fbpx
Annyeong!
  • All
    • Acara
    • Artikel Spesial
    • Bacaan Seru
    • Fandom
    • Film/TV
    • KDrama
    • Kpop
    • Lirik
    • PUAS
    • Racun Korea
    • Review Drama
    • Video

Review Drama Korea If You Wish Upon Me: Ji Chang-Wook Berhak Bahagia

Review drama If You Wish Upon Me, heynoona.com — Taukah kalian kalau drama ‘If You Wish Upon Me’ terinspirasi dari The Ambulance Wish Foundation? Ini merupakan sebuah badan amal yang dimulai di Belanda, namun saat ini sudah tersebar diberbagai negara. Badan amal ini bertujuan untuk mengabulkan permintaan orang-orang dengan sakit parah. Sama kan konsepnya? Drama ‘If You Wish Upon Me’ telah tayang di KBS2 mulai dari tanggal 10 Agustus s/d 29 September 2022 dengan jumlah 16 episode.

Review Drama If You Wish Upon Me

Sinopsis

Drama ini bercerita tentang Ji Chang-Wook yang berperan sebagai Yoon Gyeo-Rye. Dia adalah mantan gangster, memiliki hidup normal adalah cita-citanya. Dia baru saja keluar dari penjara tapi sudah dikejar-kejar gangster lagi. Dalam rangka melarikan diri dari kejaran tersebut ia justru menabrak ambulans yang sedang dalam misi mengabulkan permintaan terakhir. Sebagai bentuk pertanggungjawaban Yoon Gyeo-Rye diminta untuk menggantikan sopir ambulans tersebut. Ternyata kaki sopir ambulans tersebut patah, dan meminta ke pengadilan agar Yoon Gyeo-Rye melakukan pekerjaan sosial menggantikannya. Yoon Gyeo-Rye terpaksa melakukannya karena pilihannya adalah melakukan pekerjaan sosial atau kembali dipenjara. Setelah memilih melakukan pekerjaan sosial, Yoon Gyeo-Rye bertemu banyak orang di hospice. Orang-orang berhati hangat berkumpul untuk menghangatkan hatinya yang sudah lama dingin. Perlahan-lahan Yoon Gyeo-Rye menemukan kebahagiaannya sendiri dan berubah.

Alur cerita

Alur cerita drama ini adalah tentang mewujudkan keinginan orang-orang yang sudah sakit parah. Seperti tidak punya harapan untuk hidup, ‘Tim Genie’ melakukan pekerjaan sukarelanya dengan mewujudkan keinginan orang tersebut. Karena drama ini membawa cerita permintaan diambang kematian ya, jadi sudah bisa dipastikan drama ini punya vibes sedih yang kuat. Sebagai penonton akan disuguhi scene-scene penuh air mata.

Review Drama Korea If You Wish Upon Me

Konflik

Konflik di drama ini adalah tentang karakter Yoon Gyeo-Rye yang memiliki kepribadian yang tertutup. Ini adalah proses dia menemukan kebahagiaan. Proses Yoon Gyeo-Rye memaafkan masa lalunya dan melanjutkan hidup. Melepaskan diri dari belenggu hubungan yang toxic, melepaskan perasaan benci pada ayahnya. Pokoknya di drama ini Ji Chang-Wook berhak bahagia!

Penokohan

Yoon Gyo-Rye diperankan oleh Ji Chang-Wook. Hidupnya sudah suram sejak kecil membuat ia tumbuh menjadi seseorang yang tidak biasa. Dia mengalami kekerasan sejak kecil, hidup di panti asuhan, serta pernah berada di penjara anak. Keadaan masa kecil yang memaksanya tumbuh menjadi seorang dewasa yang sering melakukan hal-hal menyimpang. Tapi sebenernya dia adalah orang yang baik. Ketika hatinya yang keras sudah terbuka ia akan mulai menunjukkan empatinya, kepeduliannya, serta kelembutan hatinya.

Seo Yoon-Jo diperankan oleh Soo-Young Girl’s Generation. Dia memerankan seorang perawat yang lembut hatinya, tapi tangguh fisiknya. Di samping pekerjaannya sebagai perawat, ia juga sibuk untuk menaikkan masa otot badannya. Bukannya tanpa alasan, dia ingin menjadi kuat. Dulu ketika ibunya sakit dia tidak kuat mengendongnya untuk membawanya ke rumah sakit. Dia merasa gagal, jadi dia terus berlatih agar kuat. Agar dengan kekuatannya dia mampu membantu orang yang membutuhkan.

