fbpx
Connect with us

Bacaan Seru

[Spesial] Membedah Keindahan Lagu “Rose” Jae Day6, Membuka Perspektif Baru

Published

on

Lirik Rose Jae Day6, heynoona.com — Lika-liku menjalani realita kehidupan sebagai manusia seringkali menginspirasi para  musisi dalam menciptakan karyanya. Banyak diantara mereka menuangkannya ke dalam  lirik serta melodi yang indah hingga menyentuh hati para pendengar. Termasuk salah  satunya yaitu lagu ciptaan gitaris Day6, Jae atau eaJ yang berjudul “Rose”. 

Lagu berbahasa Inggris ini sukses menyampaikan pesan mendalam melalui lirik yang  terbilang singkat namun penuh metafora. Tak luput dari perhatian, MV untuk lagu ini juga  sarat akan makna. Salah satu hal yang membuat MV ini semakin menarik adalah adaptasi  dari buku populer karya Antoine de Saint-Exupéry, The Little Prince. Terdapat keterkaitan  antara makna lirik dan sinematografi MV lagu Rose dengan cerita buku The Little Prince  yang membawa pendengar memahami lebih dalam filosofi kehidupan.  

Artikel ini akan mengupas satu persatu lirik lagu, adegan MV, hingga kaitannya  dengan buku yang tentunya menarik untuk diulas bersama. Simak ulasan berikut hingga  akhir ya! 

Sekilas Tentang eaJ Project 

Pada 2020, gitaris band Day6, Jae, mengunggah beberapa lagu yang ia tulis sendiri di  akun Youtube dan Soundcloud pribadinya. Ia mengaku, bahwa proyek yang diberi nama eaJ 

(kebalikan dari nama aslinya) ini adalah proyek pribadi untuk mengeksplor gaya musikalitas  yang berbeda. Semua lagu dalam proyek ini tidak dimonetisasi sehingga bisa didengarkan  secara gratis oleh semua orang di dua platform: Youtube (eajmusic) dan Soundcloud (eajpark). 

Lirik Lagu Rose dan Terjemahannya 
Lirik Rose Jae Day6

Lagu berdurasi 1 menit 51 detik ini memiliki melodi yang mellow dengan genre R&B.  Ditulis langsung oleh sang penyanyi, lagu yang dirilis pada 20 Maret 2020 ini diaransemen  oleh 220, audio mastering oleh Nam Woo Kwon dan digital editing oleh Jango. Berikut  adalah lirik lagu “Rose” oleh eaJ dan terjemahannya: 

Verse 1: 

For the times when they hit you  

(Saat-saat ketika mereka memukulmu) 

Facedown in the ground with the wetsuit  

(Terjatuh di tanah dengan pakaian selam) 

Plant seeds but the tree never grow fruit  

(Menanam benih namun pohonnya tak pernah berbuah) 

Shouting but they all got you on mute  

(Berteriak namun mereka membungkammu) 

Verse 2: 

When they got you thinking maybe  

(Ketika mereka membuatmu berpikir mungkin) 

It could be me that’s the crazy  

(Akulah yang gila) 

All the tears bled up 

(Seluruh tangis meluap) 

On the climb up  

(Di atas tanjakan) 

Dry up  

(Mengering) 

Into nothing  

(Tak menjadi apapun) 

Pre-Chorus:

Nothing you understand  

(Tak ada yang kau pahami) 

Nothing makes sense but  

(Tak ada yang masuk akal namun) 

Chorus: 

Don’t you know that nothing’s really ever beautiful  

(Tak taukah kau bahwa tak ada yang benar-benar indah) 

We’re all just broken windows  

(Kita semua hanyalah jendela yang pecah) 

What you see depends from where  

(Apa yang kau lihat tergantung darimana) 

you set your eye  

(Kau memandang) 

I could see my  

(Aku dapat melihat) 

Blood on the floor  

(Darahku di atas lantai) 

Or it might just be a  

(Atau itu mungkin hanyalah setangkai) 

Rose 

(Mawar) 

Secara struktur, lagu ini memiliki elemen inti untuk sebuah lagu. Meskipun tidak ada  pengulangan chorus, eaJ berhasil menyampaikan makna utama dari lagu “Rose” secara  singkat dan padat. Hal ini menjadi ciri khas lagu dalam proyeknya yang rata-rata memiliki  durasi kurang dari dua menit. 

Adapun dari sisi kebahasaan, penggunaan metafora terlihat pada salah satu liriknya  yaitu We’re all just broken windows. Sang penulis juga membubuhi idiom atau ungkapan On  the climb up serta kalimat hiperbola seperti All the tears bled up dalam menyampaikan  emosi yang tertanam dalam lagu. 

Bedah Makna Lirik Bersama eaJ

Dalam penjabaran makna lirik, eaJ sempat menjelaskan satu persatu lirik lagu  ciptaannya dalam siaran Twitch akun pribadinya, eajparkofficial. Siaran tersebut diunggah  oleh channel Youtube Mumuchan (menit ke 9:00-20:00) yang bisa ditonton di bawah ini. 

Dimulai dari dua baris pertama, “For the times when they hit you, Facedown in the  ground with the wetsuit” eaJ menjelaskan interpretasi dari lirik lagu yang ditulisnya. Secara  harfiah, Ia mengibaratkan perasaan ketika seseorang dipukuli kesekian kalinya oleh orang  lain dengan perasaan seseorang dalam keadaan basah menggunakan pakaian selam dan  tertelungkup di tengah gurun.

Perasaan yang mungkin saja muncul adalah risih, buruk, dan  tidak mengenakkan. Secara tidak langsung lirik ini menyampaikan sebuah kondisi ketika kita menerima perlakuan tidak pantas dari orang lain kemudian hal tersebut membuat kita  merasa buruk dan hina. 

Untuk lirik berikutnya, Sang penyanyi berkata bahwa makna lirik tersebut cukup jelas  dan dapat dipahami secara langsung. “Plant seeds but the tree never grow fruit” dapat  dimaknai ketika kita sudah mengerahkan segala usaha dan melakukan semua hal untuk  mewujudkan suatu hal, namun hasil yang didapat tidak sesuai keinginan.

Lirik setelahnya,  “Shouting but they all got you on mute” bermakna kita berteriak meminta pertolongan dan  bantuan dari orang lain di tengah hal yang terjadi dalam kehidupan kita, namun orang-orang  justru tidak peduli. Seakan mereka membungkam kita dan tidak mendengar teriakan minta  tolong. 

“When they got you thinking maybe it could be me that’s the crazy” lirik tersebut  menggambarkan dunia di sekitar kita membuat kita meragukan diri kita sendiri, dan berpikir  kita lah yang salah sedangkan semua orang benar. eaJ menjelaskan hal ini lebih lanjut  dengan suatu kondisi saat di dalam lubuk hati, kita merasa hal yang dilakukan sudah tepat,  namun orang di sekitar kita berkata itu tidak seharusnya dilakukan. Namun, karena kita  sudah terlalu sering mendengar hal tersebut, kita menjadi ragu dan merasa di arah yang  salah. 

Segala hal pahit kehidupan yang tertulis di enam larik pertama lagu sampai pada  puncaknya dalam lirik “All the tears bled up on the climb up, dry up, into nothing.” Frasa all  the tears dimaknai sebagai segala usaha, adapun kehidupan dalam lirik tersebut  diungkapkan dalam frasa climb up yang berarti tanjakan.

Jika digabungkan, lirik tersebut  memiliki makna segala bentuk usaha dan perjuangan yang kita kerahkan dalam hidup  seakan tidak berguna karena sikap buruk orang-orang yang memandang rendah hal  tersebut. 

eaJ dan timnya membuat transisi dari bagian Verse menuju Chorus dengan indah  dalam Pre-chorus. Lirik “Nothing you understand, nothing make sense, but” yang memiliki  makna eksplisit ini disusun dalam melodi unik dengan memisahkan suku kata no dengan 

thing. Bagian ini seakan melukiskan suasana alam bawah sadar kita dalam menyikapi segala  kenyataan hidup: tidak bisa dipahami dan tidak masuk akal. 

Masuk pada inti lagi dan lirik Rose Jae Day6, “Don’t you know that nothing’s really ever beautiful” menjadi  pembuka bagian Chorus. Lirik tersebut mengandung fakta kejamnya kehidupan bahwa tidak  ada yang benar-benar indah di hidup ini. Fakta itu membuat kita menyadari jika kita semua  memiliki kekurangan seperti yang disebutkan dalam lirik setelahnya, “We’re all just broken  windows”.

