in

Nootizen, Yuk Kenalan Antar Grup dan Fandom dari YG FAMILY

Grup Fandom YG Family, heynoona.com — Pada tulisan sebelumnya mimin sudah membahas fandom-fandom dari girl dan boy group dibawah naungan SM Entertainment. Kali ini mimin mau share fandom-fandom girlgroup dan boygroup yang diorbitkan oleh YG Entertainment. Semua yang berada dibawah naungan YG Entertainment biasanya disebut YG Family.

YG Entertainment adalah salah satu perusahaan hiburan di Korea Selatan yang sudah didirikan sejak 24 Februari 1996. Nama YG sendiri merupakan akronim dari Yang Gun yang merupakan nama panggilan dari salah satu pendirinya yaitu Yang Hyun-Suk. Dirinya sendiri adalah merupakan mantan anggota grup K-Pop generasi pertama Seo Taiji and Boys.  Perusahaan ini dibangun bersama dengan adiknya yaitu Yang Min-suk.

YG Entertainment beroperasi sebagai label rekaman, agen pencari bakat, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan penerbit musik. Tidak hanya di bidang musik, YG Entertainment juga menaungi sejumlah aktris dan aktor. Saat ini YG Entertainment masuk dalam jajaran perusahaan Big 3 yaitu salah satu dari tiga label rekaman terkemuka dan sukses di industri K-Pop bersama dengan SM Entertainment dan JYP Entertainment.

Kesuksesannya dimulai dengan debut Duo Jinusean tahun 1997 dan tahun 1998 mendebutkan grup hip hop 1TYM. Keduanya pun sukses membawa YG Entertainment dan aliran musik hip hop masuk ke dalam industri K-Pop. Hingga saat ini banyak girlgroup dan boygroup dibawah manajemennya yang semakin mengibarkan bendera YG Entertainment di Korea Selatan dan mancanegara.

Karena ketenaran girlgroup dan boygroup asuhannya, YG Entertainment pun membuat Fans Kingdom a.k.a. Fandom dan memberikan nama untuk masing-masing fandom tersebut. Grup apa aja ya yang sukses debut dibawah YG Entertainment dan apa nama fandomnya? Yuk kita kenalan….

Grup Fandom YG Family

Sechs Kies

Grup Fandom YG Family 1

Merupakan salah satu boygroup generasi pertama dalam industri K-Pop. Memulai debutnya pada 15 April 1997 dengan 6 anggota yaitu Eun Ji-won, Lee Jai-jin, Kim Jae-duck, Jang Su-won, Kang Sung-hoon, dan Ko Ji-yong. Mereka pun dianggap sebagai boygrup papan atas di era tahun 1990-an, dan menumbuhkan budaya dominasi penggemar bagi para idola.

Hanya dalam waktu beberapa bulan saja dari debut mereka, Sechs Kies sukses menjadi pusat perhatian dan pemberitaan di Korea Selatan. Popularitas dan penggemar Sechs Kies terus berkembang pesat di tahun 1998. Berada dipuncak karir ternyata tidak menjamin grup akan bertahan lama. Sechs Kies sempat dibubarkan pada 20 Mei 2000 dikarenakan banyak skandal yang menerpa grup ini. 

Mereka bersatu kembali pada 14 April 2016 dan menanda-tangani kontrak dengan YG Entertainment pada 10 Mei 2016 walau hanya dengan 5 member. Setelah itu Sechs Kies berpromosi dengan 4 anggota yang tersisa yaitu Eun Ji-won, Lee Jai-jin, Kim Jae-duck, dan Jang Su-won. Dua member lainnya yaitu Kang Sung-hoon memutuskan hengkang dari grup karena skandalnya dan Ko Ji-yong yang memilih untuk tidak aktif di industri hiburan dan menjadi pengusaha.

Meskipun mengalami banyak pasang surut di puncak karir mereka, Sechs Kies tetap memiliki basis penggemar yang cukup banyak dan loyal. Nama fansclub mereka adalah Dear Sechskies Friend a.k.a DSF. Dari namanya saja sudah jelas kalau Sechs Kies menjadikan para penggemarnya sebagai teman.

Baca Juga:
Lawak Abis, Deretan Boygroup Kpop yang Selalu Lucu Dijamin Bikin Kamu Ngakak
6 BoyGroup yang Dikonfirmasi Mengikuti Kingdom, Siapa Jagoanmu?
Kamu SM Stan? Yuk Kenalan Sama Setiap Fandom dari Grup Asuhan SM Entertainment

BIG BANG

Grup Fandom YG Family 2

Siapa yang tidak kenal boygroup satu ini ya Nootizen. Big Bang debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan 5 anggota yaitu G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, Seungri. Tampil dengan aliran musik yang didominasi dengan Hip Hop, debut mereka dinilai sangat sukses. 

Hingga sekarang, perjalanan karir pelantun lagu Bang Bang Bang ini tetap bertahan dan menjadikan mereka sebagai panutan dan idola banyak orang bahkan dari kalangan idol K-Pop sendiri. 

Big Bang memberikan nama yang eksklusif untuk klub penggemarnya yaitu V.I.P yang merupakan akronim dari Very Important Person. Nama yang diambil dari single grup dengan judul yang sama ini memiliki makna bahwa para penggemar mereka merupakan orang-orang yang sangat penting bagi perjalanan karir dan kesuksesan Big Bang dan para member akan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi para V.I.P. 

Meskipun banyak skandal yang menerpa sampai akhirnya harus kehilangan salah satu member-nya yaitu Seungri, para V.I.P tetap mendukung dan selalu menyemangati mereka. Komunitas dari V.I.P ini ternyata tidak hanya sebatas di Korea aja lho Nootizen, ternyata grup ini juga memiliki V.I.P internasional yang tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Apakah kalian salah satunya?

2NE1

Grup Fandom YG Family 3

Debut pada 6 Mei 2009 dengan 4 member yaitu CL sebagai leader, Bom, Dara, dan Minzi. Sang Maknae, Minzi kemudian resmi memutuskan untuk keluar dari grup pada 5 April 2016.

Fyi, sebelumnya nama grup diperkenalkan sebagai “21”. Namun dalam perjalanannya, “21” pun diganti menjadi 2NE1 yang merupakan kombinasi dari frasa “21st century” dan “New Evolution” yang berarti Evolusi Baru Abad 21. Pelafalan nama grup pun sangat keren yaitu “To Anyone” (kepada/untuk siapa pun) atau “Twenty One” (Dua puluh satu).

Banyak sekali karya-karya musik yang mereka bawaan menjadi hits di jamannya dan membawa kesuksesan dan ketenaran bagi grup, agensi dan para membernya. Berbagai prestasi berhasil mereka torehkan dengan musik yang earcathing khas hip hop, R&B, dan dance Pop yang mereka bawakan.

Tak mengherankan jika mereka memiliki banyak basis penggemar yang tersebar di Korea Selatan, Asia, dan mancanegara. Mereka merangkul semua penggemarnya dalam fandom yang diberi nama ‘Blackjack’. Blackjack sendiri merupakan permainan kartu yang tujuannya untuk mendapatkan 21 poin.

Namun sayang sekali, pada 25 November 2016, menjadi hari berkabung bagi para Blackjack (termasuk mimin) ketika YG Entertainment menyatakan secara resmi bahwa 2NE1 dibubarkan. Respect for 2NE1. Masih adakah lagu-lagu 2NE1 di daftar lagu kalian Nootizen? Yuk sebutin di kolom komentar.

Penulis: Maeti

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0