fbpx
Connect with us

Drama

Reply 1988: Drama Kekeluargaan, Persahabatan dan Percintaan yang Manis

Published

on

Review Drama Reply 1988
Cr: @reply_tvN

Review Drama Reply 1988, heynoona.com — Drama Reply 1988 sebenarnya udah tayang pada tahun 2015 tapi aku baru nonton kemarin karena lagi liburan semester dan gabut juga. Awalnya banyak yang merekomendasikan drama ini untuk di tonton, awalnya aku sempet ragu karena dari judulnya aja udah kisah jaman dulu, takut nanti ngebosenin, atau terlalu soft karena aku gak terlalu suka genre yang romance banget.

Akhirnya karena aku penasaran juga aku tonton dan ya ini drama terbaik menurutku, aku kasih nilai untuk drama ini 9.5/10 karena bener-bener relate dengan kehidupan kita sehari-hari. Genre drama ini tentang kekeluargaan dan ada sedikit komedi jadi ringan untuk di tonton, bisa di tonton bareng keluarga ataupun temen dan dari drama ini banyak pesan atau hikmah yang dapat kita ambil, dan untuk detailnya aku bakal ceritain gambarannya isi drama ini.

Sebelum masuk ke cerita aku bakal ngenalin 5 tokoh utama yang pertama yaitu Lee Hyeri member Girls Day berperan sebagai Sun Deoksun, Park Bogum berperan sebagai Choi Taek, Ryu Jun Yeol berperan sebagai Kim Jung Hwan (biasanya dipanggil Jung Pal), Go Kyung Po berperan sebagai Sunwoo, Lee Dong Hwi berperan sebagai Dong Ryong. 

Review Drama Reply 1988

Review Drama Reply 1988

Langsung saja ke ceritanya ya, jadi ada lingkungan tempat tinggal namanya Ssangmundong terdapat 5 sahabat, mereka memang dari kecil sudah jadi sahabat dan persahabatan mereka sampai dewasa pun masih terus terjalin, nama geng mereka adalah geng Ssangmundong yang terdiri dari (kalau di gambar dari kiri ke kanan) yaitu anggota pertama yaitu Dong Ryong anak bungsu dari 2 bersaudara, Dong Ryong merupakan anak dari dekan sekolahnya dan ibunya adalah kepala keuangan.

Dong Ryong tidak mneyukai belajar lebih senang untuk bermain bersama sahabatnya. Dong Ryong merupakan anak kurang kasih sayang orang tua, setiap hari Dong Ryong hanya dibuatkan bekal kari, sebenarnya Dong Ryong sangat menyukai sup rumput laut buatan ibunya, tapi ibunya sangat sibuk terhadap pekerjaannya dia hanya ingin perhatian orang tuanya terutama ibunya.

Dia pernah mencoba untuk kabur dari rumah tetapi berakhir gagal dan dimarahi oleh keempat sahabatnya. Suatu ketika dia diajak naik motor oleh temannya dan berakhir di kantor polisi karena Dong Ryong dan temannya belum mempunyai SIM, karena kejadian itulah sedikit demi sedikit ibunya mulai perhatian dengan anaknya dan untuk pertama kalinya Dong Ryong bisa sarapan sup rumput laut buatan ibunya.

Anggota kedua Choi Taek si raja baduk (catur Korea) yang memenangkan banyak kejuaraan baik nasional maupun internasional. Ibunya Choi Taek udah meninggal sewaktu dia kecil, dan dia sama ayahnya pindah ke Ssangmundong untuk membuka lembaran baru, dan  bertemulah dengan empat kawan tersebut.

Sifat Choi Taek sangat polos dan lebih pendiam maka ke empat sahabatnya selalu menjaganya agar tidak terkontaminasi hal-hal buruk. Mereka selalu berkumpul di rumah Choi Taek, entah itu karena numpang makan, nonton film, atau hanya mendengarkan radio maka nggak heran kalau rumah Choi Taek dijadikan basecamp.

Keempat sahabatnya selalu mendukung Choi Taek setiap ada pertandingan, pada suatu saat Choi Taek kalah dalam pertandingan, keempat sahabatnya langsung kerumah Choi Taek untuk menghibur agar tidak sedih. Tapi disisi lain Choi Taek diam-diam menyukai Deoksun, sahabatnya pun mengetahui (kecuali Deoksun) dan kaget jika Choi Taek yang polos bisa jatuh cinta terhadap cewek pecicilan itu.

Baca Juga:
7 Drama Korea Musikal yang Seru Buat Kamu Tonton
Bosen Nonton Drama Romantis? 6 Drama Korea Tema Hukum Ini Wajib Kamu Tonton!
Bikin Meleleh, Intip Romantisnya SuperM Berakting di Mini Drama tvN “As We Wish”

Anggota ketiga yaitu Sun Deoksun cewek bar-bar, pecicilan dan tomboy, Deoksun satu-satunya perempuan di dalam geng Ssangmundong dan anak kedua dari tiga bersaudara yang selalu bertengkar dengan Bora (kakak Deoksun yang terkenal galak). Dalam geng Ssangmundong Deoksun yang suka teriak-teriak, malu-maluin,  kayak preman, malas belajar, setiap kali belajar pasti ketiduran.