Namun, lirik “What you see depends from where you set your eye” yang menjadi  kelanjutannya seakan menyampaikan pesan seperti halnya kaca yang pecah, jika kita  melihatnya dari sudut pandang lain, kita tidak akan melihat retakan dari benda itu.

Lebih  jelasnya, ketidaksempurnaan hidup akan menjadi masuk akal dan jelas jika kita mencoba  mengubah sudut pandang kita. Pesan ini diikuti dengan metafora yang menjadi penutup lirik  lagu Rose, “I could see my blood on the floor, or it might just be a rose” yang berarti seluruh  masalah dan penderitaan yang kita miliki, jika kita melihatnya dari sudut pandang berbeda  bisa menjadi hal yang indah, seindah bunga mawar. 

Visual MV dan Kaitannya dengan Buku The Little Prince 

Sebelum kita membedah video klip berdurasi 1 menit 51 detik ini, yuk intip terlebih  dahulu MV buah karya oleh John Lee berikut ini. 

Lirik Rose Jae Day6 1

Sepanjang video klip, Sang penyanyi tampak 

mengenakan pakaian bernuansa gelap dengan dominasi  

warna hijau keabu-abuan. Rupanya, tone warna 

wardrobe yang ia gunakan terinspirasi dari ilustrasi Little  

Prince yang mengenakan kostum serba hijau. Dari sini  

dapat disimpulkan bahwa eaJ dalam video klip berperan  

sebagai Little Prince.

Lirik Rose Jae Day6 2

MV dimulai dengan adegan berlatar ruang angkasa. Dalam adegan tersebut,  terdapat planet berwarna merah yang bisa diasumsikan sebagai planet mars. Di dekatnya  nampak kabut putih dimana kabut tersebut adalah atmosfer bumi yang merupakan planet  terdekat dengan mars. Kemudian pada detik ke 00:05, terlihat sesuatu yang terjatuh seperti  komet ke arah bumi. 

Lirik Rose Jae Day6 3
Lirik Rose Jae Day6 4

Sesuatu yang jatuh ke bumi itu ternyata adalah eaJ—disini sebagai Little Prince— sebagaimana tergambar dalam adegan di atas.

Hingga adegan tersebut, cukup jelas jika kisah MV terinspirasi dari kisah The Little  Prince. Dalam buku aslinya, Little Prince melakukan perjalanan dari tempat tinggalnya,  Asteroid B612 ke beberapa asteroid terdekat. Ketika ia berada di Asteroid 330, Sang  Geografer yang merupakan penghuni asteroid tersebut menyarankan Little Prince untuk  pergi ke bumi. Visualisasi Little Prince yang pergi ke bumi tergambarkan dengan estetis pada  permulaan MV.  

Lirik Rose Jae Day6 5
Lirik Rose Jae Day6 6

Adapun lokasi tempat Little Prince mendarat di bumi adalah gurun sahara, sesuai  dengan adegan detik ke 00:23 yang berupa gurun pasir.

Lirik Rose Jae Day6 7
Lirik Rose Jae Day6 8

. Entah suatu kebetulan atau kesengajaan, Sang pembuat MV membuat adegan eaJ yang  duduk di ujung tebing persis dengan salah satu ilustrasi dalam buku The Little Prince berikut.

Tak luput dari perhatian, setangkai bunga mawar yang merupakan representatif dari lagu ini  menjadi pemeran utama dalam MV. Bunga berwarna merah tersebut tampak beberapa kali muncul  dalam genggaman eaJ. Selain menjadi representatif judul lagu, bunga mawar merupakan elemen  penting dalam buku The Little Prince. Bunga tersebut menjadi teman menjalani keseharian dan  sesuatu yang amat dicintai Little Prince.

Adegan eaJ yang sedang memandang bulan di tengah padang rumput menambah rangkaian  similaritas video klip dengan ilustrasi buku klasik ini. Adegan tersebut menyerupai ilustrasi Little  Prince yang menatap pemandangan matahari terbenam. Disebutkan dalam buku bahwa Little Prince  sangat menyukai matahari terbenam dan setidaknya 44 kali sehari ia melihat matahari terbenam di  tempat tinggalnya.

Salah satu bagian yang cukup jelas membuktikan bahwa video klip ini terinspirasi dari kisah  The Little Prince terdapat pada adegan menit ke 1:21. Tulisan Asteroid 325 berwarna kuning tertulis  di tengah dilengkapi dengan planet kecil kelabu di atasnya. Bukan tanpa alasan, nama Asteroid 325  adalah asteroid pertama yang dikunjungi Little Prince dalam perjalanannya. Asteroid tersebut  merupakan asteroid terdekat dengan tempat tinggal Little Prince dan dihuni oleh seorang raja. 

Adegan ditampilkannnya Asteroid 325 dan sedikit permukaan planet di bawahnya berfungsi  memperjelas latar tempat adegan berikutnya, yaitu Asteroid B-612 tempat Little Prince tinggal.

Baca Juga:
4 Tahun Berlalu, Throwback “Project Every Day6” dari DAY6 di Tahun 2017
Jae Day6 Membagikan Pengalaman dan Opininya Tentang ‘Cancel Culture’ Saat Siaran Twitch
7 Lagu DAY6 yang Bisa Kamu Dedikasikan untuk Doi

Tak hanya ilustrasi, kutipan terkenal dari buku tersebut juga ditambahkan dalam MV. “It is  only with the heart that one can see rightly, what is essential is invisible to the eye” atau yang berarti  hanya lewat hati kita bisa melihat dengan baik, apa yang terpenting tidak tampak di mata. Kutipan  tersebut dikatakan oleh Sang Rubah kepada Little Prince seperti yang tertera pada gambar di atas.

Pada bagian akhir, tampak siluet pohon besar dengan eaJ yang bersandar di bawahnya.  Pohon besar tersebut bisa diasumsikan sebagai Baobab, pohon yang tumbuh di tempat tinggal Little  Prince. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, latar tempat adegan tersebut adalah Asteroid B 612 tempat tinggal Little Prince sebelum memutuskan perjalanannya berkelana ke planet lain.

‘Benang Merah’ Lirik Lagu, MV, dan Kisah The Little Prince 

Sebenarnya, lirik lagu dengan kisah The Little Prince tidak memiliki keterkaitan secara  langsung. Meski begitu, ada beberapa hal yang menjembatani keduanya melalui visual MV. Seperti  setangkai bunga mawar, dalam MV, bunga tersebut merupakan representatif judul lagu dan disaat  yang bersamaan menunjukkan hal yang sangat dicintai Little Prince berasarkan kisah buku aslinya. 

Dalam lirik lagu, bunga mawar adalah metafora dari suatu hal yang sebenarnya menyedihkan tetapi  tampak indah karena perspektif tertentu. Bunga mawar menjadi simbol dalam karya karena memiliki  kaitan dengan lagu, MV, dan kisah The Little Prince.  

Adapun pesan yang disampaikan oleh lirik lagu dengan secuplik kisah The Little Prince dalam  MV secara tidak langsung berhubungan. Dari sinematografi MV yang terinspirasi dari kisah seorang  pangeran yang berkelana ke planet lain dan berakhir terdampar di gurun sahara, kita bisa  mengetahui bahwa Sang pembuat karya ingin menyampaikan kutipan utama dari kisah tersebut: “It  is only with the heart that one can see rightly, what is essential is invisible to the eye” (hanya lewat  hati kita bisa melihat dengan baik, apa yang terpenting tidak tampak di mata).

Jika dimaknai lebih  dalam, kutipan tersebut mengingatkan kita bahwa hanya dengan hati kita bisa melihat kehidupan  lebih baik dan sesuatu yang amat berarti tidak bisa dilihat secara langsung. Sesuai dengan makna  lagu “Rose”, eaJ mengajak kita melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dalam menyikapi realita  kehidupan.  

Pesan Berharga dari Karya Luar Biasa 

Melalui lagu yang indah serta sinematografi yang menawan dengan elemen kisah klasik  populer, pendengar tidak hanya menikmati karya berkualitas, tetapi juga mendapatkan pesan  berharga. Dalam kehidupan, adalah suatu hal yang lumrah jika semua tidak sempurna dan terasa  berat, tapi kita harus mengingat bahwa dengan hati kita melihat sesuatu dari perspektif berbeda,  dan dari situ kita bisa menemukan hikmah yang tidak kita sadari sebelumnya. 

Sumber: 
Youtube.com/eaJmusic 
Youtube.com/Mumuchan 
Antoine De Saint-Exupery,2001,The Little Prince,Mammoth 

Penulis: Aghnia Tias

Artikel ini merupakan artikel spesial di mana kamu bisa menuliskan secara detail mengenai hal di dunia Kpop yang benar-benar kamu suka. Kamu bisa kirim tulisanmu juga loh!

