in

11 Lagu GOT7 Ini Dibuat oleh Jinyoung, Lho! Ada Lagu Kesukaanmu?

Lagu Jinyoung GOT7, heynoona.com — Boygroup GOT7 yang debut pada tahun 2014 lalu, telah memutuskan untuk meninggalkan agensi lama mereka, yaitu JYP Entertainment, pada 11 Januari 2021 setelah 7 tahun berkarier di bawah naungan agensi tersebut. Bagaikan paket lengkap, group ini memiliki member dengan visual yang mempesona dan juga bakat yang tidak main-main, selain itu mereka juga memiliki lagu-lagu yang enak untuk didengar.

Bakat dari masing-masing member ini salah satunya adalah menciptakan lagu, lho. Dan lewat bakat mereka dalam menulis dan memproduksi lagu inilah side track di album GOT7 berisi lagu-lagu yang sangat ear catchy.

Dan member yang sering ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu di dalam album GOT7 salah satunya adalah Jinyoung! Disebut sebagai all-rounder, Jinyoung tak hanya memiliki vokal yang indah, kemampuan dance yang baik, dan juga jago akting, tetapi ia juga memiliki kemampuan dalam menulis dan memproduksi lagu. Bahkan, sudah cukup banyak lagu buatannya yang masuk ke dalam album GOT7, lho.

Nah, ini dia beberapa album GOT7 yang Jinyoung ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu di dalamnya!

Lagu yang Dibuat Jinyoung GOT7

1. Mad Winter Edition

Lagu Jinyoung GOT7 1

Jinyoung pertama kali berkontribusi dalam pembuatan lagu GOT7 lewat lagu ‘The Star (애. 별)’ yang masuk ke dalam album ‘Mad Winter Edition’. Di lagu ini, Jinyoung hanya berpartisipasi dalam penulisan lirik lagunya saja, sedangkan untuk composing dilakukan oleh Andreas Stone Johansson, Matt Wong, dan Steven Lee. Lagu ini bercerita tentang penyesalan dan kesedihan seorang laki-laki setelah berpisah dengan perempuan yang dicintai.

2. Flight Log Trilogy (Departure, Turbulence, Arrived)

Lagu Jinyoung GOT7 2

Pada Maret 2016, GOT7 mengeluarkan mini album bertajuk ‘Flight Log: Departure’ yang menjadi bagian pertama dari trilogi Flight Log, dengan title track berjudul ‘Fly’. Di dalam mini album Departure ini, Jinyoung turut menyumbangkan lagu buatannya sebagai side track yang berjudul ‘Can’t (못하겠어)’. Lirik lagu ini ditulis oleh Jinyoung, dan lirik rap ditulis oleh Mark. Selain menulis lirik, Jinyoung juga melakukan composing lagu ini bersama dengan Secret Weapon dan Distract.

Kemudian, pada September 2016, GOT7 kembali melanjutkan konsep trilogi mereka dengan merilis full-length studio album kedua bertajuk ‘Flight Log: Turbulence’ dengan title track ‘Hard Carry’. Semua member GOT7 pun menyumbangkan satu lagu buatan mereka sendiri sebagai side track dari album ini, lho! Jinyoung sendiri membuat lagu berjudul ‘Mayday’ dimana lirik dari lagu tersebut ia tulis sendiri. Dan dalam composing lagu, ia kembali bekerjasama dengan Distract dan Secret Weapon.

Babak terakhir dari trilogi Flight Log yang penuh teori ditutup dengan dirilisnya mini album ‘Flight Log: Arrival’ pada Maret 2017 dengan title track berjudul ‘Never Ever’. Dalam mini album ini, lagi-lagi semua member GOT7 berpartisipasi dalam pembuatan side tracknya. Kali ini, Jinyoung berkolaborasi dengan Bambam dalam menulis lirik lagu ‘Paradise’ dan untuk composing lagu ini, masih Jinyoung lakukan bersama Secret Weapon dan Distract.

3. JJ Project: Verse 2

Lagu Jinyoung GOT7 3

Setelah lima tahun tidak ada kabar comeback, sub-unit dari GOT7 yang berisi JB dan Jinyoung yaitu JJ Project, mengejutkan penggemar dengan resmi melakukan comeback pada Juli 2017. Para fans yang sudah kangen berat dengan sub-unit ini pun menyambut comeback dengan antusiasme tinggi.

Mini album bertajuk Verse 2 ini berisikan tujuh buah lagu yang ditulis dan diproduksi  oleh JB dan Jinyoung sendiri, lho! Title track mereka yang berjudul Tomorrow, Today (내일, 오늘) memiliki lirik yang ditulis secara bersama-sama oleh JYP, JB, dan Jinyoung.

Salah satu lagu yang liriknya ditulis oleh Jinyoung dan composing musik yang dilakukan oleh dirinya sendiri adalah lagu ‘Coming Home’. Composing dalam lagu ini dilakukan oleh Jinyoung bersama Secret Weapon dan Distract lagi, nih. Lagu ini pun dipilih Jinyoung sebagai lagu favoritnya di album Verse 2, lho!

