in

Paling Mendominasi, Ini Dia 11 Karakter Wanita Kuat dalam Drama Korea yang Bisa Jadi Panutan Kamu

Karakter Wanita Drama Korea, heynoona.com — Kalian yang selama ini udah sering nonton Drama Korea, sadar gak sih kalau beberapa drama Korea zaman sekarang lebih di dominasi pemeran wanita dibanding pria. Dulu, drama Korea erat kaitannya dengan cerita Cinderella, dimana tokoh wanita yang lemah atau berasal dari ekonomi rendah akhirnya bertemu tokoh pria yang kuat, kaya raya dan kemudian menjadikannya permaisuri dan hidup bahagia selamanya.

Tapi, belakangan ini, karakter wanita dalam drama Korea mengalami pengembangan. Wanita tidak lagi ditampilkan sebagai sisi yang lemah, tapi juga mampu mandiri. Karakter ini bahkan bisa menjadi motivasi dan panutan untuk para wanita agar bisa lebih percaya diri dan mampu berdiri sendiri. Simak yuk karakter wanita dari drama apa aja yang bisa jadi role model kamu:

Karakter Wanita Drama Korea

1. Chae Song Hwa ‘Hospital Playlist’

Karakter Wanita Drama Korea 1

Drama Hospital Playlist yang tayang tahun lalu ini masih menarik perhatian pemirsa, karena dramanya cocok banget buat jadi binge watch list kamu,  alias tetep asik walau ditonton berkali-kali. Drama ini bercerita tentang lima  dokter yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung) dan Chae Song Hwa (Jeon MI Do). 

Namun, fokus karakter kita disini adalah karakter Chae Song Hwa, satu-satunya wanita dalam genk pertemanan tersebut. Walaupun menjadi satu-satunya wanita di dalam grup tersebut, Chae Song Hwa mampu membuktikan bahwa ia memiliki kharisma tersendiri yang membuatnya terlihat istimewa. Ia adalah sosok wanita mandiri, pekerja keras, dan percaya diri.

Chae Song Hwa di dalam grup pertemanannya menjadi pilar emosi yang membuat persahabatannya itu tetap terjalin hingga mereka berusia 40 tahun. Ia juga menjadi sosok wanita yang dapat diandalkan, dan selalu dimintai pendapatnya setiap ada masalah. The ultimate girl crush! 

2. Jo Yi Seo ‘Itaewon Class’

Karakter Wanita Drama Korea 2

Drama Itaewon Class yang sempat menjadi drama paling populer di Korea Selatan tahun lalu, punya karakter wanita yang gak kalah kuat loh. Drama ini bercerita tentang perjuangan seorang Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) untuk membalaskan dendam atas kematian ayahnya, dan bersaing dengan lawan bisnisnya untuk menjadi pemilik restoran terbesar di Korea Selatan.

Selain tokoh Park Sae Ro Yi, Itaewon Class juga punya tokoh Jo Yi Seo, seorang wanita yang akan berjuang bersama Park Sae Ro Yi untuk mencapai tujuannya. Jo Yi Seo ini merupakan karakter wanita yang pemberani, percaya diri, cerdas, namun tidak pandai bergaul.

Ia terkesan dingin dan kasar, berbicara apa adanya tidak peduli apakah orang lain akan sakit hati atau tidak. Namun, saat ia telah menentukan tujuannya, ia akan berusaha mengejar tujuan itu bagaimanapun caranya.

3. Do Bong Soon ‘Strong Woman Do Bong Soon’

Karakter Wanita Drama Korea 3

Siapa nih yang masih inget drama romantis komedi ini? Drama ini tayang pada tahun 2017 dan menjadi drama populer pada masanya. Drama ini menceritakan tentang tokoh Do Bong Soon yang memiliki kekuatan super power.

Kekuatan yang diberikan secara turun temurun dari keluarganya ini menjadikan Do Bong Soon seorang wanita kuat yang bisa mengangkat apapun, termasuk menahan bus yang akan menabrak pembatas jalan. Ia juga mampu mengangkat dua pria mabuk sekaligus, luar biasa sekali kan!

Dalam karakternya ini, Do Bong Soon terlihat seperti gadis kecil yang lemah, karena fisiknya yang kecil, banyak orang mengiranya sebagai wanita lemah yang harus dilindungi. Namun, siapa sangka ia justru bisa melawan banyak preman dan menangkap seorang pembunuh berantai dengan kekuatannya itu. Selain kuat, Do Bong Soon juga memiliki tekad yang besar dan pekerja keras. 

4. Trio Bae Ta Mi, Cha Hyeon, dan Song Ga Kyung dari drama ‘Search WWW’

Karakter Wanita Drama Korea 4

Membicarakan soal karakter wanita kuat dalam drama Korea, belum lengkap tanpa trio leader ini. Bae Ta Mi, Cha Hyun, dan Song Ga Kyung merupakan salah satu tokoh pemimpin wanita di dalam perusahaan. Ketiga wanita karir yang dijuluki para ‘alpha women’ ini saling bersaing agar perusahaannya bisa menjadi posisi nomor 1.