Tapi dibalik sosok DeokSun yang pecicilan itu Deoksun selalu mengalah kepada dua saudaranya, orang tuanya hanya membanggakan Bora (kakak Deoksun) dan memanjakan Noeul (adik Deoksun) hal itu terbukti pada waktu sarapan dan hanya terdapat 2 telur lalu Deoksun mengalah biar kakak dan adiknya yang makan, tak hanya itu perayaan ulang tahun Deoksun selalu dirayakan bersama Bora karena berada pada bulan yang sama hanya beda tiga hari saja, dan Noeul yang selalu dibelikan es krim piala dunia setelah ayahnya pulang kerja, seakan-akan Deoksun dilupakan sebagai anak kedua.

Dan pada puncaknya Deoksun meluapkan segala isi hatinya yang dia pendam selama ini (waktu adegan ini aku juga ikut nangis) akhirnya orang tuanya pun tau kalau selama ini anak keduanya memendam semua ini dan terus mengalah, setelah Deoksun mengungkapkan isi hatinya tersebut akhirnya orang tuanya memperlakukan sama dengan yang lain.

Anggota keempat yaitu Kim Jung Hwan tapi sabahatnya manggilnya Jung Pal, Jung Pal terlahir dari keluarga berada. Jung Pal itu tipe-tipe cowok yang diam-diam perhatian atau cowok tsundere. Misalnya waktu berangkat ke sekolah Jung Pal dan Deoksun naik bus bareng, tapi karena penuh Deoksun jadi kedorong-dorong orang lain, lalu Jung Pal diam-diam berdiri dibelakang Deoksun untuk menjaganya supaya Deoksun nggak kedorong orang lain, Jung Pal juga diam-diam menyukai Deoksun (wah cinta segitiga nih).

Bukti diam-diam perhatian Jung Pal lainnya ketika ibunya ditanya huruf alfabet di passport, karena ibunya hanya lulusan SD jadi tidak bisa membaca huruf alfabet, diam-diam Jung Pal menulis di passport ibunya dengan ejaan Korea supaya ibunya bisa membaca. Jung Pal juga murid yang rajin tak heran jika dia bisa mendapatkan peringkat 2

Dan anggota yang terakhir yaitu Sunwoo, Sunwoo adalah anak sulung dari dua bersaudara, dia mempunyai adik perempuan yang masih kecil, tetapi ayah Sunwoo sudah meninggal, maka dari itu hanya dia yang bisa melindungi ibu dan adik kecilnya. Sunwoo adalah tipe anak yang berbakti kepada orang tua dan sangat menyayangi adik kecilnya itu. Bukti berbaktinya kepada orang tua yaitu setiap hari sunwoo selalu menghabiskan bekal yang dibuatkan oleh ibunya walaupun rasa bekalnya setiap hari rasanya asin. Sunwoo juga murid yang pintar dia juara kelas dan dia menjadi ketua OSIS. Sunwoo diam-diam menyukai Bora yang terkenal galak di Ssangmundong (kakak Deoksun).

Review Drama Reply 1988
(inilah potret mereka kalau lagi kumpul bareng) cr: @reply_tvN

Terdapat beberapa hikmah yang dapat aku simpulkan dari aku menonton drama reply 1988

Rukun dengan tetangga dan saling membantu satu sama lain

Mereka semua tetangga rasa keluarga, apabila salah satu dari mereka sedang mengalami kesusahan akan saling membantu atau saling mendukung, jika salah satu dari mereka mempunyai makanan atau apapun yang lebih juga mereka akan berbagi satu sama lain. Misalnya seperti ibu Jung Pal yang mengajak para ibu-ibu lainnya untuk perawatan di rumahnya.

Persahabatan

Persahabatan mereka selalu ada dalam suka maupun duka dan walaupun terdapat cinta segitiga diantara mereka, mereka pun tidak saling membenci atau saling menjatuhkan hanya gara-gara cinta, malahan mereka saling support satu dengan yang lain, dan persahabatan mereka masih terjalin sampai dewasa dimana mereka sudah sukses dan sudah menggapai cita-cita masing-masing.

Baca Juga:
Raih Popularitas dan Rating Tinggi, Ini Dia Deretan Drama Korea yang Episodenya Diperpanjang, Kamu Sudah Nonton Belum?
11 Cameo Kdrama yang Paling Tak Terlupakan, Mana Favorit Kamu?
Banyak yang Nggak Tahu, Ini Dia Aktor Kdrama yang Hampir Debut Jadi Idol Kpop!

Artikel ini adalah tulisan yang dikirim oleh Esna.

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Suka

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.