Kang Tae-Sik diperankan oleh Sung Dong-Il. Dia berperan sebagai sopir ambulans untuk hospice. Ia juga tergabung dalam tim genie sebagai relawan yang mengabulkan keinginan terakhir orang-orang. Awalnya dia adalah seorang yang kaya, namun jatuh bangkrut dan tinggal sebagai tunawisma. Lucunya, dia tidak melupakan teman tunawismanya dulu. Bahkan ia sesekali mengajak makan teman tunawismanya itu.

Untuk perkembangan hubungan antara Yoon Gyeo-Rye dan Seo Yeon-Joo terasa berani dan menyenangkan. Mereka dengan cepat mengembangkan perasaan mereka masing-masing. Namun, saat mereka sedang berbahagia, Ha Joon-Kyung datang dan membawa kabur Yoon Gyeo-Rye. Dia adalah wanita yang membelenggunya dengan janji Gyeo-Rye untuk menjadi keluarga. Padahal maksud Gyeo-Rye adalah bersama dan melindunginya sebagai adik. Namun di justru meminta hubungan lebih dan mengancam bunuh diri jik aGyeo-Rye tidak menurutinya. Yang menyenangkan adalah sikap Seo Yeon-Joo yang tidak tinggal diam. Dia menyadarkan Ha Joon-Kyung atas perbuatan toxic-nya. Didatengin tuh dia, ditonjokkin terus gantian bawa Gyeo-Rye kembali ke hospice.

Review Drama Korea If You Wish Upon Me

Baca juga: Review Drama Korea About Time: Nggak Logis Tapi Bikin Candu

Review Drama Korea Why Her: Bukan Tentang Pertempuran Dua Secondlead

Tim Genie yang memenuhi keinginan

Dalam drama ini ada sebuah ‘Tim Genie’ yang bertugas untuk memenuhi keinginan setiap orang di akhir hidupnya. Genie di sini merujuk pada jin yang mampu mewujudkan berbagai keinginan orang. Mereka bekerja secara sukarela. Bahkan para anggota Genie tidak hanya para pekerja yang berasal dari hospice tersebut. Ada seorang anak SMA yang bernama Yoo Soo-Jin. Mereka bekerja secara tim, ketika permintaan datang maka mereka saling membagi tugas untuk mendukung keinginan tersebut.

Ada sebuah cerita pilu yang lebih menyedihkan kepergian dari orang-orang yang meminta permohonan terakhirnya. Ini adalah tentang salah satu pasangan pekerja di hospice. Choi Deok-Ja ternyata adalah seseorang yang menderita alzheimer. Dia sudah banyak melupakan kenangannya, bahkan suaminya sendiri. Ada suatu adegan yang membuat penonton terharu, saat itu tiba-tiba rekan kerjanya, Hwang Cha-Young masuk ke rumahnya. Dia kaget dan pertanya, pak Hwang mengapa kamu di rumahku? Bagaimana kamu bisa masuk? Lalu pak Hwang menuntun Choi Deok-Ja ke kulkas yang penuh dengan tulisan Hwang Cha-Young adalah suamimu. Serta foto-foto mereka bersama dari waktu ke waktu. Lalu Choi Deok-Ja menangis. Mereka selalu menghabiskan malam mereka dengan maaf dan kasih sayang.

Review Drama Korea If You Wish Upon Me

Pesan yang disampaikan

Sebenarnya, drama ini membawa pesan tersembunyi. Selain berfokus pada pengabulan keinginan terakhir, drama ini juga merupakan proses karakter Yoon Gyeo-Rye berdamai dengan masa lalu. Dia memiliki hidup yang berat, tidak pernah mendapatkan cinta membuat dia tidak tahu cara mencintai bahkan menunjukkan perasaannya. Tapi ini bukan berarti dia orang yang jahat. Bertemu dengan orang-orang baik di hospice membuat perasaannya perlahan terbuka dan menjadi orang yang lebih manusiawi. Dia sudah meninggalkan masa lalunya yang kelam, memaafkan ayahnya untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan memulai kehidupan baru.

Drama ini berakhir dengan akhir yang bahagia. Yoon Gyeo-Rye sudah menemukan kedamaian hatinya. Seluruh pekerja di hospice melanjutkan hidupnya lagi. Ini merupakan drama yang cukup menghangatkan hati. Buat kalian yang butuh didamaikan perasaannya kalian bisa banget nonton drama ini.

 

Penulis: Dea Pristotia

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    A mininum rating of 0 is required.
    Please give a rating.
    Thanks for submitting your rating!

    Thanks for submitting your comment!