Leave your vote

Comments

0 comments

Bacaan Seru

Raih Kesuksesan, 8 Idol Kpop Ini Beli Properti dengan Harga Selangit!

Published

on

Properti Mewah Idol Kpop, heynoona.com — Meraih kesuksesan merupakan impian bagi banyak idol Kpop tak hanya sekedar meraih kekayaan semata tetapi juga menjadi grup ternama yang musik dan nama mereka dikenal di seluruh dunia. Namun tentu saja kesuksesan bukanlah hal yang dapat diraih setelah debut tentunya para idol Kpop bekerja keras sejak masa trainee hingga merintis karir di berbagai bidang agar tak hanya sukses di dunia musik saja tetapi juga di bidang entertaiment lainnya.

Nah, kali ini HeyNoona bakal ngebahas beberapa idol Kpop yang tak hanya sekedar meraih kesuksesan di usia mereka yang masih muda, tetapi juga berinvestasi dengan membeli properti ataupun gedung mewah yang tentu saja hal tersebut tak mudah dilakukan mengingat Korea sendiri merupakan negara yang maju dan juga harga real estate disana pun tergolong mahal. Hal ini membuktikan dedikasi mereka yang tinggi akan masa depan. Lalu siapa saja sih mereka apakah ada bias kamu? Langsung aja yuk simak deretannya dan harganya yang juga fantastis. 

Properti Mewah Idol Kpop

1. Chanyeol – EXO

Properti Mewah Idol Kpop

            Chanyeol termasuk member EXO yang cukup populer dan tentunya memiliki banyak penggemar. Tak hanya sukses berkarir di dunia musik saja, ia pun dijuluki ‘idol serba bisa’ yang tak hanya berkarir di dunia musik saja, tetapi ia pun juga seorang aktor dan juga menjadi brand ambassador banyak brand ternama hingga produk kosmetik.Nggak ketinggalan, idol kelahiran 1992 ini pun juga kerap menjalani pemotretan hingga tampil di banyak program televisi.

Chanyeol pun juga tergabung dalam unit EXO SC bersama Sehun yang penjualan albumnya cukup tinggi. Jadi nggak heran deh kalau dirinya kerap memakai jam tangan mewah ataupun barang branded lainnya. Chanyeol pun tak mau ketinggalan untuk menginvestasikan penghasilannya Chanyeol pun mengungkapkan bahwa dia mengelola urusan keuangan, membeli gedung sebagai real estate, dan menjadi pemilik gedung. 

          Dikabarkan bahwa nilai bangunan yang dibeli tahun 2019 oleh Chanyeol ini sekitar 2,27 miliar won atau setara dengan 29 miliar Rupiah. Bangunan ini merupakan gedung single dengan 5 lantai yang terletak di dekat Seoul Metro Jalur 2 yang termasuk daerah dengan harga yang cukup mahal ditambah berdekatan dengan stasiun Seoul dan Universitas Ewha. Ditambah, daerah ini pun juga merupakan juga sedang dikembangkan menjadi pusat perkotaan sehingga harga sewa dan jualnya pun juga makin tinggi.

Chanyeol sendiri dikabarkan membayar 80% uang gedungnya menggunakan uang cash. Saat ini pun gedung ini digunakan untuk kantor umum dan juga studio rekaman. Chanyeol belum lama ini dikonfirmasi bakalan menjalani wajib militer, namun sebelum wamil ia memberikan penggemar kejutan dengan segera merilis sebuah film terbarunya berjudul ‘The Box’ Siapa nih yang nggak sabaran?

2. Sehun – EXO

Properti Mewah Idol Kpop

Selanjutnya, masih member EXO yaitu sang maknae yang juga memiliki pendapatan yang cukup tinggi berkat popularitasnya yang nggak perlu diragukan lagi. Sehun sendiri tak hanya sukses di dunia musik ia pun juga aktif menjadi brand ambassador banyak brand ternama, pemotretan dan banyak lagi aktivitas solonya yang tentu saja penghasilan yang ia dapatkan berkat kerja keras tersebut juga ia investasikan membeli mobil dan juga gedung untuk investasi. Tahun 2019 lalu Sehun membeli sebuah gedung di Sangdo-dong, Dongjak-gu, yang berada di jantung kota Seoul dan dikenal dengan daerah dengan harga real estate yang sangat mahal. 

            Yap, gedung yang dibelinya tersebut seharga 3,35 miliar won atau  43 miliar Rupiah dengan tinggi bangunan enam lantai, terdiri dari satu ruang bawah tanah dan lima lantai di atas lantai dasar. Di tahun 2020 lalu orang dalam mengungkapkan bahwa harga bangunan tersebut sekarang telah meningkat menjadi 50 Miliar Rupiah dan pada tahun 2021, apartemen ‘Lotte Castle’ akan dibangun di dekat gedung Sehun. Oleh karena itu, harga bangunan diperkirakan akan terus meningkat. Tentu saja ini merupakan langkah yang sangat bagus diambil oleh maknae EXO yang satu ini. Fakta lainnya adalah, ini bukan satu-satunya properti yang dimiliki Sehun. Sehun juga memiliki villa mewah di Samseong-dong yang saat ini bernilai KRW 2,6 miliar. Oh iyam sendiri kabarnya juga bakal merilis film terbarunya di tahun ini loh!

3. Jungkook – BTS

Properti Mewah Idol Kpop

          Belum lama ini Jungkook sempat membuat heboh publik karena di usianya yang masih muda yaitu kelahiran 1997 ini, ia sudah membeli sebuah rumah seharga 7,6 miliar won atau sekitar 98 miliar Rupiah menggunakan uang tunai! Debut di usia muda sejak usia 15 tahun berkat kerja kerasnya siapa sangka ia meraih kesuksesan besar hingga mampu membeli rumah di Itaewon-dong, Yongsan-gu, Seoul. Sebelumnya, Jungkook sendiri membeli sebuah apartemen di Seoul Forest seharga 1,95 miliar won pada tahun 2018 hingga akhirnya pada bulan Oktober 2020 ia menjualnya 2,5 Miliar won atau setara dengan 32 miliar Rupiah. Tentu saja ini semua berkat kerja kerasnya dan juga kesuksesan BTS yang juga memberikan impact besar terhadap perekonomian Korea sendiri.

Memang tak bisa dipungkiri BTS sendiri termasuk grup Kpop dengan penjualan album tertinggi loh yang tentu saja mereka secara tak langsung ikut andil dalam membangun Bighit menjadi agensi besar. Rumah yang Jungkook sendiri dibangun di tahun 1976 dan juga memiliki 2 lantai. Selain itu fakta uniknya adalah daerah rumah tersebut merupakan kawasan elit yang dihuni oleh banyak pejabat asing, kedutaan besar negara dan juga selebriti papan atas Korea. Tentu saja lokasinya sangat strategis di pusat perkotaan dan juga yang menariknya ialah rumahnya berdekatan dengan asrama BTS. Wah tak hanya sangat menawan saat diatas panggung, ia pun juga calon idaman banget nih!

4. IU

Begitu pula halnya dengan  IU yang sudah 15 tahun merintis karir di dunia musik hingga akting kini ia pun termasuk salah satu selebriti Korea dengan penghasilan tertinggi. Hal ini karen ia sukses di berbagai bidang seperti musik ia menjadi salah satu solois ternama dan selalu meraih All Kill dan juga karir aktingnya yang juga melejit dan sudah membintangi drama hingga film yang juga selalu sukses besar. Namun dibalik kesuksesan tersebut banyak perjuangan dan kesulitan yang harus ia lalui. IU sendiri debut sebagai solois sejak ia masih sangat muda yaitu umur 15 tahun yang ditambah kerasnya persaingan antara grup saat itu. Tak hanya itu saja ia sendiri berasal dari keluarga kurang mampu yang membuatnya harus bekerja keras mencari nafkah untuknya dan melunasi utang keluarga.

Debutnya juga tak berjalan mulus, mulai ditipu hingga kehilangan uang sampai dengan ditolak banyak agensi. Namun berkat kerasnya tersebut yang awalnya ia menumpang tinggal di rumah neneknya saat sebelum debut dan juga diperlakukan kurang baik, kini ia mampu membeli rumah sendiri di Yangpyeong, Gyeonggi-do dengan harga setara dengan 58,5 Miliar Rupiah. Lokasi rumah yang ia beli sendiri memang jauh dari perkotaan dan berada di pinggir danau dan daerah hijau perbukitan. Menurut agensinya sendiri menjelaskan bahwa Iu membeli properti di Yangpyeon agar bisa bersantai dengan nyaman bersama keluarganya di akhir pekan. Kini pun ia menjadi sosok yang sangat dermawan dan juga murah hati.

