fbpx
Connect with us

Bacaan Seru

Kamu SM Stan? Yuk Kenalan Sama Setiap Fandom dari Grup Asuhan SM Entertainment

Published

on

Fandom Grup SM Entertainment, heynoona.com — Kali ini, aku mau bahas mengenai nama fandom dari girlband dan boyband salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea yaitu SM Entertainment yang didirikan oleh Lee Soo Man pada 14 Februari 1989 dengan nama SM Studio. Pada Februari 1995 berubah menjadi S.M. Entertainment. Label ini merupakan rumah dari beberapa girlband dan boyband yang masih eksis hingga sekarang.

Fandom atau Fanbase merupakan kelompok penggemar yang mempunyai pengaruh sangat besar bagi idol dan artisnya. Untuk menghargai para penggemar setia, maka dipilihlah nama yang unik dan bermakna untuk fandomnya. Girlband dan boyband apa aja ya yang bersinar di bawah naungan SM Entertainment dan apa namanya fanbase atau fandom –nya?, So let’s check… 

Fandom dari Grup Asuhan SM Entertainment

1. S.E.S – Friend

Fandom Grup SM Entertainment s.e.s

Generasi pertama dari gilrband K-Pop yang sangat sukses. Aktif dari tahun 1997 hingga 2002, S.E.S beranggotakan Sea, Eugene, dan Shoo. Selama perjalanannya hingga bubar di akhir tahun 2002 mereka tidak kehilangan fanbase setia mereka yang diberi nama #Friend yang berarti teman.

2. TVXQ – Cassiopeia

Fandom Grup SM Entertainment tvxq

Tong Vfang Xien Qi adalah boygroup duo asal Korea yang terdiri dari U-Know (Yunho) dan Max (Changmin). Di Jepang mereka dikenal dengan nama Tohoshinki dan juga sering dipanggil DBSK a.k.a DongBangShinKi. Sebelumnya mereka adalah boyband yang beranggotakan 5 orang ditambah Hero (Jaejong), Micky (Yoochun) , dan Xiah (Junsu).

Memiliki lebih dari 800.000 anggota resmi, sebutan untuk fandom mereka adalah Cassiopeia yang terdaftar dalam Guinness Book Of Record sebagai Klub Penggemar Resmi Terbesar di dunia. Dibentuk pada 23 April 2006, inspirasi penamaan fandom #Cassiopeia adalah saat penulisan nama TVXQ menggunakan keyboard komputer akan membentuk rasi bintang Cassiopeia.

Arti dari rasi bintang ‘W’ ini adalah permaisuri Dewa Zeus dan merupakan bintang yang dapat terlihat dengan mata telanjang dan yang paling terang di galaksi.

3. TRAXX – Traxian 

Fandom Grup SM Entertainment traxx

Digawangi oleh Jay, Jungmo, dan DJ Ginjo, TRAXX aktif sebagai grup musik rock Korea di tahun 2004 sampai dengan 2012. Nama fanbase mereka adalah Traxian.

4. Super Junior – E.L.F 

Fandom Grup SM Entertainment seventeen

SUJU Dibentuk tahun 2005 dan dijuluki sebagai “King of Hallyu Wave” karena kontribusi penting mereka dalam Korean Wave di mancanegara.  E.L.F adalah nama dari fandom boyband yang beranggotakan Leeteuk Heechul Yesung Sungmin Shindong Eunhyuk Siwon Donghae Ryeowook Kyuhyun.

Nama E.L.F diresmikan sejak tahun 2005 yang merupakan singkatan dari ‘Everlasting Friend’. Maknanya bahwa SUJU menganggap para penggemarnya adalah teman selamanya yang akan selalu bersama apa pun yang terjadi.

5. SNSD – SONE

Fandom Grup SM Entertainment snsd

SNSD a.k.a Girls Generation merupakan girlband generasi kedua yang dibentuk tahun 2007. Fandom dari grup ini dikenal dengan nama #SONE. Dalam pengucapan bahasa korea #SONE adalah So Won yang berarti harapan. Selain itu SONE juga diucapkan sebagai So One yang berarti satu untuk selamanya.

Nama fandom ini bermakna bahwa para member SNSD dan penggemarnya adalah satu untuk selamanya dan merupakan harapan mereka untuk bisa mewujudkan impian para penggemar dengan kekuatannya.

