in

13 Label Agensi Ini Ternyata Didirikan oleh Idol Loh!

Agensi yang Didirikan Idol Kpop, heynoona.com — Eksis di industri hiburan Korea sangat-lah sulit, apalagi tanpa naungan dari sebuah agensi. Pemilihan agensi yang tepat pun menjadi salah satu kunci utama kesuksesan karir para idol.

Beberapa idol ada yang beruntung mendapatkan tawaran dan bergabung dengan agensi terkenal di industri entertainment Korea. Tetapi ada juga beberapa idol yang akhirnya harus keluar dari agensi karena alasan tertentu.  Ada yang akhirnya pindah ke agensi lainnya dan bahkan ada yang mendirikan agensi sendiri untuk mendukung karir dan kesuksesan-an mereka.

Siapa aja ya idol yang akhirnya mendirikan agensi dan label mereka sendiri. Apakah ada biasmu?

Agensi yang Didirikan Idol Kpop

1. Jay Park

Agensi yang Didirikan Idol Kpop jay park

Sempat berada di bawah asuhan agensi besar JYP Entertainment, Jay Park akhirnya harus keluar dari grup 2PM dan agensi dikarenakan kontroversinya. Ia pun membangun Label Hip-Hop nya sendiri di tahun 2013.  Label independen ini dinamai AOMG akronim dari Above Ordinary Music Group. Tidak hanya Jay Park, AOMG juga menaungi banyak rapper Korea berbakat diantaranya Loco, Gray, Simon D, Code Kunst, Hoody, Cha Cha Malone.

2. Kang Daniel

Agensi yang Didirikan Idol Kpop daniel

Merupakan mantan member Wanna One yang resmi keluar dari agensi lamanya LM Entertainment di tahun 2019. Kang Daniel memutuskan untuk bersolo karir dengan mendirikan agensinya sendiri yaitu KONNECT Entertainment.

Nama tersebut merupakan penggabungan kata ‘Korea’ dan ‘Connect’ yang bermakna agar dapat menghubungkan Korea ke seluruh dunia. Hingga saat ini, agensi tersebut hanya fokus terhadap aktivitas satu artis saja yaitu Kang Daniel.

3. Zico

Agensi yang Didirikan Idol Kpop zico

#Zico adalah rapper sekaligus leader dari boygroup Block B. Pada November 2018, Ia memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya, Seven Seasons. Mantan kekasih dari Seolhyun ini memutuskan untuk mendirikan agensi sendiri yang diberi nama ‘King Of The Zungle’ disingkat KOZ Entertainment di awal tahun 2019. DVWN adalah salah satu artis yang ikut bergabung dengan produser handal ini.

4. HighLight

Agensi yang Didirikan Idol Kpop highlight

HighLight awalnya dikenal dengan boygroup bernama Beast dibawah asuhan agensi Cube Entertainment. Dikarena perseteruan para member dengan agensi akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dan mengganti nama menjadi HighLight.

Pada Desember 2016, bersama dengan beberapa investor terpercaya, kelima member HighLight menjadi CEO muda dengan mendirikan agensi bernama Around Us Entertainment. Diketahui dari wawancara member termuda Song Dong Woon, bila ditotal dana dari kelima member tersebut merupakan 51 persen saham dari agensi tersebut.

5. Ravi

Agensi yang Didirikan Idol Kpop ravi

Walaupun masih tergabung sebagai rapper dari boyband VIXX, tak menghalangi Ravi  mendirikan label sendiri setelah kontraknya dengan JellyFish Entertainment berakhir. GROOVL1N dipilih sebagai nama dari label hip-hop yang didirikan untuk mendukung aktivitas solonya dan menyalurkan kehandalannya dalam bermusik. GROOVL1N sendiri merupakan perpaduan kata dari ‘Groove’ dan ‘Goblin’ yang dimaknai sebagai ‘orang-orang hebat dari Timur.

6. Jaewon a.k.a One

C:\Users\Personal\Pictures\Tulisan\one.jpg

Jung Jaewon debut bersama duo 1PUNCH yang merupakan proyek kerjasama dari Brave Entertainment dan D-Bussines Entertainment. Hanya berjalan selama 8 bulan, ONE akhirnya direkrut oleh YG Entertainment sebagai penyanyi solo.