Baca Juga:
20 Idol Kpop Berbakat Kelahiran Tahun 2001!
9 Drama Korea yang “Katanya” Underrated, Tapi Ternyata Seru Buat Ditonton!
Deretan Nama Photocard 23 Bujang NCT yang Paling Kocak dan Unik ala Nctzen Indonesia!


5. Zico – Block B

Properti Mewah Idol Kpop

        Solois sekaligus member Block B yang paling populer ini tak hanya sukses sebagai solois yang telah banyak melahirkan banyak lagu hits, tetapi ia juga menjadi komposer lagu dan sudah memiliki banyak hak cipta lagu di bawah namanya. Kepopuleran Zico tak hanya sebagai rapper saja, ia pun juga dikenal dengan idol yang memiliki pendapatan tinggi berkat dirinya yang jenius dalam menciptakan lagu.

Tak heran ia menjadi idol yang telah menciptakan banyak lagu hits untuk idol Kpop lainnya. Berkat kesuksesannya tersebut, Zico pun sangat hobi mengoleksi jam tangan mewah yang harganya ratusan juta sampai dengan milyaran sebagai investasi. Nggak ketinggalan ia pun membeli sebuah gedung di Seongsu-dong, Seoul dengan harga 4,8 Miliar Won atau setara dengan 61 Miliar Rupiah. Gedung memiliki 4 tingkat ini berada di pusat keramaian yang tentu saja menarik banyak peminat untuk menyewa tempat ini. 

          Gedung ini sendiri dibelinya tahun 2018 dan diperkirakan selama 2 tahun ia sudah meraup keuntungan sebesar 15 Miliar Rupiah dan terus meningkat. Zico sendiri saat ini sedang menjalani wajib militer dan tentu saja ia tetap mendapatkan penghasilan meski tak aktif di dunia hiburan.

6. G-Dragon – BIGBANG

Properti Mewah Idol Kpop

           G-Dragon kayaknya emang nggak boleh ketinggalan deh untuk masuk ke dalam list, hal ini karena GD juga dikenal dengan idol yang mempunyai kekayaan yang fantastis berkat kepopuleran dirinya. Tak hanya dikenal sebagai solois yang berbakat dan jenius, GD sendiri juga menjadi brand ambassador brand ternama Chanel dan juga belum lama ini berkolaborasi dengan Nike untuk produk sneakers yang sepatu tersebut langsung ludes terjual hingga banyak orang mengantri di depan toko sepatu tersebut jauh hari sebelum sepatu tersebut dirilis. Tak hanya itu GD sendiri termasuk solois yang dijuluki ‘King Of Kpop’ karena ia telah meraih daesang, penjualan album yang tinggi hingga melaksanakan World Tour di berbagai negara ditambah ia pun juga menciptakan banyak lagu populer dan juga memegang banyak hak cipta musik. 

          Nggak heran penghasilan yang ia raup sebagai solois sangat besar belum lagi sebagai grup BIGBANG yang juga meraih kesuksesan. Seperti yang kita tahu GD mempunyai sebuah cafe di pulau Jeju yang menjadi destinasi utama ketika ke pulau Jeju, dari cafe tersebut saja ia bisa menghasilkan 3-4 Miliar per tahunnya. Dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi cafe ini sendiri sangat estetik dan instagramable loh! Nggak Cuma itu saja, GD juga membeli sebuah gedung elit bernilai sekitar 8,8 Miliar Won atau setara dengan 111 Miliar Rupiah.

Gedung terletak di Cheongdam ini memiliki 6 lantai dan 1 lantai bawah tanah yang termasuk dalam second class commercial dengan fasilitas yang super mewah dan juga elit. Sampai-sampai karena bangunannya yang elit gedung ini pun dianugerahi Penghargaan Utama Arsitektur oleh Distrik Gangnam. Gedung ini sendiri berada di dekat stasiun dan juga berdekatan dengan banyak agensi hiburan besar Korea. Wah gaya bangunannya emang keren banget deh!

7. Chanhyuk – AKMU

Properti Mewah Idol Kpop

          Chanhyuk Akmu dikenal dengan idol yang ‘kaya karena hak cipta’ debut di usia muda bersama adiknya Lee Suhyun, Chanhyuk sudah menciptakan banyak lagu hits dan memegang hak cipta di KOMCA dengan jumlah yang sangat banyak, bahkan ia bisa memperoleh keuntungan sampai 1 miliar dari 39 lagu saja. Memang hampir semua lagu AKMU diciptakan olehnya hanya dalam waktu singkat saja namun menghasilkan lagu yang luar biasa berkat kecerdasannya dalam menciptakan dan mengaransemen lagu. Berkat itulah ia juga menjadi idol yang berpenghasilan cukup tinggi hanya dengan lagu ciptaannya saja

.Nggak ketinggalan ia pun juga menginvestasikan penghasilannya tersebut untuk membeli sebuah gedung Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul yang bernilai 4,75 Miliar Won atau setara dengan 60 Miliar Rupiah. Gedung yang satu ini berada di pusat cafe dan juga destinasi wisata belanja di Korea. Sehingga di tahun 2016 lalu ia merombak gedung tersebut menjadi 4 lantai dan 1 basement yang setiap lantainya disewakan untuk cafe dan juga bar. Ia pun meraup keuntungan yang cukup besar dari gedung tersebut. 

8. Yoona – SNSD

Properti Mewah Idol Kpop

           Tak hanya memiliki paras yang cantik dan rajin berdonasi, Yoona juga menjadi idol yang sangat sering berinvestasi hingga termasuk kedalam artis Korea yang ahli dalam investasi. Yoona sendiri saat ini termasuk idol Kpop yang pernah membeli gedung dengan harga termahal. Kepopuleran Yoona memang nggak perlu diragukan lagi sejak debut di usia 17 tahun, ia sudah dikenal dengan visualnya yang memukau hingga melahirkan julukan ‘Visual Center’ yang saat ini masih dipakai oleh grup kpop lainnya. Tak hanya sukses sebagai grup, ia pun juga sukses bersolo karir terutama di bidang akting. Tak lama setelah debut ia sudah banyak membintangi drama dan film.

Film terbarunya berjudul ‘EXIT’ yang dirilis tahun 2019 lalu ini pun berhasil meraup 9 juta penonton. Belum lagi Yoona sudah menjadi brand ambassador brand kosmetik ternama selama 11 tahun loh! Ini pun belum termasuk penghasilan yang ia menjadi model CF mengingat popularitas dirinya sehingga kerap menjadi model iklan ataupun pemotretan. Tak hanya satu brand saja, Yoona pun sekaligus banyak menjadi BA brand kosmetik lainnya.

Ia pun sering menginvestasikan penghasilannya tersebut untuk membeli sebuah gedung salah satunya yaitu yang berada di Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Seoul, dengan harga 10 miliar won atau 126 Miliar Rupiah pada tahun 2019 lalu. Ia masuk kedalam top 5 artis Korea yang membeli properti dan gedung dengan harga termahal. Dikabarkan keuntungan yang dapatkan pun sekitar 5 miliar dari gedung tersebut. Memang kawasan tersebut merupakan daerah bisnis dan juga pusat perbelanjaan. 

         Nah itu dia beberapa idol Kpop yang tak hanya meraih kesuksesan tetapi juga menginvestasikan penghasilannya untuk membeli sebuah gedung ataupun properti lainnya yang harganya selangit. Nah, siapa lagi nih idol Kpop yang juga membeli gedung dan properti yang mungkin belum masuk kedalam list? Jangan lupa komen di bawah ya!

Sumber : Allkpop.com dengan tambahan

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Bacaan Seru

2 Tahun Berlalu, Inilah Kabar Terbaru Dari Ke-11 Member X1!

Published

on

Kabar Terbaru Member X1, heynoona.com — Kalian pasti tahu ajang survival Produce series, kan? Yap! X1 merupakan boygroup yang dibentuk dari ajang Produce 101 Season 3 dengan nama Produce X 101. Grup ini debut pada tanggal 27 Agustus 2019 yang anggotanya berasal dari agensi yang berbeda diambil dari 10 peringkat teratas acara tersebut ditambahkan dengan peringkat X. X1 sempat menduduki peringkat tertinggi di chart dan juga memenangkan total 11 piala di music show. Namun dikarenakan adanya isu mengenai manipulasi voting, agensi dari member X1 memutuskan untuk membubarkan grup ini pada tanggal 6 Januari 2020 setelah melalui keputusan yang panjang. Jadi, bagaimana kabar dari member X1 saat ini? Yuk kita kepoin!

