fbpx
Annyeong!
  • All
    • Acara
    • Artikel Spesial
    • Bacaan Seru
    • Fandom
    • Film/TV
    • KDrama
    • Kpop
    • Lirik
    • PUAS
    • Racun Korea
    • Review Drama
    • Video

Fakta Menarik The Glory, heynoona.com — Siapa yang saat ini tidak tahu serial ‘The Glory’? Drama yang bisa disaksikan di platform Netflix ini ditulis oleh penulis naskah kenamaan, Kim Eun Sook. Penulis ini telah melahirkan banyak karya populer, seperti ‘The Heirs’, ‘Descendants of The Sun’, ‘Goblin’, ‘Mr. Sunshine’, sampai ‘The King: Eternal Monarch’.

Tidak hanya itu saja, ‘The Glory’ juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris populer yang namanya sudah cukup terkenal di Korea, seperti Song Hye Kyo, Lee Do Hyun, Lim Ji Yeon, Park Sung  Hoon, Yeom Hye Ran, dan Jung Sung Il.

Drama ini juga menjadi kedua kalinya penulis Kim Eun Sook bekerja sama dengan aktris Song Hye Kyo, lho! Keduanya pertama kali bertemu dalam drama ‘Descendants of The Sun’ di tahun 2015 lalu. Lewat pertemuan kedua mereka kali ini, drama ‘The Glory’ berhasil meraih kesuksesan besar.

Drama ‘The Glory’ sendiri terdiri dari dua part. Part pertama dirilis pada 30 Desember 2022 lalu dengan 8 episode. Part ke dua tayang pada 10 Maret dengan 8 episode (episode 9-16). Dengan ending yang memuaskan, ‘The Glory’ berhasil menjadi drama favorit penontonnya.

Dan berikut ini adalah tujuh  fakta menarik ‘The Glory’ yang ada di balik kesuksesan drama ini!

Fakta Menarik Drama ‘The Glory’

1. ‘The Glory’ Terinspirasi dari Anak Kim Eun Sook

Fakta Menarik The Glory

Kim Eun Sook memang sudah dikenal sebagai penulis naskah yang menghasilkan drama-drama populer dan menjadi kesayangan penonton. Beberapa bahkan memuji ide-ide cerita Kim Eun Sook yang seru untuk dinikmati.

Namun, siapa sangka kalau drama ‘The Glory’ ini dibuat oleh Kim Eun Sook karena terinspirasi dari pertanyaan sang anak?

Dalam sesi konferensi pers, penulis naskah Kim Eun Sook mengungkapkan bahwa ia memiliki anak perempuan yang akan masuk ke kelas 2 SMA. Kasus bullying yang terjadi di sekolah menjadi salah satu topik yang menyentuh hatinya.

Suatu hari, sang anak datang padanya dengan pertanyaan, “Apakah Ibu akan lebih terluka/sedih jika aku memukuli orang sampai mati, atau aku dipukuli sampai mati?”. Lewat pertanyaan anaknya tersebut, Kim Eun Sook langsung memiliki banyak ide, sehingga ia langsung menyalakan komputernya dan mulai menggarap naskah ‘The Glory’ sambil terus mencari jawaban dari pertanyaan anaknya tersebut.

Baca juga: 7 Drama Ini Pernah Dibintangi Oleh Wi Ha Joon, Sudah Nonton Semua?

Jadi Cameo di Drama Taxi Driver 2, Ini 9 Drama yang Pernah Dibintangi Oleh Namgoong Min

2. Beberapa Aksi Perundungan Merupakan Kisah Nyata

Fakta Menarik The Glory

Drama ‘The Glory’ memang mengambil tema bullying di sekolah yang nyatanya sangat umum terjadi di sekolah-sekolah di Korea. Di dalam drama tersebut juga ditayangkan bagaimana Park Yeon Jin muda (Shin Ye Eun) melakukan perundungan terhadap Moon Dong Eun muda (Jung Ji So). Perundungan ini melibatkan kekerasan fisik yang cukup parah, seperti membakar lengan Moon Dong Eun dengan catokan panas.

Ternyata, kasus bullying membakar lengan dengan catokan ini merupakan kisah nyata lho, Nootizen! Setelah part 1 dari drama ini tayang, seorang korban bully yang pernah merasakan siksaan tersebut datang ke sebuah acara di Korea. Saat datang ke acara tersebut, ia sudah menginjak usia 31 tahun, tetapi ia masih ingat dengan jelas bagaimana para perundungnya melakukan kekerasan.

