar. EH WKWKWK. 

3. Keluarga Woo Yang Wo

Parenting Drama Sky Castle

Nah, kalau keluarga ini menurut MiNa, keluarga yang hidup biasa aja gitu. Tidak terlalu menonjolkan harta, tahta, dan cinta, eaaa wkkww. Tapi, jujur, keluarga ini tu gokil seru. Komedi dalam drama ini tu bisa dirasakan lewat keluarga ini. 

Gambaran keluarga kecil dan sederhana  dalam drama ini digambarkan melalui keluarga Woo Yang Wo (Jo Jae-yoon) dan istrinya, Jin Jin-hee (Oh Na-ra) yang memiliki satu orang anak Woo Soo Han (Lee Yoo Jin).

Untuk urusan mendidik anak, dalam keluarga ini yang terlalu menonjol adalah sang istri, karena sang suami sibuk mencari muka atau perhatian Dr. Kang, dengan tujuan siapa tau nanti dia dapat naik jabatan wkwkw, mengingat Yang Wo merupakan bawahan Dr. Kang di rumah sakit tempat mereka bekerja. 

Jin Jin mengetahui batas kemampuan anaknya di bidang akademi, untuk itu dia selalu berusaha menyuruh anaknya untuk dapat belajar keras serta mencoba meniru gaya mendidik Seo Jin terhadap anak-anaknya. Di satu titik, sang anak merasa lelah dan mengungkapkan perasaannya bagaimana beratnya dia menjalani kehidupan yang dipenuhi dengan tekanan untuk belajar belajar dan belajar. Akhirnya, membuat hati sang ibu luluh dan mencoba untuk mengerti perasaan sang anak. Sang suami pun juga setuju dengan pilihan yang dibuat sang istri, untuk tidak terlalu memaksakan sang anak dalam belajar, yang penting anak mereka dapat tumbuh menjadi anak baik dan keluarga mereka dapat menjadi keluarga yang bahagia. 

4. Keluarga Hwang Chi Young

Parenting Drama Sky Castle

Guys, keluarga ini tuh keluarga cemara banget, wkwkw. Kalian setuju ga ?? Keluarga ini merupakan anggota baru Sky Castle karena Hwang Chi Young (Choi Won-young) pindah tempat kerja. Hwang Chi Young dikenal sebagai dokter ahli syaraf terbaik dan terkenal menjujung tinggi rasa kemanusiaan. Seperti gamabaran keluarga ini pada awal kalimat, yaps, Dr. Hwang memiliki idealisme bahwa dokter ada untuk menyembuhkan dan menyelamatkan pasien. Prinsip dan nilai baik yang ia miliki akhirnya membawa nasib baik juga di profesinya. 

Dr. Hwang memiliki istri seorang penulis yaitu Lee Soo-im (Lee Tae-ran), meskipun dia bukan istri pertama dan bukan ibu kandung dari sang anak, Hwang Woo Joo (Kang Chan-hee), dia tetap menyayangi Woo Joo seperti bagaimana kasih sayang seorang ibu kepada anak. 

Meskipun sudah berada di lingkungan Sky Castle, sebagai orang tua mereka tidak mengikuti atau terpengaruh orang-tua lainnya yang berusaha mencarikan tutor terbaik untuk pendidikan anak-anak mereka, melainkan mereka mengasuh dan mendidik anak dengan cara memberi kebebasan kepada sang anak untuk belajar sesuai kemampuannya. Meskipun Woo Joo tidak pernah les, tetapi dia merupakan murid yang pintar dan anak yang penuh sopan santun. Hal ini, juga membuat para ibu merasa kagum kepada Soo-im dan Dr. Hwang dalam membesarkan anak atau mendidik anak.

Karena merasa ada yang aneh di lingkungan Sky Castle, Soo-im berusaha untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi sebenarnya. Meskipun sempat ditentang oleh anggota keluarga Sky Castle yang lain karena takut dianggap mencoreng nama Sky Castle, namun, Soo-im tetap menjalankan pekerjaannya hingga akhir dengan baik, karena permasalahan yang ada telah membuat anaknya yang tidak bersalah harus masuk penjara.

Setelah mendapat jawaban dari permasalahan yang ada di Sky Castle, Woo Joo dan kedua orangtuanya merasa bahwa kebanyakan orang tua yang ada di lingkungan Sky Castle terlalu memaksakan anak-anaknya belajar hanya untuk keegoisan orang tua dan hal tersebut membuat Woo Joo ingin beristirahat sejenak dari permasalahan yang menurutnya cukup rumit itu dengan meminta ijin kepada kedua orangtuanya untuk berhenti sekolah selama 1 tahun dan untuk waktu selama itu akan ia gunakan untuk belajar hal-hal baru yang kemungkinan tidak ia dapatkan di sekolah.

Kedua orangtua Woo Joo pun tidak keberatan dan membiarkan anaknya memilih jalannya sendiri tanpa harus memaksakan keinginan orang tua yang seharusnya waktu itu sudah bisa di isi dengan kuliah. Aduh, aseli deh, Woo Joo disini ganteng bangettttttt! Kedua orangtuanya juga so sweet banget wkwkw. 

Untuk cerita lengkapnya, Chingu bisa langsung nonton drama Sky Castle yaa. Dijamin, kalian bakal jatuh hati sama wajah-wajah rupawan dari anak-anak keluarga elit ini wkwkw. 

Dalam drama ini, ada nilai-nilai parenting dari tiap keluarga yang bisa kita pelajari. Nilai-nilai parenting yang MiNa dapat dari drama ini yaitu:

  • Setiap orangtua pasti berusaha menginginkan yang terbaik buat anaknya, namun, perlu di ingat, apa yang terbaik menurut orang tua mungkin tidak bagi anak. 
  • Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama. Oleh karena itu, cara mengajar atau mendidik anak dalam belajar tidak bisa disamaratakan. 
  • Jangan melimpahkan kesalahan atau kegagalan masa lalu orang tua kepada anak.
  • Orangtua harus punya pemikiran terbuka yaa, bahwa belajar tidak hanya duduk diam di kelas saja, tetapi belajar bisa di dapat dari mana saja. Seperti hal nya yang dilakukan Woo Joo. 
  • Pekerjaan orangtua memang penting untuk menopang kehidupan keluarga, tapi, jangan sampai melupakan kewajiban orang tua yang lain yaitu memberi kasih sayang dan perhatian kepada sang anak.

Ya, walaupun MiNa sendiri belum menikah, tapi lewat drama ini kita bisa belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik anak-anak dan keluarga ya ibarat kata sedia payung sebelum hujan ya, Bun wkwkw. Oh iya, nilai parenting lain apa yang kalian dapatkan dari drama Sky Castle ini ?? 

Baca Juga:
11 Cameo Kdrama yang Paling Tak Terlupakan, Mana Favorit Kamu?
Banyak yang Nggak Tahu, Ini Dia Aktor Kdrama yang Hampir Debut Jadi Idol Kpop!
18 Idol Kpop yang Paling Dinanti Bermain Drama, Ada Bias Kamu?

Drama lain yang mengandung nilai-nilai parenting yang bagus dan rekomen untuk di tonton apa Chingu ?? Share yuk, biar dapat sama-sama belajar membangun rumah tangga yang baik sama Oppa Kim Dong Hee. LOH LOH 😛

Penulis: MiNa

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Suka

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.