Namun, dibalik persaingan mereka, ternyata mereka juga saling mendukung satu sama lain. Dalam drama ini, ketiga karakter ini bisa terlihat lembut dan penuh cinta untuk pasangannya, namun begitu terjun ke dunia kerja, mereka berubah menjadi wanita kuat, cerdas yang bisa memimpin karyawannya untuk memajukan perusahaan. Apalagi karakter Cha Hyeon, ia merupakan karakter wanita yang pemberani, dan akan memukul siapapun yang mengganggunya dan mengganggu teman-temannya. Best friend goals!

Baca Juga:
9 Film Korea yang Diperankan oleh Idol Kpop
Review Film “Kim Jiyoung: 1982” Menceritakan Perempuan dalam Budaya Patriarki
10 Film Korea yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Bikin Banjir Air Mata!

5. Ji Sun Woo ‘The World of The Married’

Karakter Wanita Drama Korea 5

Karakter selanjutnya adalah dari drama The World of The Married. Drama Korea yang popularitasnya sangat tinggi bahkan sampai ke Indonesia. Drama ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga yang hancur karena skandal perselingkuhan. Namun, selain menceritakan tentang perselingkuhan, drama ini juga menceritakan tentang perjuangan seorang istri sekaligus ibu yang harus bertahan hidup demi anaknya.

Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) ini merupakan karakter wanita yang cerdas, kuat, dan mandiri. Ia merupakan seorang dokter hebat yang mampu menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya. Di drama ini, ia menunjukkan bahwa ia mampu bertahan hidup walau tanpa kehadiran suaminya, ia mampu memperjuangkan hak-haknya, dan berani mengambil resiko  untuk memberikan apapun yang terbaik untuk anaknya.

6. Jang Man Wol ‘Hotel Del Luna’

Karakter Wanita Drama Korea 6

Drama ‘Hotel Del Luna’ ini bercerita tentang seorang wanita yang telah hidup selama ratusan tahun yang tidak butuh pria untuk menjaga dirinya. Karakter Jang Man Wol yang diperankan oleh penyanyi cantik IU atau Lee Ji Eun ini menjadi karakter wanita yang akhirnya berhasil hidup mandiri karena telah dikhianati oleh kekasihnya. Ia menjadi tidak percaya dengan orang lain, dan terkesan dingin.

Jang Man Wol tau apa yang ia suka dan apa yang ia inginkan. Walaupun nantinya akan kehadiran pria baru dalam hidupnya, yaitu Go Chan Sung (Yeo Jin Goo), Jang Man Wol tidak merubah sifat dalam dirinya untuk orang lain, ia tetap menjadi wanita dingin yang selalu mengucapkan kata-kata menusuk. Selain itu, ia juga mampu menerima kelemahannya, ia mampu bangkit dari kesedihan masa lalu dan berjuang untuk masa depan.

7. Trio Shim Su Ryeon, Oh Yoon Hee, dan Cheon Seo Jin dalam drama “Penthouse”

Karakter Wanita Drama Korea 7

Siapa yang nggak tau drama paling fenomenal ini? Drama yang akhirnya dibuat menjadi 3 season ini cukup menarik perhatian banyak penonton, baik di Korea Selatan, maupun di Indonesia. Hampir setiap penayangannya mendapat rating tinggi karena ceritanya yang penuh intrik, dan plot twist. Kali ini, kita akan bahas mengenai tiga karakter wanita kuat dalam drama ‘Penthouse’.

Pertama ada Shim Su Ryeon, ia merupakan sosok wanita elegan yang anggun dan selalu halus dalam berbicara. Tapi, siapa sangka, dibalik keanggunanannya itu, ia merupakan seorang ibu yang mau melakukan apapun untuk melindungi anak-anaknya, ia memiliki cara licik dan cerdas untuk melawan suaminya yang kasar dan sering menyakiti anak-anaknya.

Kedua, kita punya karakter Oh Yoon Hee, seorang ibu tunggal yang berhasil membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang. Oh Yoon Hee merupakan definisi seorang wanita kuat dan mandiri. Ia berani memperjuangkan hak-haknya dan berani melawan siapapun yang menghalangi hidup putrinya.

Karakter ketiga adalah Cheon Seo Jin. Walaupun Cheon Seo Jin ini dikenal sebgai wanita yang tidak berperasaan, dingin, dan licik, dibalik itu ia merupakan sosok ibu yang sangat menyayangi anaknya, dan berusaha untuk memberikan apapun yang terbaik untuk anaknya. Ia bahkan rela menghancurkan dirinya sendiri demi kebahagiaan anaknya.

Ketiga karakter dalam drama Penthouse ini memiliki sisi menarik, karena tidak saklek pada satu karakter, yaitu antagonis dan protagonis. Semua karakter bisa berubah tergantung situasi dan kondisi di dalam alur cerita drama.

Penulis: Rhee J

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0