Pada Juli 2019 dia memutuskan hengkang dari agensi tersebut dan memilih untuk mendirikan label musiknya sendiri. Dibawah manajemennya sendiri yaitu Private Only, ONE akhirnya merilis album pertamanya bertajuk PRVT 01 diakhir tahun 2019.

Baca Juga:
Didominasi Oleh Maknae, Deretan Idol Pria Kpop Paling Tinggi di Grup
Berita Kpop Paling Heboh Ditahun 2020
Suka Bertingkah Aneh, Idol Kpop Ini Mempunyai Kepribadian 4D!

7. Hyolin

Agensi yang Didirikan Idol Kpop one

Tahun 2017 lalu, salah satu member dari girlgroup Korea SISTAR membangun agensi bernama Brid3 (dibaca: Bridge) untuk mendukung aktivitas individunya. Hyolin demikian idol tersebut biasa disapa, terkenal di bawah asuhan Starship Entertainment. Ia memilih nama Brid3 dengan harapan dapat menjadikan musik sebagai jembatan untuk saling berkomunikasi dengan penggemar.

8. Kim Sohye

Agensi yang Didirikan Idol Kpop sohye

Bersama keluarganya, Kim Sohye Eks I.O.I mendirikan agensi bernama S&P Entertainment atau Shark and Penguin Entertainment pada Juni 2016. Sebelumnya idol yang merupakan jebolan dari PRODUCE 101 ini bergabung dengan Red Line Entertainment. Dibawah naungannya agensinya sendiri, Kim Sohye akan berpromosi sebagai idol dan aktris.

9. Rain

Agensi yang Didirikan Idol Kpop rain

Tujuh tahun menjalani karir dibawah asuhan JYP entertainment, akhirnya rain memutuskan untuk meninggalkan agensi tersebut dan membangun RAIN Company. Boygroup MBLAQ merupakan salah satu hasil karya Rain dibawah naungan agensinya.

10. PSY

Agensi yang Didirikan Idol Kpop psy

Pelantun lagu fenomenal ‘Gangnam Style’ ini pernah bergabung dengan YG Entertainment. PSY memutuskan untuk mendirikan agensinya sendiri yang dinamai 

P-Nation di tahun 2019 setelah memutuskan hengkang dari YG. Jessi, Hyuna, dan E’Dawn adalah artis yang tergabung dalam agensinya.

11. SHINHWA

Telah berkarir bersama sejak debut di tahun 1998, para member grup Shinhwa kompak keluar dari SM Entertainment. Untuk mendukung aktivitas grup mereka di industri hiburan Korea, dibangunlah perusahaan sendiri bernama Shinhwa Company tahun 2011. Sedangkan untuk aktivitas individu anggota diurus oleh agensi yang berbeda.

12. Park Jin Young

Siapa sangka pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young a.k.a J.Y. Park dulunya adalah seorang idol generasi pertama. Pada 1992, dia debut bersama grup bernama ‘Park Jin Young and The New Generation’ yang tidak berakhir sukses. Tak patah semangat, di tahun 1994, dia pun kembali debut sebagai penyanyi solo dan menuai kesuksesan.

Hingga akhirnya pada tahun 1997, pria kelahiran 13 Desember 1972 ini mendirikan label rekaman dan agensi hiburan multinasional-nya sendiri yang bernama JYP Entertainment Corporation. Saat ini, agensi miliknya masuk dalam jajaran Big 3 dari industri Entertainment yang ada di Korea karena dinilai sukses mengorbitkan banyak artis dan grup terkenal di Korea dan mancanegara. 

13. Yang Hyun Suk

Tahukah kalian ternyata Yang Hyun Suk adalah anggota dari Seo Taiji dan Boys yang terkenal di era tahun 1990-an. Setelah grup tersebut bubar, sang maestro musik ini pun mendirikan dan menjadi CEO dari YG Entertainment pada Maret 1996. YG sendiri merupakan akronim dari kata ‘Yang’ dan ‘Gun’ yang diambil dari nama panggilannya.

Sebagai produser rekaman yang handal, agensinya pun menjelma menjadi salah satu Big 3 dari perusahaan entertainment terkenal dan sukses di korea dengan menaungi banyak artis dan idol sebut saja 2NE1, BlackPink, Big Bang, Winner, dan lainnya.

Penulis: Memey

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0