X1 Debut dengan Album Quantum Leap & MV FLASH 27 Agustus Hari Ini

Kabar Terbaru Member X1

Han Seungwoo 

Kabar Terbaru Member X1
instagram.com/w_o_o_y_a

Han Seungwoo merupakan member tertua di X1. Han Seungwoo dipilih sebagai leader dari X1 melalui voting yang diikuti semua membernya. Dikarenakan memiliki jumlah voting tertinggi, Seungwoo akhirnya dijadikan sebagai leader dari X1. Hal ini disebabkan karena Seungwoo ini merupakan orang yang bertanggung jawab juga peduli dengan sesama member lho! Dan juga kebetulan banget nih, sebelum mengikuti ajang survival Produce X 101, Seungwoo merupakan leader dari boygroup asuhan PlayM Entertainment bernama VICTON. Saat ini, cowok kelahiran 1994 ini sedang menjalankan wajib militernya. Sebelum itu, Seungwoo juga sempat debut solo pada tahun 2020 dan mengeluarkan dua buah album berjudul Fame dan Fade.

Cho Seungyoun

Kabar Terbaru Member X1
instagram.com/woodz.dnwm

Si ceria Seungyoun merupakan all-rounder dari grup X1. Hal ini disebabkan karena Seungyoun dapat menjadi seorang rapper, vocalist, dancer, producer, dan juga dikenal akan kemampuan bahasanya dikarenakan sedari kecil dia sudah berpindah dari satu negara ke negara lain. Sebelum mengikuti ajang survival Produce X 101, Seungyoun merupakan seorang member dari grup besutan Yuehua Entertainment bernama Uniq.

Selain itu, Seungyoun sudah melakukan debut solo dengan nama panggung WOODZ. Setelah dari X1, Seungyoun comeback sebagai penyanyi solo dengan mengeluarkan album berjudul “Equal” dengan title track “Love Me Harder”. Saat ini, cowok yang pernah mengikuti ajang Show Me The Money ini sudah merilis total 3 album dan akan comeback pada bulan Oktober!

Kim Wooseok

Kabar Terbaru Member X1
instagram.com/woo.ddadda

Siapa yang gak kenal dengan member X1 yang merupakan visual dan dikenal akan wajahnya yang mirip dengan kucing? Yap! Dia adalah Kim Wooseok! Sebelum mengikuti ajang survival Produce X 101, Wooseok merupakan seorang vocalist dan visual dari boygroup UP10TION. Wooseok debut dengan peringkat kedua. SI kalem yang satu ini dikatakan merupakan pilar dari grup X1 selain Seungyoun. Setelah dari X1, Wooseok kemudian melakukan debut solo dengan album berjudul “Greed” pada tahun 2020.

Wooseok juga sempat melakukan debutnya sebagai aktor dalam web drama “Twenty Twenty” sebagai lead actor. Setelah itu, Wooseok kemudian mengeluarkan album solo keduanya bertajuk “Tasty” dengan title track berjudul “Sugar”.

Kim Yohan

Kabar Terbaru Member X1
instagram.com/y_haa.n

Ini dia si peringkat pertama, Kim Yohan! Kim Yohan diketahui memiliki bakat yang luar biasa. Meskipun merupakan trainee 3 bulan dari agensi OUI Entertainment, Yohan mampu menyusul teman-temannya. Sebelumnya, Yohan merupakan center dari grup X1. Si mantan atlet Taekwondo ini sekarang merupakan member dari grup WEi. Grup WEi pun berisikan teman seperjuangan Yohan di ajang survival Produce X 101 (Seokhwa), Produce 101 S2 (Donghan dan Daehyeon), serta Under Nineteen (Yongha dan Junseo). WEi debut pada tanggal 5 Oktober 2020 dengan membawakan title track berjudul “Twilight”.

Saat ini, WEi telah merilis total 3 album dengan comeback terakhir merilis title track yang easy listening berjudul “Bye Bye Bye”. Yohan melakukan debut aktingnya pada drama berjudul “A Love So Beautiful”. Saat ini, Yohan juga disibukkan sebagai MC dari program musik The Show bersama Yeosang ATEEZ dan Jihan WEEEKLY. Yohan juga tengah mempersiapkan syuting untuk drama barunya berjudul “School 2021”

Lee Hangyul 

Kabar Terbaru Member X1
instagram.com/official__bae173

Hangyul dikenal akan sosok yang pekerja keras. Bagaimana tidak? Jika dihitung, Hangyul telah debut sebanyak 4 kali (IM, X1, H&D, dan BAE173) dan telah mengikuti program acara survival 2 kali (THE UNIT dan Produce X 101). Hangyul juga merupakan main dancer yang handal. Hangyul meraih peringkat ke 7 di Produce X 101. Setelah dari X1, si tampan bersuara hangat ini debut sebagai duo dengan teman sesama member X1, Dohyon dengan unit bernama H&D. H&D sempat merilis beberapa lagu dengan lagu terakhir yaitu “Umbrella”.

Setelah selesai mempromosikan unit H&D, Hangyul kembali debut dalam boygroup keluaran MBK Entertainment bernama “BAE173” bersama Dohyon pada tahun 2020 kemarin dengan mengeluarkan mini album berjudul “Intersection: Spark”. Hangyul merupakan main dancer dari grup BAE173. Saat ini, Hangyul sedang disibukkan dengan syuting drama berjudul “Love Is Black Hole” yang juga dibintangi idol lain seperti Jaeyon SF9, Seola WJSN, Huihyeon DIA, dan juga sesama member BAE173, Doha.

Baca Juga:
10 Idol Kpop yang Paling Banyak di “Ship” sama Fans! Kamu Dukung yang Mana
46 Idol yang Terdaftar di KOMCA, Ada Favoritmu?
11 Idol Cowok Kpop Ini Gak Bisa Selfie, Tapi Damagenya Bukan Main!

Cha Junho

Kabar Terbaru Member X1
twiter.com/weareDRIPPIN

Cha Junho atau yang biasa dipangil “ChaCha” ini merupakan idol yang berasal dari agensi Woollim Entertainment. Sempat vakum beberapa bulan untuk mempersiapkan debutnya, “anak” dari L Infinite ini akhirnya debut dalam boygroup bernama DRIPPIN. Member DRIPPIN pun terdiri dari teman seperjuangannya dalam Produce X 101 yaitu Hyunseong, Changuk, Dongyun, Minseo, member yang awalnya merupakan individual trainee; Hyeop, dan juga member yang belum pernah diumumkan sebelumnya bernama Alex. Mini album pertama DRIPPIN berjudul “Boyager” rilis pada bula Oktober tahun 2020 lalu. DRIPPIN melakukan comeback terakhir pada bulan Juni lalu dan tengah mempersiapkan untuk comeback berikutnya. Kita tunggu aja ya!

Son Dongpyo

twitter.com/members_MIRAE

Si imut yang aktif dan merupakan center dari lagu X1-MA Produce X 101. Siapa lagi kalau bukan Dongpyo! Dongpyo sempat vakum beberapa bulan dari X1 dikarenakan persiapan comebacknya namun dia juga sempat menyapa fans melalui aplikasi VLIVE lho! Faktanya, Dongpyo sempat membocorkan mengenai grup barunya itu. Dongpyo juga sempat viral lho berkat video “pukul kepala dan pura-pura pingsan”.

Siapa nih yang udah nonton videonya? Akhirnya, Dongpyo debut dalam boygroup keluaran DSP Media bernama “MIRAE”. MIRAE debut pada bulan Maret tahun 2021 lalu dengan mini album berjudul “KILLA”. MIRAE menjalankan comeback terakhir mereka pada bulan Agustus 2021. Kita tunggu saja ya comeback MIRAE selanjutnya!

Kang Minhee

instagram.com/cravity_official

Satu-satunya marga Kang dari grup X1 yaitu Kang Minhee kini disibukkan dengan grupnya yaitu CRAVITY. Setelah dari X1, Minhee debut bersama temannya di X1; Hyeongjun dalam grup keluaran STARSHIP Entertainment dan diberi nama CRAVITY. CRAVITY melakukan debut pada bulan April 2020 dengan title track yang catchy berjudul “Break All The Rules”. CRAVITY juga sempat melakukan comeback pada bulan Agustus dengan title track “Flame”. Minhee dan member CRAVITY lain juga cukup sering menyapa fans mereka pada aplikasi VLIVE. Kita tunggu yuk comeback CRAVITY berikutnya!

