fbpx
Connect with us

Film/TV

Film Korea THE WAILING: Pesan Humanis dari Teror Kekuatan Jahat Makhluk Gaib di Sebuah Desa.

Published

on

Film Korea The Wailing, heynoona.com — The Wailing, mimin rasa ini adalah film bergenre Horror, Mystery, Thriller pertama yang buat mimin penasaran dan mau nonton dari awal sampai selesai tanpa di skip. Bahkan sampai keesokan harinya lho mimin masih mikir keras dan akhirnya nonton lagi. Aslinya mimin mah ogah nonton genre horor karena takut dan suka mual nonton adegan-adegannya. Karena lebih suka nonton genre komedi, drama, percintaan yang memanjakan mata dan hati dengan aktor-aktor ganteng dan kata-kata romantis hahahah. Tetapi gegara “dipaksa” nonton bareng suami ehhh, malah penasaran sampai diulang-ulang supaya dapat detail cerita dan scene-scene yang ada. 

Kali ini Mimin mau share kenapa film ini bisa sangat menarik padahal sudah tayang lama di Korea sejak 12 Mei 2016. #TheWailing menempati posisi ke-8 film terlaris di Korea empat tahun lalu dengan menjual 6.879.989 tiket, mendapatkan US$50,69 dan berhasil menguasai box office lokal. 

Film Korea The Wailing

Film berdurasi 156 menit disutradarai oleh #Na-Hong-Jin dengan mengambil latar dari sebuah desa dan kehidupan masyarakatnya. Diceritakan sang sutradara dan sinematografernya #Hong-Kyung-pyo ahjussi sempat mengalami kejadian mistis di lokasi ketika akan memulai syuting film dari Rumah Produksi #SideMirrorFoxInternationalProductionKorea. Padahal sang sutradara pernah tinggal disana dan merupakan kampung halaman dari neneknya. Hmmm… dari proses pembuatan dan lokasi aja sudah menunjukan unsur horor ya.

Film Korea The Wailing 1

Kisah tragis dalam film ini dimulai dengan polemik dari sebuah kasus pembantaian keluarga yang dilakukan oleh keluarganya sendiri di sebuah desa terpencil di Korea yang bernama Gokseung. Secara misterius para korban mendadak berubah brutal dengan menghabisi anggota keluarganya sebelum akhirnya tumbang dengan noda penuh darah.

Akhirnya diutuslah Satuan Kepolisian Lokal dipimpin polisi bertubuh gempal bernama #Jong-Goo yang diperankan oleh #Kwak-Do-won. Dia bersama rekannya pun dilanda kebingungan dan frustasi saat menyelidiki kasus tersebut. Polisi pun mencurigai pembunuh ini menjadi gila karena telah mengonsumsi jamur yang tumbuh di sekitar tempat kejadian. 

Tetapi yang menjadikan masalah semakin kompleks karena beredar rumor yang menyebutkan peristiwa ini disebabkan oleh hal mistis yaitu praktik ilmu hitam Si Jap, seorang Jepang yang tinggal di atas gunung yang diperankan dengan sempurna oleh Jun-Kunimura.

Film Korea The Wailing 2

Meski dia tidak percaya dengan rumor, Jong-Gu tetap mendatangi orang Jepang tersebut untuk melakukan investigasi sesuai laporan warga. Akhirnya Ia pun termakan rumor dan gosip tentang seorang Jepang yang melatih ilmu hitamnya di desa mereka setelah melihat banyak kejanggalan di rumah orang Jepang tersebut dan sering mengalami kejadian aneh.

Puncaknya adalah ketika anaknya #Jong-Gu yang diperankan dengan sempurna oleh #Kim-Hwan-Hee diduga mengidap penyakit aneh dan bertingkah seperti orang kesurupan. Jong-goo pun curiga kepada si Jap. Untuk menyembuhkan penyakit aneh cucunya, si Nenek mengundang Shaman atau cenayang dari desa luar untuk mengusir roh jahat. Setelah Shaman II-Gwang yang diperankan oleh HwangJung-min memeriksa keadaan sekeliling, ia pun meminta izin untuk melakukan ritual menghilangkan roh jahat dengan perjanjian ritual tersebut tidak boleh dibatalkan apapun yang terjadi. 

Film Korea The Wailing 3

Namun sayang sekali, ditengah ritual Jong-Gu memaksa Shaman menghentikan ritualnya. Dan serangkaian kejadian memilukan pun dialami sampai diakhir cerita.

#TheWailing menjadi salah satu mahakarya dari sang sutradara. Ia membeberkan bahwa situasi di keluarga, agama, masyarakat sekitar, dan mitos menjadi inspirasi dalam pembuatan film ini. Pemilihan aktor dan aktrisnya pun sangat tepat karena berhasil memunculkan karakternya masing-masing dengan sangat baik. Ditunjang dengan jalan cerita, pemilihan lokasi dan pengambilan gambar semakin menambah kesan misterius yang memunculkan rasa penasaran penonton.