Kemudian, untuk lagu ‘On&On’ baik lirik maupun musiknya dibuat oleh Jinyoung dan JB, dimana JB menggunakan nama Defsoul. Selain On&On, JB dan Jinyoung juga bekerjasama dalam menulis lirik lagu ‘Don’t Wanna Know’ dan untuk composing lagu ini dilakukan oleh Devine Channel.

Dan terakhir, di dalam mini album ini, ada dua lagu solo Jinyoung dan JB yang diciptakan oleh mereka masing-masing baik lirik maupun musiknya. Lagu ciptaan Jinyoung sendiri berjudul ‘The Day (그 날)’ yang pembuatan lirik dan musiknya dibantu oleh MonoTree dan Jukjae. 

4. 7for7

Tak lama setelah menyelesaikan comeback unit JJ Project, GOT7 kembali dengan formasi lengkap dengan merilis album ‘7for7’. Pada comeback ini, seperti biasanya, semua member ikut berpartisipasi menyumbangkan lagu buatan mereka, dan title track yang berjudul ‘You Are’ pun juga merupakan lagu ciptaan JB yang menggunakan nama Defsoul.

Dalam mini album ini, Jinyoung membuat lagu berjudul ‘Firework’ yang liriknya ditulis oleh Jinyoung dan Distract, dan composing musik yang dilakukan oleh Jinyoung, Distract, dan Secret Weapon. Lagu ini bercerita tentang mimpi yang jika tetap dipegang dan tidak dilepaskan hingga akhir akan menjadi bara api kecil, melaju ke atas awan, dan meledak dengan indah seperti kembang api.

5. Eyes on You

Maret 2018, GOT7 comeback dengan mini album bertajuk ‘Eyes on You’. Seperti album mereka sebelumnya, pada album ini semua member kembali ikut berpartisipasi dalam menulis dan memproduksi lagu bersama dengan para produser lainnya. Album ini berisikan tujuh lagu dengan title track berjudul ‘Look’, dan juga ada satu single berjudul ‘One and Only You’ yang berkolaborasi dengan Hyolyn. 

Di album Eyes on You, Jinyoung menulis lirik untuk lagu berjudul ‘Thank You’ yang didedikasikan untuk para fans dari GOT7, yaitu IGOT7 (Ahgase). Dalam memproduksi lagu ini, Jinyoung kembali dibantu oleh Distract dan beberapa produser lain. Lagu ini berisi tentang ucapan terima kasih kepada seseorang karena telah menemani dalam masa senang maupun susah. Duh, so sweet banget, ya!

Baca Juga:
Tak Hanya Cantik, Idol Kpop Cewek Ini Jago Bela Diri dan Sudah Meraih Sabuk Hitam!
Resmi Keluar dari JYP, Inilah Kegiatan Solo Masing-Masing Member GOT7 (Part 1)
11 Pasangan Idol dan Aktor yang Pernah Menjadi MC Music Bank!

6. Present: You

Pada bulan September di tahun yang sama, GOT7 kembali memanjakan fans lewat comeback mereka dengan full album ‘Present: You’ yang berisi enam belas track list dengan title track berjudul ‘Lullaby’. Lagu Lullaby di dalam album ini juga tersedia dalam empat bahasa, lho! Yaitu bahasa Korea, Inggris, bahasa China, dan bahasa Spanyol. Keren banget, ya!

Di dalam album ini, terdapat lagu solo dari masing-masing member yang diproduksi oleh mereka sendiri. Lagu solo Jinyoung berjudul ‘My Youth’ yang liriknya ia tulis bersama dengan Distract, dan Jinyoung pun juga memproduksi lagu ini, lho!

Kemudian, selain lagu solonya, Jinyoung juga menciptakan lagu ‘I Am Me’ dimana ia turut berperan dalam menulis lirik bersama dengan Distract dan composing lagu bersama Distract dan Ludwig Lindell.

7. Present: You and Me

Lagu Jinyoung GOT7 7

‘Present: You and Me’ merupakan repackaged album dari album sebelumnya, yaitu Present: You, dimana repackaged album ini memiliki 2 CD, nih. Yang membedakan dengan album sebelumnya, pada album ini ada tambahan 12 lagu baru yang masuk di CD 1, dan di CD 2 yang berisikan lagu-lagu yang sama seperti di album Present: You. Title track pada album ini berjudul ‘Miracle’.

Dalam album ini, juga terdapat beberapa lagu duet dari para member GOT7, lho. Dan Jinyoung pun berpartisipasi dalam menciptakan lagu duetnya dengan member GOT7 lain, yaitu lagu ‘Higher ‘ dan ‘King’. Untuk lagu ‘Higher’, Jinyoung berduet dengan Mark, dimana keduanya juga menulis lirik untuk lagu tersebut. Sedangkan untuk composing, Jinyoung lakukan bersama produser yang sudah sering bekerjasama dengannya, yaitu Distract dan Secret Weapon.