Lee Eunsang

instagram.com/2eunsang_official

Si cowok manis Eunsang yang merupakan peringkat X di Produce X 101, saat ini tengah disibukkan dengan comebacknya. Yap! Eunsang melakukan debut sebagai penyanyi solo pada bulan Agustus tahun 2020 kemarin dengan lagu Beautiful Scar”, berkolaborasi dengan seniornya, Woojin dari grup AB6IX. Oh iya, Eunsang juga sempat melakukan duet dengan Wooseok dan membawakan lagu berjudul “Memories”.

Tentunya lagu ini sangat membuat hati dari para ONE-IT tersentuh dikarenakan menceritakan mengenai kisah hidup mereka. Sebelumnya, Eunsang sempat dirumorkan akan bergabung dengan rekan seagensinya di boygroup trio besutan Brand New Music, BDC yang anggotanya terdiri dari teman seperjuangannya di Produce X 101 yaitu Sihun, Seongjun, dan Junghwan. Namun akhirnya Eunsang melakukan comeback sebagai penyanyi solo dengan title track “Lemonade” yang dirilis awal September kemarin. Yuk kita dukung comeback Eunsang!

Song Hyeongjun

instagram.com/cravity_official

Satu lagi mantan member X1 yang merupakan anggota grup CRAVITY yaitu Hyeongjun! Heyongjun yang menggemaskan ini debut bersama dengan Minhee dalam grup CRAVITY. Posisi Hyeongjun yaitu sebagai main dancer. Ini dikarenakan keahlian Hyeongjun dalam dance dan juga Hyeongjun dengan mudahnya membawakan dance dari grup lain lho! Kita tunggu aja ya comeback selanjutnya Hyeongjun bersama CRAVITY.

Nam Dohyon 

instagram.com/official__bae173

Maknae X1, Dohyon sempat melakukan debut unit sebagai duo bersama rekannya, Hangyul dalam grup H&D. Faktanya, Dohyon ini adalah seorang komposer musik yang handal lho! Selain mempunyai skill rap yang bagus, Dohyon juga berbakat dalam memproduksi lagunya sendiri saat di H&D. Setelah melakukan promosi dengan H&D, Dohyon pun akhirnya debut dalam grup BAE173 bersama Hangyul. Posisi Dohyon yaitu sebagai rapper dan juga maknae lho! Dohyon dikenal sebagai member yang paling “cerewet” di BAE173 dan juga pandai berbahasa Inggris dengan aksen British, nih! Yuk kita tunggu comeback Dohyon bersama BAE173!

Nah, itu dia kabar dari member X1 saat ini! Meskipun sudah terpisah dan sudah debut solo maupun bersama grup yang baru, kita dukung terus ya mereka! 

Penulis: Chelsea

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Bacaan Seru

Tak Lagi di JYP, Inilah 7 Agensi Baru Member GOT7

Published

on

Agensi Baru Member GOT7, heynoona.com — GOT7 merupakan boygrup K-pop generasi ke 3 yang debut dibawah naungan JYP Entertainment, pada 16 Januari 2014. Dimana bulan Januari lalu, kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment telah berakhir, dan seluruh member memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan agensi.

Namun, hal itu bukan berarti mereka menyerah pada grup, pasalnya sang leader Jay B dalam salah satu live nya mengatakan bahwa dirinya telah mempelajari perihal hukum terkait trademark, copyright atau hak cipta. Dan keputusan mereka untuk meninggalkan agensi lama mereka, tidak akan mempengaruhi grup, karena seluruh member tetap akan mempertahankan nama GOT7, dan meyakinkan penggemar mereka, bahwa GOT7 tidak akan bubar, dan akan terus berkarya di masa depan.

Hal itu dibuktikan dengan mereka merilis sebuah single berjudul “Encore” dibawah label Warner Music. Encore sendiri merupakan lagu ciptaan Jinyoung, dengan lirik yang meyakinkan penggemar bahwa mereka akan terus berkarya di masa depan, dan ini bukanlah akhir melainkan awal perjalanan mereka.

Nah, saat ini para member GOT7 juga telah menemukan rumah baru mereka masing-masing loh. Menariknya lagi rumah baru member GOT7 saat ini letaknya pun berdekatan satu sama lain, atau bisa disebut tetangga satu wilayah. Yuk kita intip rumah baru para member GOT7 saat ini :

Agensi Baru Member GOT7

1. Jay B – H1GHR Music

Agensi Baru Member GOT7 JB

Saat ini Jay B yang merupakan leader GOT7, telah resmi bergabung bersama H1GHR Music pada 11 Mei 2021. Bergabungnya Jay B ke dalam H1GHR Music sendiri, juga menandakan bahwa seluruh member GOT7 saat ini telah memiliki rumah baru masing-masing. Yang mana, Jay B merupakan member terakhir yang bergabung dengan agensi baru, dirinya mengatakan bahwa selain mempertimbangkan tujuan yang ingin ia capai sebelum bergabung dengan salah satu agensi, Ia mengaku sebagai leader bertanggung jawab dalam karir masa depan setiap anggotanya, dimana ketika dirinya sudah melihat seluruh anggotanya memiliki agensi baru masing-masing, baru ia akan memutuskan untuk bergabung dengan salah satu agensi. 

H1GHR Music sendiri, merupakan Label Rekaman Global Hip Hop dan R&B, yang didirikan oleh salah satu mantan anggota 2PM yaitu Jay Park bersama dengan Cha Cha Malone tahun 2017 silam. Yang mana Jay Park selaku CEO H1GHR Music mengaku, bahwa butuh proses panjang dalam kerjasama bersama Jay B. Jay Park juga mengaku bahwa dirinya lah yang pertama menghubungi Jay B untuk dapat bergabung dengan label musik miliknya.

Jay B juga Jay Park (CEO H1GHR Music) mengungkapkan bahwa terdapat kecocokan kerjasama, serta pandangan mereka terhadap musik, juga tujuan yang ingin dicapai pada masa depan. Belum lama ini Jay B juga telah merilis mini album pertama bertajuk SOMO : Fume, dibawah label musik barunya. Beberapa artis dibawah naungan H1GHR Musik saat ini pH-1, Groovy Room, Sik-K, Woogie, HAON, Golden, Big Naughty, dan masih banyak lagi. 

2. Mark Tuan – CAA

Agensi Baru Member GOT7 mark

Selepas berakhirnya kontrak dengan JYP Entertainment, Mark memutuskan untuk kembali ke negara asalnya yaitu Los Angeles. Namun ia meyakinkan penggemar bahwa ia akan tetap kembali ke Korea untuk berkarir sebagai GOT7. Kepulangan Mark ke negara asalnya pun, juga diantar oleh member GOT7 lain yaitu Jay B, Yugyeom, juga Jackson. Moment tersebut diabadikan melalui Vlog pertamanya dalam channel Youtube pribadinya (Mark Tuan), yang mana menunjukkan dari ia yang mulai mengosongkan apartement miliknya selama ia tinggal di Korea, mengucapkan selamat tinggal kepada member GOT7 lain, sampai kedatangannya di Los Angeles yang disambut oleh seluruh keluarganya serta para penggemar.

Sebelumnya Mark juga mendapat banyak tawaran dari agensi-agensi di Korea, seperti member GOT7 lainnya. Namun, Mark memutuskan untuk berjalan sendiri dan kembali ke negara asalnya. Dirinya sempat mendirikan agensinya sendiri, namun seiring berjalannya waktu, Mark saat ini telah resmi bergabung dengan agensi Amerika yaitu Creative Artist Agency atau dikenal sebagai CAA.

CAA sendiri merupakan salah satu perusahaan terbaik serta paling berpengaruh di Amerika serikat, juga Global. Bukan hanya Mark saja, CAA juga diketahui menaungi grup K-Pop seperti Super M juga NCT 127 saat  beraktivitas di Amerika. Bukan hanya itu, CAA sendiri merupakan rumah penyanyi Internasional populer seperti  Beyonce KnowlesLady Gaga, dan Harry Styles. Melihat hal ini, membuktikan bahwa Mark telah serius untuk melanjutkan karirnya di Amerika Serikat. Dikabarkan Mark juga telah mempersiapkan Album solo musiknya mendatang, namun masih belum diketahui kapan album tersebut akan dirilis.

3. Jackson – Team Wang

Agensi Baru Member GOT7 jackson

Tidak seperti member GOT7 lainnya, Jackson sendiri diketahui telah mendirikan agensi miliknya sendiri saat masih dibawah naungan JYP Entertainment. Usianya yang dikenal masih sangat muda (23 Tahun), Jackson berhasil mendirikan agensi miliknya sendiri yaitu Team Wang. Mulanya TeamWang sendiri dibentuk untuk tujuan mengurus karir solonya di China pada tahun 2017 silam. Selepas keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment, para member mulai menemukan rumah baru masing-masing. Tidak terkecuali Jackson, yang mana karir solonya saat ini akan sepenuhnya dipegang oleh label miliknya sendiri Team Wang.