Baca Juga:
4 Daftar Film Dokumenter Korea yang Harus Kamu tonton Sekarang Juga!
7 Artis Korea Ini Memberikan Rekomendasikan Film yang Cocok Ditonton Saat Chuseok
10 Film Seru Rekomendasi dari Member BTS!

Alur cerita dari #TheWailing menampilkan teror menyeramkan yang terjadi karena konflik berlandaskan asumsi, dugaan, omongan dari mulut ke mulut tanpa bukti. Walaupun realitanya memang sosok roh jahat-lah yang menghancurkan kehidupan damai warga desa. Sutradara mengaburkan siapa aktor sebenarnya dari teror menyeramkan secara samar-samar di antara gadis “gila” bernama Moo-Myeong yang diperankan oleh Chun-Woo-Hee, Shaman atau cenayang dan si Jap, seorang Jepang. 

Na-Hong-jin dinilai sukses membuat para penonton tidak puas hanya menonton sekali saja, ya salah satunya mimin. Banyak muncul pertanyaan-pertanyaan dan berbagai spekulasi mengenai jalan cerita dan ending film ini. Saat menonton, mimin sarankan harus tetap terjaga dan fokus tanpa sempat ngemil ini itu atau bahkan ke kamar mandi. 

Pesan humanis dari #TheWailing seharusnya bisa menampar keras kebiasaan kita selaku civil society yang suka dan lebih percaya dengan perkataan orang ke orang tanpa melihat jernih yang hal sebenarnya alias hoax. Maklum bergosip, mendengarkan dan menyebarkan gosip memang menghibur dan gratis. Ditampilkan dengan kisah menyeramkan dari film ini kita juga bisa melihat bagaimana tingkat kepercayaan kita terhadap hal-hal gaib di sekeliling kita.

Film Korea The Wailing 4

Cobalah menonton #TheWailing, sebagai penyegar dikala kebosanan melanda dengan tontonan dari Hollywood. Dijamin anda tidak akan terasa menghabiskan waktu 2 jam lebih untuk menguak setiap adegan yang nanti akan menjadi kesimpulan cerita. Yang mimin suka dari film ini juga karena tidak ada  jumpscare dan alunan musik yang mengejutkan alias lebay walaupun bergenre horor. 

Na-Hong-Jin layak dikatakan Jenius selaku Sutradara dan penulis skenario dalam membuat film ini. Dia memberikan kebebasan kepada penonton untuk mempersepsikan film ini baik dari segi maksud cerita, ending, dan beberapa pengertian lainnya sesuai imajinasi mereka sendiri, dari pengalaman mereka, dan kemampuan memperhatikan alur cerita dan scene-scene yang disajikan. 

Bagi yang setelah nonton masih merasa bingung dan penasaran boleh dibahas di kolom  komentar mengenai penilaianmu dan kebingungan kalian. Sampai berjumpa dengan ulasan lainnya di HeyNoona ya.

Penulis: Memey

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mungkin Kamu Suka

Idol yang cedera akibat ISAC Idol yang cedera akibat ISAC
Bacaan Seru3 days ago

Ini 10 Idol Kpop yang Pernah Cedera Akibat ISAC

Idol Kpop Cedera Akibat ISAC, heynoona.com — Para KPopers pasti tidak asing dengan ISAC atau Idol Star Athletic Championship yang...

Bacaan Seru3 weeks ago

Comeback Hingga Konser, Ini Kabar 6 Boy Group Kontestan Mnet KINGDOM

Kabar Kontestan Kingdom, heynoona.com — Tahun 2021 lalu, salah satu program survival show yang diadakan oleh Mnet yaitu KINGDOM: Legendary...

Bacaan Seru4 weeks ago

3 Hal Seputar THE BOYZ Di Jakarta yang Seru Abis

The Boyz Di Jakarta, heynoona.com – Deobi! bagaimana perasaannya saat ini? degdegan? sedih? seneng? kali ini tim HeyNoona berkesempatan untuk...

Spesial1 month ago

[Spesial] Manusia Jadi Produk di Industri KPop: Lagu Hanya Sebagai Alat?

  Manusia Jadi Produk Industri KPop, heynoona.com — “WTS photocard Taehyung 650k” Pasti tidak asing lagi dengan WTS, WTB, atau...

Bacaan Seru1 month ago

8 Seleb Korea yang Ketagihan Makanan Indonesia

Seleb Korea Makanan Indonesia, heynoona.com — Indonesia terdiri jutaan penggemar KPop yang eksis dengan dukungan kuat sampai Korea. Beli album,...

NCT1 month ago

Potret NCT 127 Sebagai Brand Ambassador Click, K-Oral Care Pertama di Indonesia

NCT 127 Brand Ambassador Click, heynoona.com – Beberapa waktu lalu NCTZen sempat dikejutkan dengan video teaser yang dirilis melalui akun...

Drama2 months ago

Review Drama The Sound of Magic: Dunia Fantasi Nyata

Review Drama The Sound of Magic, heynoona.com — Diadaptasi dari Webtoon yang berjudul “Annarasumanara”, The Sound of Magic mengangkat kisah...

Copyright HeyNoona © 2022. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.