Dan lagu King merupakan lagu duet antara Jinyoung dan Bambam, mereka berdua pun berpartisipasi dalam penulisan lirik dan composing musiknya yang dibantu oleh produser FRANTS. Lagu ini juga pernah dibawakan Jinyoung dan Bambam saat KCON 2018 in Thailand, lho! Pecah banget penampilannya! Hayo, ada yang sudah nonton belum nih?

8. Spinning Top: Between Security & Insecurity

Lagu Jinyoung GOT7 8

Kali ini GOT7 kembali melakukan comeback dengan title track berjudul ‘Eclipse’ yang dibuat secara bersama-sama oleh JB dengan nama Defsoul, JYP, dan beberapa produser lain. Album ‘Spinning Top: Between Security & Insecurity’ rilis pada tahun 2019 dan memiliki enam buah lagu, dimana beberapa member kembali ikut berpartisipasi dalam penulisan dan produksi side tracknya seperti Yugyeom, Youngjae dengan nama Ars, Bambam, dan Jinyoung.

Jinyoung sendiri menciptakan lagu The End (끝), dimana lagu itu berisi tentang hubungan seseorang yang harus berakhir. Jinyoung berkata bahwa lagu ini bisa menggambarkan putusnya hubungan apa saja, tidak hanya hubungan percintaan, bisa hubungan pertemanan atau kerabat.

Lirik lagu ini ditulis sendiri oleh Jinyoung, dan lagunya di produksi oleh ia bersama dengan Distract dan Secret Weapon.

9. Call My Name

Lagu Jinyoung GOT7 9

Album ‘Call My Name’ merupakan mini album kesepuluh GOT7 yang dirilis pada November 2019, yang tepat enam bulan setelah comeback Spinning Top. Album ini memiliki title track berjudul ‘You Calling My Name’ yang lagi-lagi merupakan ciptaan dari kolaborasi antara JYP dengan JB bersama Isran Kass.

Dalam album ini, Jinyoung membuat lagu berjudul ‘Run Away’ yang liriknya ia tulis bersama VENDORS dan Ryu Da Som. Lagu ini berisi tentang keinginan untuk melarikan diri bersama ke tempat lain yang hanya mereka berdua saja disana. Namun, kali ini Jinyoung tidak ikut dalam composing lagu dan hanya menulis lirik saja.

10. DYE

Lagu Jinyoung GOT7 10

Pada April 2020, GOT7 kembali melakukan comeback dengan mini album bertajuk ‘DYE’ dengan title track ‘Not By the Moon’. Album ini berisikan enam track untuk digital download, serta empat tambahan track untuk album fisik/cd only.

Di album ini, terdapat beberapa lagu yang merupakan ciptaan member seperti Youngjae, JB, Yugyeom, dan juga Jinyoung. Lagu yang Jinyoung ciptakan berjudul ‘Love You Better’, dimana lirik lagunya Jinyoung tulis bersama Jo Mi Yang dan room102 dan composingnya dilakukan oleh Frederik Jyll dan BLSDD.

11. Breath of Love: Last Piece

Album ‘Breath of Love: Last Piece’ menjadi album terakhir GOT7 dibawah naungan JYP Entertainment sebelum seluruh member memutuskan untuk keluar dari agensi tersebut. Album ini merupakan full-length studio album keempat dari GOT7 dan memiliki dua lagu sebagai title track-nya, yaitu ‘Breath’ dan ‘Last Piece’ yang dirilis pada November 2020. Semua member kembali ikut berpartisipasi dalam produksi lagu, baik title track maupun side track.

Pada album ini, Jinyoung turut menciptakan lagu yang menjadi side track album, berjudul ‘Wave’, yang liriknya ia tulis bersama Distract. Jinyoung juga ikut dalam composing lagu ini dibantu dengan Distract dan Ludwig Lindell. 

Lewat lagu ini, Jinyoung ingin membagikan pikirannya bahwa hidup akan berlalu seperti gelombang/ombak. Ia juga mengatakan kalau ia bisa bertahan karena orang-orang yang menghargainya di akhir gelombang tersebut. Jinyoung sendiri memilih lirik “We riding through this wave. We’re laughing through the pain” sebagai lirik favoritnya di lagu ‘Wave’.

Nah, itu dia sebelas album GOT7 yang Jinyoung ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu di dalamnya. Ada sekitar sembilan belas lagu yang sudah Jinyoung tulis dan compose untuk GOT7 selama tujuh tahun terakhir, menandakan bahwa Jinyoung memang berbakat di bidangnya sebagai musisi karena telah berpartisipasi dalam membuat lagu-lagu yang sangat enak untuk didengar.

Setelah memutuskan keluar dari JYP, tujuh member GOT7 mengejutkan fans dengan merilis music video dan single berjudul ‘Encore’ pada tanggal 20 Februari 2021 kemarin. Dan ternyata, lagu ‘Encore’ ini juga merupakan ciptaan Jinyoung, lho! Lagu ini ia buat disela-sela kesibukan shooting dramanya.

Keren banget, kan?

Dari lagu ciptaan Jinyoung diatas, mana yang menjadi favorit kalian nih? 

Penulis: Adin

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0