Untuk memperluas pasar, Team Wang pada tanggal 22 Januari 2021 lalu secara resmi bekerja sama dengan salah satu agensi Korea yaitu Sublime Artist Agency atau dikenal sebagai SAA, yang secara kebetulan Sublime Artist Agency juga merupakan rumah baru bagi Youngjae GOT7. SAA mengungkapkan bahwa Jackson bukanlah artist dibawah naungan mereka, namun kerjasama yang secara resmi terjalin, ialah kerjasama dalam kolaborasi global secara menyeluruh dalam lingkup Bisnis, seperti Industri Musik, Produksi, dan manajemen artis kedepannya. Jackson juga mengatakan, jika kedepannya Team Wang juga akan bekerjasama bisnis dengan agensi Korea lainnya, bukan hanya dengan Sublime Artist Agency.

Kemajuan label Team Wang sendiri sampai saat ini menunjukkkan perkembangan yang begitu pesat. Dapat dilihat pada tahun 2020 lalu, Team Wang merilis brand fashion milik mereka sendiri. Jackson juga pernah berkata “Untuk itu, rencana masa depan Team Wang adalah tentang “mengikuti arus” alih-alih berpegang pada jadwal musiman. “Tim Wang akan berkembang, dan saya akan bereksperimen dengan hal-hal yang menginspirasi saya saat ini,” jelasnya. Bukan hanya itu Team Wang pada tanggal 21 Mei lalu, secara resmi mengumumkan bahwa mereka saat ini, telah bekerjasama dengan RYCE Entertainment.

Kedua belah pihak nantinya akan bekerjasama secara global dalam bidang produksi, distribusi, penerbitan, manajemen artis, dan masih banyak lagi. Terjalinnya kerjasama antara 2 agensi ini, juga dibuktikan dengan kantor mereka yang saat ini telah menjadi satu dalam satu gedung yang sama. Melihat hal ini, banyak netizen yang berpendapat bahwa agensi Jackson perlahan-lahan diyakini akan menjadi sangat besar seperti agensi besar Korea lainnya. Disamping disibukkan dengan kegiatan sebagai seorang Idol, Jackson juga memperhatikan setiap langkah dalam mengelola manajemen bisnis perusahaannya.

Baca Juga:
11 Lagu GOT7 Ini Dibuat oleh Jinyoung, Lho! Ada Lagu Kesukaanmu?
5 Pengakuan Member GOT7, yang Bisa Membuat Ahgase Menangis
7 Drakor Lama yang Bertabur Idol Buat Isi Waktu Luangmu!

4. Park Jinyoung – BH Entertainment

Agensi Baru Member GOT7 jinyoung

Seperti yang diketahui sebelumnya, Jinyoung sebelum memulai debut resminya sebagai anggota GOT7 maupun JJ Project, dirinya telah lebih dulu terjun dalam bidang akting. Yang mana dirinya berperan sebagai karakter utama dalam drama Dream High 2 bersama salah satu member GOT7 lain yaitu Jay B. Setelah menjadi Idol dan debut bersama GOT7 pun, Jinyoung diketahui masih tetap menekuni pekerjaan dalam bidang akting. Dalam salah satu live pribadinya, Jinyoung mengatakan tentang kecintaan dirinya dalam dunia akting, dan selain fokus sebagai member GOT7, dirinya juga akan fokus untuk berakting.

Bahkan Jinyoung juga mengaku rela tidak mendapat istirahat yang cukup, agar tetap dapat bekerja sebagai idol juga aktor. Kemampuan akting Jinyoung sendiri sudah tidak diragukan lagi, hal ini ditunjukkan dengan dirinya yang telah mendapat 2 penghargaan sekaligus dalam satu acara awards, potential Actors juga Popularity Actors.

Melihat hal tersebut, begitu kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment akan habis, Jinyoung merupakan member pertama yang dibicarakan dalam tahap diskusi bersama agensi aktor Korea yaitu BH Entertainment. Dan sontak membuat netizen terutama para penggemar heboh, pasalnya belum ada konfirmasi resmi tentang kelanjutan kontrak dengan JYPE. Namun hal ini akhirnya terbukti saat semua member memutuskan untuk tidak perpanjang kontrak, Jinyoung pun resmi menandatangani kontrak bersama BH Entertainment.

BH Entertainment sendiri didirikan pada tahun 2006 oleh aktor ternama Korea yaitu Lee Byung Hun. Sejak tahun 2019 lalu, BH Entertainment bernaung dibawah perusahaan Kakao M. Bukan hanya itu, BH sebagai agensi aktor juga telah mendunia hingga Hollywood, serta memiliki jaringan yang luas di luar Korea, seperti SONY PICTURES di Amerika Serikat dan Hakuhodo di Jepang. Hal ini juga membuat Jinyoung dibawah naungan agensi yang sama dengan aktor aktris ternama Korea, seperti Kim Go Eun, Park Bo Young, Lee Ji Ah, Park Hae Soo, Woo Ji Tae, Jin Goo juga mantan anggota Wonder Girls yang dulunya juga sama-sama dibawah naungan JYP Entertainment yaitu Ahn So-Hee.

5. Choi Youngjae – Sublime Artist Agency

Agensi Baru Member GOT7 youngjae

Youngjae merupakan member GOT7 pertama yang dikonfirmasi tanda tangan kontrak bersama Sublime Artist Agency (SAA), setelah meninggalkan JYP Entertainment. Youngjae resmi bergabung dengan SAA pada bulan Januari lalu, setelah proses diskusi yang cukup panjang. Yang mana Sublime Artist Agency juga menjalin kerjasama bisnis dengan label Jackson yaitu Team Wang. 

Youngjae mengaku bahwa ini pertama kali dirinya pindah dari agensi, dan dirinya merasa cukup gugup untuk beradaptasi kembali dengan orang-orang baru. Dengan bergabungnya Youngjae bersama Sublime Artist Agency, membuat dirinya cukup nyaman, dikarenakan dirinya telah mengenal beberapa orang di Sublime Artist Agency sendiri. “Ini pertama kalinya aku pindah agensi, jadi aku merasa cukup gugup. Susah juga untuk bertanya ke sana kemari soal ini. Jadi aku memutuskan untuk pergi ke tempat dimana aku sudah mengenal orang-orangnya. Jadi aku bisa nyaman dan langsung mulai bekerja,” Jelas Youngjae mengenai alasannya memilih untuk bergabung dengan Sublime Artist Agency. Seperti yang diketahui di Sublime Artist Agency terdapat Rain yang merupakan mantan Artist JYP Entertainment, juga Soobin yang merupakan mantan trainee JYPE dan sempat mengikuti Produce X 101, dan yang pastinya membernya (GOT7) sendiri yaitu Jackson yang menjalin kerjasama dengan SAA.

Setelah resmi bergabungnya Youngjae bersama Sublime Artist Agency, dirinya akhirnya dapat menjadi bagian dalam drama musikal yang selama ini ia ingin lakukan. Baru-baru ini Youngjae juga telah menyelesaikan debut solo perdananya dengan mini album bertajuk Colors, serta tittle track nya Vibin. Seluruh album didalamnya juga merupakan lagu ciptaannya sendiri. 

Tidak lupa dengan pimpinan agensi lamanya Youngjae sempat mengucapkan terimakasihnya setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak, membuktikan bahwa dirinya juga member GOT7 lain meninggalkan agensi lamanya JYP Entertainment secara baik-baik, dan tidak ada masalah didalamnya. “Saya ingin berterimakasih kepada semua orang yang telah membantu saya sejauh ini, khususnya untuk Park Jinyoung PD-Nim” Ucap Youngjae. 

Artist dibawah Sublime Artist Agency saat ini diantaranya : Youngjae GOT7, Rain, Soobin, Hani Exid, Yerin Gfriend, dan masih banyak lagi.

6. Bambam – ABYSS Company

Agensi Baru Member GOT7 bambam

Bambam merupakan member terakhir sebelum Jay B juga Mark yang resmi bergabung kedalam ABYSS Company pada Bulan Maret lalu. Sebelumnya para penggemar telah menduga bahwa Bambam akan bergabung dengan ABYSS Company, yang mana Ibu Bambam yang cukup aktif di media sosial tiba-tiba memfollow akun media sosial milik ABYSS Company. Mungkin sebagian dari kalinya tidak cukup asing dengan ABYSS Company, karena pada tanggal 8 Februari MAKEUS Entertainment resmi di Merger oleh ABYSS Company, yang mana awalnya ABYSS  merupakan perusahaan yang hanya berfokus pada bisnis E-Sports.