6. SHINee – Shawol 

Fandom Grup SM Entertainment shinee

Grup yang beranggota awal 5 orang yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho, Taemin tampil perdana dalam program musik SBS Inkigayo pada 25 Mei 2008. Pelantun lagu ‘Replay’ ini menamakan fandomnya Shawol. Shawol merupakan gabungan dua kata SHINee dan World yang merupakan nama dari album dan konser pertama mereka. Shawol memiliki makna bahwa fandom tersebut adalah dunia bagi mereka.

Baca Juga:
Top 5 Cover Lagu dari Member NCT yang Banyak Ditonton Oleh Penggemar!
12 Idol Korea Pria Ini Tampil Keren Pakai Nail Art, Bisa Jadi Inspirasi Buat Kamu!
Fakta Mengejutkan Member aespa, Ternyata Ada yang Direkrut Hanya Via DM Instagram!

7. f(x) – MeU

Fandom Grup SM Entertainment f(x)

F merupakan singkatan dari Flower dan X adalah kromosom X. Kelima anggota f(x) dijuluki “Functions Girl” yang bermakna bahwa grup ini dapat berubah dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Meskipun debut sejak 1 September 2009 dan memiliki banyak fanbase, barulah tujuh tahun kemudian mereka memberikan nama resmi untuk fandom-nya yaitu MeU. Secara harfiah berarti Me and You yang bermakna cinta f(x) untuk para penggemar dan sebaliknya. 

8. EXO – EXO L

Fandom Grup SM Entertainment shinee

Saat awal debut, #EXO dibagi menjadi 2 sub unit yaitu EXO-K dan EXO-M. Hal tersebut memunculkan inspirasi #Suho, sang Leader untuk memilih nama #EXO-L sebagai nama fandom mereka. Diumumkan pada 5 Agustus 2014, huruf L diartikan Love merupakan huruf yang berada di antara K dan M.

Selain itu panggilan sayang lain untuk penggemar EXO adalah Aeri yang dalam bahasa Korea bermakna pelindung. Makna keseluruhan dari penamaan fandom EXO-LOVE adalah bahwa semua penggemarnya berada ditengah-tengah mereka dan harus mereka lindungi dan mereka cintai.

9. Red Velvet – Reveluv

Fandom Grup SM Entertainment red velvet

Reveluv adalah nama resmi fandom yang diumumkan sendiri oleh RedVelvet pada 26 April 2017 pada akun instagram mereka. Dipilih atas masukan dari penggemar dan member, Reveluv merupakan kombinasi dari kata ‘Red Velvet’ dan ‘Love’. Para member mengatakan kalau nama tersebut mewakili rasa cinta mereka kepada para penggemar dan berharap dapat saling mencintai dalam waktu yang lama.

Dalam bahasa Perancis, kata “Reve” berarti “mimpi”, memberikan makna bahwa mereka berterima kasih pada para penggemar yang telah membantu mewujudkan mimpi mereka. Semua member dan penggemar juga menggunakan panggilan sayang lain yaitu Reveluv atau Luvi.

10. NCT – NCTzen

Fandom Grup SM Entertainment nct

Berdasarkan pemilihan suara oleh penggemar, nama fandom dari boyband Neo Culture Technology a.k.a NCT adalah NCTzen yang dilafalkan dengan kata ‘Ncitizen’. Nama yang diumumkan pada 12 Juni 2017 melalui siaran langsung V Live ini diambil dari kombinasi kata NCT dan Citizen.

Makna dibalik kata NCT adalah dunia yang baru dan NCitizen adalah penduduk atau warga negara NCT. Untuk panggilan sayang kepada para penggemar mereka memilih Seasony (sijeuni) atas dasar pemikiran bahwa para fans sangat berharga seperti empat musim.

11. aespa – MY

Fandom Grup SM Entertainment aespa

Pihak agensi mengkonfirmasi bahwa nama fandom aespa akan dipanggil dengan “MY”. Nama tersebut diumumkan bertepatan dengan hari debut mereka pada 17 November 2020. Penyebutan kata “MY” dalam bahasa inggris adalah ma-i yang dimaknai sebagai my precious friend atau temanku yang berharga.

So Nootizen, apa nama fandom-mu yuk tulis di kolom komentar ya!

Penulis: Memey

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Suka

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.