Kasus ini terjadi saat korban masih duduk di bangku SMP, tepatnya pada tahun 2006 dan berlokasi di SMP Khusus Perempuan Jungang, Cheongju. Korban menceritakan bahwa ia mengalami perundungan karena saat itu tubuhnya lebih kecil dibanding teman-teman sebayanya. Awalnya pelaku bullying akan meminta uang kepada korban, dan jika korban tidak mau memberi uang, pelaku mengancam akan menyakiti adik laki-laki korban dan membakar lengan korban dengan catokan selama lima menit. Bahkan bekas terbakar itu masih terlihat meski sudah 20 tahun berlalu.

Sama halnya dengan di drama, kasus perundungan ini mulai mendapat perhatian guru ketika korban dan pelaku sedang melaksanakan wisuda, di mana luka melepuh bekas catokan itu terlihat menembus di baju korban. Guru korban melihat adanya darah dan cairan yang muncul di baju korban, dan korban segera mendapatkan perawatan dari guru tersebut.

Baca juga: Review Drama Korea The Glory Bagian 2: Tarian di Atas Pedang yang Memukau!

Punya Julukan People-Saving Actor, Ini 9 Drama yang Dibintangi Oleh Lee Do Hyun

3. ‘The Glory’ Menjadi Debut Drama Thriller Song Hye Kyo

Fakta Menarik The Glory

Song Hye Kyo menjadi salah satu aktris Korea Selatan yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia seni peran Korea. Sudah banyak drama-drama dari aktris kelahiran tahun 1981 yang sangat populer dan dikenal oleh para pecinta drama Korea. Kemampuan aktingnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, sejak memulai debut aktingnya, Song Hye Kyo biasanya hanya berperan dalam drama ber-genre komedi romatis atau melodrama. Dan drama ‘The Glory’ ini menjadi drama genre thriller pertamanya. Seolah keluar dari zona nyaman, Song Hye Kyo mengaku bahwa karakter Moon Dong Eun merupakan karakter yang sudah lama ia ingin coba perankan, ia juga mengatakan bahwa begitu membaca naskahnya, ia tahu inilah yang ia cari-cari selama ini.

Meskipun ia baru “debut” dalam drama thriller, tetapi Song Hye Kyo berhasil membuktikan kualitas aktingnya yang sangat memukau dengan membawakan peran Moon Dong Eun dewasa dengan sangat baik dan totalitas. Setuju nggak nih, Nootizen?

Baca juga: Review Drama Korea Missing: The Other Side 2, Memecahkan Misteri Kematian Para Arwah Orang Hilang

5 Perbedaan Weak Hero Class Versi Webtoon dan Drama, Lebih Suka Mana?

4. Semua Cast Drama Tampil Totalitas

Kepopuleran dan kesuksesan drama ‘The Glory’ tidak hanya karena dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama saja, tetapi para aktor dan aktris tersebut juga membawakan peran masing-masing dengan sangat totalitas.

Untuk mendalami perannya sebagai Moon Dong Eun yang merupakan korban bullying, aktris Song Hye Kyo mengaku sampai melakukan diet ketat agar berat badannya turun drastis dan tubuhnya terlihat sangat kurus. Dalam drama tersebut, ada adegan Moon Dong Eun menunjukkan tubuhnya yang dipenuhi dengan luka bakar bekas catokan, dan Kim Eun Sook selaku penulis meminta tolong Song Hye Kyo untuk menurunkan berat badan jika tidak keberatan. Kemudian, Song Hye Kyo pun mengatakan untuk memberinya waktu dua bulan agar ia bisa menurunkan berat badannya.

Selain Song Hye Kyo sebagai pemain utama yang sangat totalitas, pemain lainnya juga tak kalah totalitas dalam berakting nih, Nootizen. Salah satunya adalah Kim Hieora sebagai Lee Sa Ra, yaitu teman dari Park Yeon Jin yang merupakan seorang pecandu narkoba. Dalam drama tersebut, Lee Sa Ra suka merokok dan merokok ganja. Kim Hieora sebenarnya bukanlah seorang perokok, jadi untuk mendalami perannya, ia pun belajar merokok dari managernya! Ia mengatakan bahwa setelah selesai syuting merokok ganja, ia merasa lelah karena rasa tembakau yang sangat pahit. Meskipun begitu, Kim Hieora tetap memerankan karakter Lee Sa Ra dengan sangat baik, ya!