Sama seperti Youngjae juga Yugyeom, Bambam sempat mengaku bahwa meninggalkan JYP Entertainment sama sekali tidak pernah terlintas dalam benaknya, meninggalkan seluruh staff yang selama ini telah bersama-sama membangun karir GOT7 sampai dapat dikenal seperti sekarang. Bambam juga mengaku bahwa dirinya sangat khawatir karena ia merupakan member Asing yang merantau di negara orang, dan harus kembali beradaptasi dengan orang-orang baru dan berpisah dengan member-membernya yang telah bersamanya selama kurang lebih 10 tahun lamanya. Jay B selaku leader dalam grup juga selalu berbincang dengan membernya termasuk Bambam terkait Agensi yang akan dipilih untuk kedepannya. 

ABYSS Company sendiri dapat dikatakan memiliki jumlah artis yang sangat sedikit, yaitu Urban Zakapa, Park Won, serta mantan anggota Wonder Girls Sunmi. Karena keberadaan Sunmi di ABYSS, membuat Bambam akhirnya memutuskan untuk tanda tangan kontrak. Seperti yang diucapkan Bambam dalam salah satu konten Youtubenya “Aku bergabung dengan ABYSS karena tawaran yang diberikan oleh Sunmi Noona sebelumnya. Aku sangat berterimakasih karena dirinya aku dapat berada di ABYSS Company saat ini”. Seperti yang diketahui bahwa Sunmi juga Bambam sebelumnya juga sama-sama berada di rumah yang sama yaitu JYP Entertainment.

Bambam juga mengatakan bahwa dirinya juga tetap berhubungan dengan pimpinan mantan Agensinya JYP Entertainment. Ia mengaku bahwa dirinya telah makan bersama dengan Park Jinyoung (JYP), dan ia juga menanyakan tentang insiden unfollow instagram yang sempat membuat gempar. Dimana Park Jinyoung (JYP) mengatakan bahwa dirinya tidak tahu mengenai hal itu, karena ia sendiri tidak begitu paham cara menggunakan Instagram. “Jadi aku ingin semua orang tahu sekarang, tidak ada yang buruk dalam hubunganku. Aku selalu dan selamanya diterima di JYP untuk makan di restoran organik yang mereka miliki di sana. Aku punya akses tak terbatas,” tutur BamBam.

7. Kim Yugyeom – AOMG

Agensi Baru Member GOT7 aomg

Kim Yugyeom yang merupakan maknae GOT7 sekaligus Main Dancer, memutuskan untuk bergabung dengan agensi milik mantan anggota 2PM yaitu Jay Park pada bulan Februari lalu. Rumor bergabungnya Yugyeom dengan AOMG pun telah ramai diperbincangkan sejak bulan Januari. Yang mana AOMG sebelumnya diketahui mengupload sebuah teaser misterius menandakan bahwa mereka akan memiliki artis baru. Para penggemar menebak bahwa sosok misterius tersebut merupakan Yugyeom, jika dilihat dari postur tubuh dan rumor yang beredar sebelumnya.

Sebelumnya Yugyeom juga mengatakan hal serupa dengan membernya Bambam juga Youngjae, bahwa dirinya dari awal tidak pernah menyangka akan berpisah dengan para membernya, dan mencari agensi baru untuk dirinya sendiri. Setelah diskusi yang sangat panjang dan seluruh member GOT7 menemukan kesepakatan bahwa mereka tidak akan memperbarui kontrak dengan JYP Entertainment, serta akan melakukan hal-hal yang diinginkan, namun tetap akan mempertahankan GOT7. Dalam sebuah wawancara bersama suatu majalah, Yugyeom pun mengaku bahwa dirinya memiliki perbincangan dengan koreografer dancenya, dan mendapat saran untuk bergabung dengan AOMG, yang mana konsep juga genre musik yang diusung oleh AOMG sealiran dengan Yugyeom. Saat itulah Yugyeom mencoba menghubungi salah satu orang di dalam AOMG.

Yugyeom mengatakan bahwa saat pertama kali dirinya memutuskan bergabung dengan agensi barunya ini, ia sempat merasakan khawatir, karena ini pertama kalinya AOMG merekrut seorang Idol. Namun Pihak AOMG yang begitu terbuka, membuat Yugyeom pun merasa lega. “Saya ingin tumbuh sebagai all-rounder yang bekerja dengan baik dengan AOMG dan tampil dengan baik secara musik dan performa,” Ucap Yugyeom dalam suatu interview majalah. 

AOMG sendiri merupakan label hip-hop R&B yang didirikan oleh mantan member 2PM yaitu Jay Park, yang mana bukan hanya AOMG, dirinya juga mendirikan label lain yaitu H1GHR, yang mana member GOT7 lain Jay B juga memutuskan untuk bergabung didalamnya. Artis dibawah naungan AOMG sendiri diantaranya : Lee Hi, Simon Dominic, Gray, Code Kunst, Cha Cha Malone, Loco, Devita, dan masih banyak lagi. Dengan bergabungnya Yugyeom bersama AOMG, mereka secara resmi merilis Video Dance Yugyeom yang menarikan lagu Franchise milik Travis Scott bersama Young Thug dan M.I.A. Bukan hanya itu bergabungnya Yugyeom juga begitu disambut oleh artis AOMG, dengan menunjukkan interaksi manis di media sosial, juga video pendek dengan Yugyeom dan Jay Park dalam satu frame yang sama.

Nah itu dia perjalanan seluruh member GOT7 dengan rumah barunya masing-masing. Walau mereka telah berbeda-beda agensi, namun para member selalu memanjakan penggemarnya (Ahgase) dengan interaksi-interaksi mereka di media sosial. Bukan hanya itu gedung agensi para member saat ini pun juga terletak dalam satu wilayah dan berdekatan satu sama lain, khususnya gedung Sublime Artist Agency dengan ABYYS yang hanya berseberangan. Buat kalian para Ahgase tetap setia dan terus mendukung karya-karya GOT7 kedepannya yaaa.

Penulis: Futichatul Ula (Ficha)

Leave your vote

Comments

0 comments

Continue Reading

Mungkin Kamu Suka

Bacaan Seru3 weeks ago

[Spesial] Membedah Keindahan Lagu “Rose” Jae Day6, Membuka Perspektif Baru

Lirik Rose Jae Day6, heynoona.com — Lika-liku menjalani realita kehidupan sebagai manusia seringkali menginspirasi para  musisi dalam menciptakan karyanya. Banyak...

Drama3 weeks ago

Review Drama: A Love So Beautiful Versi Korea “Kisah Cinta Pertamaku, akankah dapat menjadi Cinta Terakhir?”

Drama A Love So Beautiful, heynoona.com – Mungkin belum banyak yang tau nih, ternyata drama Korea A Love So Beautiful...

Musik1 month ago

Langka Tapi Bertalenta, 6 Idol Kpop Ini Bermarga Yang

idol kpop bermarga yang , heynoona.com — idol kpop memiliki marga yang bermacam – macam. Mulai dari marga yang banyak...

Bacaan Seru2 months ago

Raih Kesuksesan, 8 Idol Kpop Ini Beli Properti dengan Harga Selangit!

Properti Mewah Idol Kpop, heynoona.com — Meraih kesuksesan merupakan impian bagi banyak idol Kpop tak hanya sekedar meraih kekayaan semata...

Bacaan Seru2 months ago

2 Tahun Berlalu, Inilah Kabar Terbaru Dari Ke-11 Member X1!

Kabar Terbaru Member X1, heynoona.com — Kalian pasti tahu ajang survival Produce series, kan? Yap! X1 merupakan boygroup yang dibentuk...

Drama2 months ago

He Is Psychometric, Drama Romance Fantasy yang Dikenal dengan Kekuatan Supranatural

Drama He Is Psychometric, heynoona.com — Annyeong, buat kalian penggemar drama korea, sudah pada nonton He Is Psychometric belum nih?...

Drama2 months ago

Review Drama; Nostalgia Dengan Kisah Cinta Putra Mahkota Dalam Drama Princess Hours

Review Drama Princess Hours, heynoona.com — Siapa sih yang nggak kenal drama Korea Populer pada masanya yaitu Princess Hours. Jangan...

Trending

Copyright HeyNoona © 2021. All rights reserved.

Log In

Or with username:

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

Skip to toolbar