Kemudian, ada juga Cha Joo Young yang berperan sebagai Choi Hye Jeong yang sempat membuat kaget para penonton dengan ‘keberaniannya’ dalam ‘The Glory’ Part. 2. Dalam drama tersebut, Choi Hye Jeong merupakan teman dari Park Yeon Jin yang suka sekali berkata kasar. Agar ia bisa lebih total dalam memerankan karakter Choi Hye Jeong, aktris yang satu ini bahkan memiliki list kata-kata sumpah serapah yang sering orang-orang gunakan di notes handphone-nya. Kemudian, ia akan mencoba mengeskpresikan marah-marah dengan mengeluarkan kata kasar tersebut di dalam mobilnya agar tidak didengar oleh orang lain.

Baca juga: 6 Perbedaan Golden Spoon Versi Drama dan Webtoon

Review Drama Korea Crash Course in Romance: Lebih dari Romansa, Juga Tentang Keluarga

5. Tim Produksi Melakukan Cek Latar Belakang Setiap Pemain

Fakta menarik ‘The Glory’ selanjutnya adalah tim produksi drama melakukan pengecekan latar belakang setiap pemain drama ini, lho! Cha Joo Young yang berperan sebagai Choi Hye Jeong menyebutkan bahwa sebelum resmi menjadi pemain ‘The Glory’, para cast harus melalui proses pengecekan latar belakang terlebih dahulu. Hal ini guna memastikan bahwa para pemain tidak ada yang pernah menjadi pelaku bullying di masa lalu.

Hal ini dilakukan tentu saja karena drama ‘The Glory’ mengambil tema dan berfokus pada isu bullying yang terjadi di sekolah. Jadi, dapat dipastikan bahwa para pemeran dalam drama ‘The Glory’ ini tidak pernah melakukan Iljin di masa lalu.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Drama In The Name of God: A Holy Betrayal, Kisah Nyata Sekte Sesat di Korea Selatan!

9 Drama Korea Tentang Kehidupan Koki, Layaknya Master Chef!

6. Ibu Aktris Yoon Se Ah Jadi Penasehat Baduk Song Hye Kyo

Dalam drama ‘The Glory’, diceritakan bahwa karakter Moon Dong Eun yang diperankan oleh Song Hye Kyo memiliki kegemaran bermain baduk. Nah, ternyata ada fakta menarik di balik kegemaran Moon Dong Eun main baduk ini, lho!

Untuk mendalami peran, Song Hye Kyo harus belajar main baduk sebelum syuting. Ternyata yang menjadi guru baduk-nya adalah ibu dari aktris Yoon Se Ah. Pada 15 Maret, aktris Yoon Se Ah menyampaikan lewat channel YouTube-nya bahwa ibunya menjadi penasehat bagi Song Hye Kyo dalam bermain baduk.

Ibu Yoon Se Ah sendiri bernama Kim Sang Soo, yang namanya juga muncul dalam ending credits ‘The Glory’ sebagai Asosiasi Penasehat Baduk Korea. Beliau bersama dengan pemain baduk profesional lainnya, yaitu Yoo Kyeong Min, Jung Jae Woo, dan Ha Ho Jeong. Ibu Yoon Se Ah sendiri memang perupakan pemain baduk profesional dan diundang bersama dengan Yoon Se Ah untuk konsultasi baduk oleh tim drama ‘The Glory’.

Baca juga: Review Drama Korea Fanta G Spot: Jangan Cuma Fokus sama Adegan Ranjang!

9 Drama Korea Tentang Meraih Mimpi, Bikin Ikut Semangat!

7. Kemiripan Antara Pemain Versi Muda dan Versi Dewasa

Fakta menarik ‘The Glory’ terakhir adalah kemiripan antara pemain muda dengan pemain dewasa yang berhasil membuat penonton takjub. Tim casting ini mendapatkan pujian dari segala penjuru. Hal ini karena kemiripan antara aktor dan aktris yang memerankan karakter versi muda dan versi dewasanya.

Tim casting drama ini dinilai sangat jeli untuk meng-casting para pemain. Sehingga aktor dan aktris yang memerankan karakter yang sama tersebut terlihat sangat mirip. Tidak hanya itu saja, bahkan karakter Ye Sol, yaitu anak Park Yeon Jin dan Ha Do Young yang diperankan oleh aktris cilik Oh Ji Yul juga memiliki wajah yang sangat mirip dengan Lim Ji Yeon dan Jung Sung Il.

Itulah tujuh  fakta menarik drama ‘The Glory’ saat ini sangat populer baik di kalangan pecinta drama Korea maupun yang bukan. Dari segi jalan cerita, sinematografi, sampai dengan akting pemainnya patut diacungi jempol! Kamu sudah nonton drama ini belum, Nootizen?

Penulis: Adin

Editor: Lintang

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your comment!